Apakah kamu menyadari kalau transaksi online kini sudah menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia? Bahkan warung-warung kecil pinggir jalan pun tidak kalah untuk turut menjadi bagian dari digitalisasi transaksi modern. 

Transaksi dengan sistem online dipilih bukan tanpa alasan. Ada segudang manfaat yang ditawarkan oleh transaksi jenis ini. Temukan ulasan lengkap tentang transaksi online dan manfaatnya dalam artikel berikut ya, Temen Insta!

Mengenal Transaksi Online

Mungkin salah satu di antara kita ada yang pernah bertanya-tanya, siapakah orang pertama yang pernah melakukan transaksi online? Ternyata pertanyaan menggelitik ini, ada jawabannya, lho.

Berdasarkan salah satu majalah sains Amerika, Smithsonian Maganize, diketahui bahwa transaksi pertama yang berlangsung secara online dilakukan oleh Dan Kohn pada Agustus 1994 di sebuah website yang disebut dengan NetMarket. Saat itu Kohn menjual CD Ten Summoner’s Tales pada seorang teman di Philadelphia. Teman Kohn tersebut membayar $12.48 ditambah dengan biaya pengiriman.

Sejak saat itu, jual beli menggunakan sistem online pun kian berkembang dari waktu ke waktu. Secara sederhana, transaksi online adalah transaksi bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui jaringan internet. Di Indonesia, transaksi online dikaitkan dengan metode pembayaran online yang digunakan saat bertransaksi.

Pemilik bisnis dan konsumen perlahan beralih dari sistem konvensional menjadi online dengan berbagai manfaat yang didapatkan. Bahkan, saat ini pemilik usaha bisa merintis bisnis tanpa memiliki toko fisik dengan bantuan sistem online.

Manfaat Transaksi Online

transaksi-online

Setelah memahami sejarah singkat dan pengertian transaksi online, sekarang mari pahami tentang manfaat apa saja yang bisa bisnismu dapatkan ketika menggunakan sistem yang satu ini. Simak ulasan di bawah ini, ya.

1. Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Sistem online bisa diakses oleh banyak sekali pengguna dan tidak dibatasi oleh letak geografis. Pemilik usaha bisa menjangkau pelanggan bahkan hingga belahan dunia yang jauh dari lokasinya berada. 

Hal ini memberikan potensi yang lebih besar untuk meningkatkan penjualan karena kamu bisa menjangkau target pelanggan yang tertarik pada bisnismu meskipun tidak pernah bertatap muka secara langsung.

2. Mempermudah Promosi

Media online kini menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat sehingga menjadi platform yang tepat untuk promosi. Kegiatan promosi bisa berlangsung lebih mudah cukup melalui akun media sosial atau website yang dapat dibuat langsung oleh pemilik usaha. Dengan strategi konten yang tepat, pemilik bisnis tetap bisa mencapai hasil yang maksimal melalui media online.

Baca juga: Bedah 10 Media Promosi Online yang Potensial untuk Berbagai Jenis Bisnis

Jika produk yang ditawarkan benar-benar disukai pelanggan, maka tidak menutup kemungkinan jika pelanggan tersebut akan sukarela membagikannya melalui konten di media sosial. Lebih dari itu, konten produk tersebut bisa menjadi viral dan membuat tren baru.

 3. Mendapatkan Data yang Akurat

Proses pencatatan online memungkinkan pemilik usaha untuk mempunyai data yang lebih akurat. Misalnya saat melakukan promosi atau iklan. Jika memanfaatkan media online seperti Facebook Ads atau Google Ads, pemilik usaha akan mendapat detail data sesuai metriks yang tersedia secara otomatis. Hal ini tentu berpengaruh positif pada pembuatan laporan bahkan keputusan bisnis di masa depan.

4. Menyediakan Berbagai Opsi Pembayaran

Dengan menggunakan transaksi online, pemilik bisnis bisa menyediakan beragam jenis metode pembayaran sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya kartu kredit, kartu debit, e-money, virtual account, hingga QRIS.

Untuk menyediakan berbagai metode pembayaran tersebut, pemilik usaha perlu bekerja sama dengan penyedia layanan pembayaran. Salah satu penyedia layanan pembayaran terpercaya di Indonesia adalah Instapay. Instapay adalah aplikasi pembayaran bisnis menggunakan invoice yang dilengkapi dengan berbagai metode pembayaran. Selain itu, Instapay juga mempunyai catalog produk untuk mendukung transaksi bisinismu.

5. Memberikan Fleksibilitas dalam Berbisnis

Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah fleksibilitas bisnis. Pemilik usaha bisa lebih leluasa untuk menjalankan bisnisnya, baik dari segi waktu, energi, hingga lokasi. Sistem online yang berlangsung otomatis mampu memangkas berbagai proses rumit sehingga membuat pemilik usaha memiliki alokasi waktu dan energi yang lebih besar untuk fokus pada kegiatan strategis. Selain itu, bisnis juga menjadi lebih leluasa beradaptasi karena tidak terpaku pada satu lokasi.

Itulah penjelasan lengkap mengenai transaksi online. Sudah saatnya bisnismu beralih dari sistem konvensional ke sistem online yang lebih dinamis. Semoga artikel ini membantu, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment