Sadarkah kamu kalau masyarakat Indonesia sangat gemar berbagi hadiah? terutama di momen penting seperti Ramadan dan tahun baru. Ide hampers pun semakin bervariasi mengikuti kebutuhan pasar dengan rentang harga yang juga sangat bervariasi, mulai dari murah hingga mewah.

Jika ditinjau lebih dalam, kondisi ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, lho. Terutama untuk kamu yang gemar membuat prakarya kreatif dan menyukai hal-hal yang berbau estetika. Tertarik untuk mulai mencoba jualan hampers? Simak artikel di bawah ini buat mendapatkan berbagai ide hampers yang bisa dicoba untuk dijual ke pelanggan.

Ide Hampers untuk Jualan

Ide hampers yang cocok untuk dijual biasanya menyesuaikan dengan momen spesial bersama orang-orang terdekat atau bisa juga dalam rangka memperingati hari penting yang bersifat lebih umum. Berikut ini adalah beberapa inspirasi hampers menarik yang bisa kamu jual:

1. Dessert Box

ide hampers dessert box

Sumber gambar: Kompas

Kudapan manis masih menjadi salah satu primadona untuk menjadi hadiah hantaran atau hampers, salah satunya adalah dessert box. Makanan yang sempat viral beberapa waktu lalu ini mempunyai bentuk yang cantik dan unik serta rasa yang nikmat sehingga cocok untuk diberikan ke orang-orang terkasih.

Proses pembuatan dessert box sebenarnya tergolong cukup sederhana. Berbagai video tutorialnya juga sudah tersedia di platform populer seperti Youtube. Pemilik bisnis bisa berkreasi dengan mix and match rasa dalam dessert box dan mengikuti tren rasa yang sedang populer, misalnya biscoff, regal, taro, cream cheese, dsb.

2. Tea Set

Tea set merupakan jenis hampers unik dan belum terlalu banyak pemilik usaha lokal yang mencoba menjualnya. Padahal waktu nge-teh bersama keluarga dan orang-orang terdekat merupakan salah satu budaya masyarakat Indonesia.

Kamu bisa mengambil peluang ini dengan membuat hampers berupa tea set. Rangkaian teh yang dimasukkan ke dalam hampers bisa dibuat menjadi beragam agar terlihat lebih menarik. Selain itu, bisa juga menggunakan teh herbal tradisional yang menjadi nilai tambah bagi produk yaitu dari segi kesehatan.

3. Keramik 

Keramik seperti mug, mangkuk, piring, hingga alat makan juga tidak kalah menarik untuk dijadikan hantaran. Hampers seperti ini biasanya lebih cocok ditujukan untuk orang-orang yang sudah berkeluarga terutama untuk ibu-ibu untuk menambah koleksi di dapur kesayangan.

Sebagai nilai tambah, pemilik bisa menawarkan opsi custom untuk mug jika memungkinkan. Opsi tersebut potensial untuk digandrungi perusahaan yang akan membuat buah tangan untuk klien atau partner bisnis di momen spesial, misalnya tahun baru.

Baca juga: Ide Usaha Modal Kecil yang Menguntungkan, Cocok Jadi Sampingan

4. Kue Kering

ide-hampers-kue-kering

Ide hampers yang satu ini biasanya sangat populer dibagikan saat momen Lebaran, Natal, dan Imlek. Biasanya kue kering juga disajikan untuk menjamu tamu, sehingga hampers jenis ini juga memberikan manfaat lebih bagi penerimanya.

Buatlah jenis kue yang sesuai dengan momen pada saat menjual. Misalnya nastar untuk Lebaran, kue jahe untuk Natal, dan kue keranjang saat Imlek. Jika tidak mempunyai waktu dan tenaga yang cukup untuk membuat kue sendiri, pemilik bisnis bisa juga membeli dari supplier dan mengemas kembali, lengkap dengan kartu ucapan dan dekorasi untuk meningkatkan nilai jual.

5. Tumbler 

Ide hampers yang selanjutnya nampak lebih populer di kalangan pekerja dan anak muda. Tumbler kini tidak lagi menjadi wadah penampung air minum, melainkan bagian dari style yang menunjang aktivitas sehari-hari.

Kamu bisa kreatif dalam membuat hampers dari tumbler yang unik untuk menarik minat pelanggan. Desain yang clean dan sederhana sedang menjadi tren saat ini. Selain itu, bisa juga membuat desain tematik yang estetik misalnya bertema alam, tokoh kartun, dan pola abstrak.

6. Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah cocok dibagikan di momen hari raya keagamaan. Untuk meningkatkan nilai jual, pilihlah produk dengan kualitas yang baik karena perlengkapan ibadah biasanya cenderung dipilih pelanggan untuk dapat digunakan dalam jangka lebih panjang.

Ornamen khas hari raya tersebut bisa menjadi bagian dari dekorasi yang dicantumkan dalam hampers untuk memberikan kesan yang khas sesuai dengan momen tersebut. Jangan lupa tambahkan opsi kartu ucapan untuk mempermudah pelanggan dalam memberikan pesan hangat untuk penerima hampersnya.

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan Paling Laris, Cocok untuk Pemula

7. Set Alat Melukis

ide-hampers-kreatif

Ide hampers yang satu ini termasuk unik dan belum terlalu banyak yang menjual. Awalnya, perlengkapan melukis mulai digandrungi saat pandemi untuk menambah aktivitas atau hobi yang dilakukan di rumah. Selain itu, melukis bisa juga digunakan sebagai “me time” untuk para anak muda yang berjiwa seni maupun mereka yang peduli kesehatan mental. Set alat melukis ini juga potensial untuk dijual!

Nah, setelah mengetahui produk yang ingin dijual, tentunya penting bagi pemilik bisnis untuk bisa mempunyai proses transaksi yang efektif. Jika kamu masih bingung mau menggunakan platform apa untuk membagikan produk ke pelanggan, maka Instapay Catalog adalah pilihan yang tepat!

Instapay Catalog adalah e-catalog gratis yang bisa dibagikan dalam bentuk link sehingga pelanggan tidak perlu install aplikasi saat ingin membeli produk. Untuk mempermudah transaksi, Instapay Catalog tentunya sudah dilengkapi dengan opsi pengiriman dan berbagai metode pembayaran. Buat catalogmu sekarang yuk, Temen Insta! 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment