Kemasan ramah lingkungan semakin diminati karena pemilik bisnis tergerak untuk lebih peduli terhadap perubahan kondisi alam yang signifika. Tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, opsi ini juga mampu memberikan dampak positif bagi reputasi sebuah brand. Simak penjelasan lebih dalam mengenai kemasan jenis ini dalam artikel berikut yuk, Temen Insta!

Mengenal Kemasan Ramah Lingkungan

Kemasan ramah lingkungan dapat diartikan sebagai jenis kemasan yang dibuat dengan meminimalisir potensi dampak negatif bagi lingkungan. Secara umum kemasan jenis ini memiliki ciri tidak membahayakan bagi kesehatan dan lebih mudah terurai sehingga tidak menimbulkan polusi berlebihan di alam.

Masyarakat mulai meninggalkan pemilihan plastik sekali pakai dan beralih ke kemasan yang lebih aman untuk lingkungan. Sebagai pemilik bisnis, kamu juga bisa turut berkontribusi dengan menggunakan kemasan “hijau” tersebut. Tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapat akses ke kemasan jenis ini karena kemajuan teknologi telah membuat kemasan hijau yang beragam dan semakin mudah ditemukan.

Contoh Kemasan Ramah Lingkungan

Kepedulian pada lingkungan dapat dimulai dengan langkah sederhana, salah satunya melalui kemasan. Berikut ini berbagai contoh kemasan yang bisa menjadi alternatif kemasan yang lebih ramah bagi lingkungan:

1. Daun-daunan

Kemasan jenis ini ditujukan untuk usaha yang bergerak di bidang kuliner, khususnya makanan tradisional. Selain mengurangi dampak buruk ke lingkungan, daun-daunan juga bisa menambah aroma pada makanan. Contoh daun yang bisa digunakan adalah daun pisang, daun kelapa, daun jati, daun talas, daun bambu, dsb.

2. Cassava Bag

Cassava bag adalah salah satu kantong biodegradable (mudah terurai) yang sedang naik daun, bahkan dapat dibeli dengan mudah di internet. Kantong yang terbuat dari singkong ini memiliki ketahanan cukup kuat dan dapat digunakan secara berulang.

3. Wadah Kaca

Wadah kaca juga merupakan salah satu opsi kemasan ramah lingkungan yang bisa dijadikan pilihan. Wadah ini cocok untuk mengemas berbagai jenis produk mulai dari produk berwujud cair hingga padat. Perhatikan proses pengiriman yang sesuai jika produk dijual secara online agar tidak pecah ketika sampai di pelanggan.

4. Bubble Wrap Kertas

Kita tentu sudah familiar dengan bubble wrap plastik yang sering digunakan untuk melindungi produk saat pengiriman. Kabar baiknya adalah, kini sudah tersedia opsi bubble wrap kertas yang juga memiliki ketahanan cukup baik. Kardus bekas yang didaur ulang menjadi salah satu sumber material dari bubble wrap kertas.

5. Kemasan dari Jamur Kompos

Jenis kemasan lain yang juga berkualitas dan ramah lingkungan adalah kemasan dari jamur kompos. Salah satu perusahaan ritel yang memilih kemasan berbasis jamur adalah IKEA. Berdasarkan Kumparan, kemasan ini mampu menghasilkan emisi karbon 90% lebih sedikit dibandingkan emisi yang dihasilkan saat pembuatan plastik.

6. Edible Film

Edible film adalah lapisan pelindung produk pangan yang terbuat dari bahan alami dan bisa dimakan. Peneliti edible film dari Universitas Padjadjaran mengungkapkan bahwa bahan baku edible film bisa didapat dari sari pati, lemak, dan turunan protein. Lapisan ini berfungsi untuk pelindung pangan dari udara luar, penguat daya tahan, dan membuat aroma produk tidak tercium ke luar.

7. Kantong dan Tali Rami

Selain tampilannya yang estetis, kantong dan tali rami juga merupakan opsi alternatif dari plastik. Material rami lebih mudah terurai di alam tapi tetap memiliki kekuatan yang tidak kalah dengan plastik.

Ketika pembelian dalam toko offline, pemilik bisnis juga bisa meningkatkan kesadaran ramah lingkungan dengan menanyakan tas belanja yang dibawa pelanggan sebelum membungkus produk dengan paper bag, cassava bag, maupun kardus.

Selain menerapkan kemasan ramah lingkungan, kamu juga bisa memiliki sistem pembayaran yang mendukung prinsip hijau dan keberlanjutan. Instapay adalah opsi pembayaran digital tanpa melibatkan nota kertas dan 100% online untuk mendukung transaksi ramah lingkungan. Pahami lebih lanjut mengenai Instapay di sini, ya.

Nah, jika kamu ingin memiliki desain kemasan yang menarik dan ramah lingkungan, kamu bisa menggunakan jasa desain kemasan dari Sribu.

Selamat memulai bisnis hijau, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment