Kartu kredit menjadi salah satu pembayaran andalan masyarakat modern, salah satunya adalah dengan kartu kredit Visa. Namun, tidak semua pemilik bisnis memahami bagaimana cara menerima pembayaran dengan kartu kredit, khususnya pelaku bisnis kecil dan menengah.

Mengingat potensi penjualan juga bisa meningkat dengan metode pembayaran yang efektif, kamu bisa memahami bagaimana cara menerima pembayaran dengan kartu kredit Visa melalui artikel ini. Tunggu apa lagi? Yuk simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Tentang Kartu Kredit Visa

kartu-kredit-warna-hitam

Kartu kredit adalah alat pembayaran mengunakan kartu yang digunakan untuk membayar tagihan yang timbul dari sebuah kegiatan ekonomi, misalnya untuk berbelanja, membayar tagihan bulanan, dan lain sebagainya.

Pada metode pembayaran ini, skema transaksinya adalah dengan pembayaran tagihan dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit kartu kredit. Sehingga pemegang kartu tidak langsung membayar dari rekening bank mereka.

Kemudian, pemegang kartu wajib membayar tagihan kartu kredit ke penerbit kartu kredit sesuai dengan waktu yang disepakati. Misalnya per bulan. Pada umumnya, penggunaan kartu kredit mempunya biaya tahunan yang dibebankan ke pemegang kartu kredit.

Nah, salah satu perusahaan keuangan yang mengelola jalannya transaksi kartu kredit adalah Visa. Kartu kredit Visa bisa digunakan untuk transaksi internasional. Tidak heran jika pelanggan manca negara meminta untuk melunasi tagihan dengan menggunakan kartu kredit berlogo Visa.

Menghubungkan bisnis Anda dengan layanan pembayaran untuk menerima pembayaran dengan kartu kredit ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan penjualan karena mampu menyesuaikan dengan preferensi pembayaran pelanggan dan membuka pasar yang lebih luas hingga mancanegara.

Tipe Kartu Kredit Visa

Dikutip dari laman CNBC, kartu kredit yang berlogo Visa mempunyai beberapa jenis kartu. Kamu bisa memahaminya sebagai tambahan informasi terkait jenis kartu kredit yang digunakan pelanggan. Tipe kartu ini pada umumnya disesuaikan dengan aset kekayaan atau pendapatan pemegang kartu. Berikut penjelasannya:

Visa Infinite

Kartu kredit Visa jenis ini tidak ditawarkan luas kepada pelanggan umumnya. Pemilik kartu ini bisa dibilang terbatas, hanya untuk nasabah yang mempunyai aset di atas 100 ribu Dollar Amerika atau setara 1 miliar Rupiah dalam bentuk tunai.

Kartu ini tersedia khusus bagi nasabah premium yang memiliki rekening, deposito, atau investasi dari bank penerbit kartu. Limit kartu kredit ini jenis ini dimulai dari 50 juta Rupiah hingga tanpa limit. Semakin besar aset, maka semakin besar pula opsi limit yang tersedia.

Visa Classic

Selanjutnya, Visa Classic menjadi salah satu kartu kredit dengan limit paling rendah, baik untuk melakukan aktivitas belanja berikut juga fiturnya. Sementara itu, batas transaksi minimal hanya 5 juta Rupiah.

Visa Signature

Jenis kartu ini termasuk eksklusif karena hanya pengusaha atau profesional yang sudah ternama atau terkemuka yang bisa mempunyai kartu ini. Limit kartu kredit Visa ini mulai dari 100 jutaan Rupiah hingga tanpa limit. Oleh karena itu, aset yang dimiliki nasabah juga akan dianalisis sesuai dengan standar yang berlaku.

Visa Platinum

Kartu Platinum dapat dimiliki oleh pemegang kartu dengan pendapatan mulai dari 25 juta Rupiah per bulannya. Limit kredit yang diberikan juga cukup besar mencapai 75 juta Rupiah atau bisa lebih dari itu sesuai dengan pendapatan pemegang kartu.

Visa Gold

Visa Golf mempunyai batas kredit mencapai 100 juta Rupiah sesuai dengan kebijakan bank penerbit kartu. Kartu ini menyediakan berbagai benefit yang dapat menguntungkan pengguna misalnya diskon di merchant-merchant yang bekerja sama dengan kartu kredit ini.

Cara Menerima Pembayaran

Ada dua cara umum untuk menerima pembayaran dengan kartu kredit Visa, yaitu secara offline dan secara online. Kamu bisa menerima pembayaran pelanggan menggunakan kartu kredit secara offline menggunakan mesin Electronic Data Capture atau dikenal juga dengan mesin EDC.

Pelanggan akan memasukkan atau menggesek kartu fisiknya ke mesin EDC kemudian memasukkan PIN untuk membayar sesuai dengan tagihan yang disepakati atau sejumlah barang yang dibeli. Mesin ini cocok untuk kamu yang mempunyai toko offline atau outlet.

Sedangkan untuk menerima pembayaran kartu kredit secara online, kamu bisa menggunakan jasa penyedia layanan pembayaran. Layanan ini membantu pemilik bisnis untuk menerima pembayaran secara online dengan menghubungkan website bisnis dengan berbagai metode pembayaran online termasuk kartu kredit.

Penting untuk memilih penyedia layanan pembayaran terpercaya untuk mengelola transaksi bisnis dengan pelanggan. Instapay adalah penyedia layanan pembayaran online terpercaya yang dapat menerima pembayaran menggunakan termasuk kartu kredit Visa.

Instapay menyediakan opsi integrasi dan non integrasi untuk menerima pembayaran. Jika tidak mempunyai website, kamu bisa menggunakan layanan payment link dari Instapay tanpa adanya integrasi. Kelola transaksi mudah dari aplikasi mobile di mana pun dan kapan pun. Download aplikasi Instapay by iFortepay di App Store atau Play Store dengan klik di sini.

Demikian penjelasan tentang kartu kredit Visa beserta cara menerima pembayaran dengan kartu tersebut. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Selamat berbisnis!