Apakah kamu pernah mendengar tentang CRM, Temen Insta? Istilah ini memang masih cukup asing bagi banyak pemilik usaha. Namun jika kamu mampu mengaplikasikannya dengan tepat, CRM bisa meningkatkan hubunganmu dengan pelanggan, lho. Tanpa basa-basi, langsung kita bahas tentang topik yang satu ini, yuk!

Mengenal CRM

CRM atau Customer Relationship Management adalah strategi bisnis untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan yang memadukan proses, manusia, dan teknologi. Adanya CRM membantu sebuah bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik dari berbagai proses belanja.

Selain menarik pelanggan baru untuk membeli, CRM juga berperan penting untuk menjaga loyalitas pelanggan sehingga terus bertransaksi di usaha kamu. Karenanya, strategi ini tidak boleh dipandang sebelah mata dan diperlukan sistem yang tepat untuk menjalankannya.

Saat ini, CRM lebih identik dengan sebuah sistem tools atau software yang membantu pengelolaan kontak, penjualan, dan produktivitas sebuah bisnis. Menurut Mailchimp, Software CRM dapat membantu pemilik bisnis mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data informasi pelanggan untuk menciptakan hubungan pelanggan yang lebih baik.

Bagaimana Cara Kerja CRM?

Sebuah sistem software CRM dapat memenuhi kebutuhan berbagai sisi dalam bisnis dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing divisi dalam sebuah perusahaan. Misalnya untuk tim sales, customer relationship management membantu untuk mengakses riwayat interaksi dan pembelian pelanggan sebelum membuat panggilan penawaran produk.

Sedangkan untuk customer service, sistem ini membantu untuk mengakses kelengkapan informasi dari seorang pelanggan. Hal ini membuat customer service mampu memberikan solusi atas keluhan ataupun pertanyaan pelanggan dengan lebih cepat karena data yang terstruktur.

Selain itu, tim marketing juga terbantu dengan adanya sistem customer relationship management karena mampu mengidentifikasi pelanggan dengan baik. Identifikasi yang tepat bisa sangat membantu untuk memberikan jenis promosi dan campaign yang paling sesuai bagi masing-masing segmentasi pelanggan.

Manfaat CRM dalam Bisnis

crm adalah

Setelah mengetahui apa itu CRM dan cara kerjanya, kini saatnya kamu mengetahui manfaatnya untuk bisnis. Berdasarkan Business News Daily, inilah beberapa manfaat yang bisa binis kamu dapatkan jika menerapkan sistem customer service management:

1. Customer Service yang Lebih Baik

Software CRM modern dibuat dengan banyak fungsi, tapi tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan relasi antara bisnis dengan pelanggan. Sistem ini mampu meningkatkan pengalaman customer service dengan membantu staf menemukan data dengan cepat sesuai kebutuhan.

2. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Setelah berhasil mengkonversi target pasar untuk membeli produk, tentunya dibutuhkan berbagai usaha ekstra untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. CRM akan membantu analisis sentimen, pengelolaan data otomatis, dan otomatisasi layanan pelanggan.

Selain itu, sistem ini juga memberikan akses pelacakan perilaku pengguna untuk membantu pemilik bisnis memahami masalah yang dihadapi pelanggan dan dengan cepat mengatasinya. Menggunakan sistem yang terstruktur seperti ini, tentunya dapat berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan.

3. Mendongkrak Penjualan

Software customer relationship management dapat membantu pemilik usaha untuk mengorganisir berbagai kebutuhan yang berkaitan dengan penjualan. Di antaranya adalah merampingkan proses penjualan, membangun jalur penjualan, mengotomatiskan tugas-tugas utama, dan menganalisis semua data penjualan di sebuah tempat terpusat.

Kondisi tersebut sangat mendukung untuk meningkatkan penjualan dan produktivitas. CRM membantu pemilik bisnis untuk membangun proses penjualan yang sistematis dan dapat diandalkan oleh staf yang bersangkutan setiap saat sesuai kebutuhan. Sistem pengelolaan data yang tepat berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

Pada akhirnya, dengan menerapkan sistem CRM ini tentunya akan membantu pemilik usaha untuk lebih fokus pada langkah strategis bagi pertumbuhan bisnis karena hal-hal administratif yang berulang sudah mampu teratasi oleh teknologi.

Selain sistem data administratif pelanggan yang terstruktur, kamu juga perlu memperhatikan efektivitas sistem transaksi dalam bisnismu. Gunakanlah sistem transaksi berbasis teknologi yang juga turut membantu kelancaran bisnis.

Salah satu rekomendasi layanan transaksi bisnis terbaik adalah Instapay Indonesia karena telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung berbagai proses transaksi. Mulai dari pembuatan catalog produk, proses pemesanan, pilihan pengiriman, hingga terhubung langsung dengan berbagai metode pembayaran. Daftar Gratis Sekarang, Temen Insta!