CEO adalah sebuah posisi vital dalam sebuah perusahaan. Kesuksesan sebuah perusahaan dapat tercermin dari kecerdasan seorang CEO untuk membuat keputusan strategis bagi bisnis yang dijalankan. Jabatan tersebut juga familier sebagai sosok yang mempunyai posisi tertinggi dalam struktur organisasi sebuah perusahaan.

Lalu, apa sebenarnya CEO itu? Bagaimana tugas dan peran yang dimiliki dalam sebuah bisnis? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut, yuk. Instapay telah merangkum berbagai informasi penting dan menarik dalam bacaan berikut. Baca sampai akhir ya, Temen Insta!

Pengertian CEO Adalah

Mari awali pembahasan ini dengan memahami pengertian terlebih dahulu. CEO adalah singkatan dari Chief Executive Officer. Dikutip dari Indeed, posisi tersebut merupakan eksekutif paling senior dalam sebuah perusahaan.

Tindakan yang mereka lakukan berpengaruh besar pada cara perusahaan beroperasi, termasuk mengawasi keputusan manajerial dan bertindak sebagai wajah publik bagi perusahaan. Penamaan posisi tersebut dapat bervariasi bagi masing-masing perusahaan. Selain menggunakan kata CEO, bisa juga sebagai direktur eksekutif, presiden, hingga direktur pelaksana.

Fakta penting yang perlu dipahami dari CEO adalah, peraturan di Indonesia tidak mengenal istilah CEO. Istilah yang digunakan untuk menyatakan pihak yang bertanggung jawab penuh atas berjalannya sebuah perusahaan adalah jajaran direksi dengan direktur utama sebagai posisi tertinggi. Hal tersebut tertuang dalam UU Nomor 40 Tahun 2007.

Sehingga dapat kita ketahui bersama bahwa di dalam negeri, direktur utama atau presiden direktur adalah istilah lain dari CEO. Tugas dan peran penting yang dilakukan bisa dibilang sama dan merujuk pada pihak yang sama pula.

Baca juga: Ingin Menjadi Wirausaha Sukses? Berikut 5 Karakter yang Harus Dimiliki

Tugas yang Dilakukan

tugas-ceo

Direktur utama mempunyai tugas yang kompleks dan vital. Sebagai pemimpin perusahaan, gambaran kerja dari masing-masing divisi perlu dipahami oleh posisi ini. Untuk menjaga kelancaran bisnis dan menjaga tingkat akurasi keputusan strategis yang dipilih pada perusahaan yang dijalankan.

Berikut ini beberapa tugas umum yang dilakukan direktur utama:

1. Menyusun Visi dan Misi Perusahaan

Visi dan misi dari sebuah perusahaan adalah landasan dalam menentukan arah keputusan bisnis dan menjadi dasar dalam menjalankan perusahaan. Visi dan misi yang jelas dan terarah dapat mempercepat pertumbuhan bisnis serta membantu menjaga eksistensi perusahaan yang dijalankan.

Karenanya, presiden direktur perlu menyusun visi dan misi perusahaan di awal agar mampu diimplementasikan oleh setiap anggota perusahaan tersebut.

2. Memimpin Implementasi Strategi Perusahaan

CEO adalah ujung tombak perusahaan yang bertugas untuk memimpin langkah implementasi dari strategi yang dipilih oleh sebuah perusahaan. Langkah tersebut perlu diawali dari kedisiplinan dan dedikasi seorang presiden direktur untuk bisa menjadi teladan bagi setiap karyawan yang turut termotivasi mengimplementasikan strategi perusahaan dengan baik.

3. Memantau Kinerja Perusahaan

Selain menjadi teladan, presiden direktur juga bertugas untuk memantau kinerja perusahaan secara menyeluruh. Karena itu, dibutuhkan jajaran manajerial yang turut membantu presiden direktur untuk memantau setiap perkembangan kinerja yang terjadi, terutama untuk perusahan yang sudah mempunyai skala yang besar.

Seorang CEO perlu memantau kinerja perusahaan secara umum untuk memastikan sumber daya yang dimiliki telah dialokasikan dengan tepat guna. Selain itu, langkah tersebut juga penting untuk menjaga perusahaan berada dalam arah yang tepat sesuai tujuan yang disepakati bersama.

4. Mengelola Budaya Kerja

Budaya kerja yang kondusif dan kolaboratif berperan sangat penting dalam membantu perusahaan mencapai target atau tujuan yang diinginkan. Seorang direktur utama dibantu dengan divisi atau pihak terkait akan membuat dasar budaya kerja yang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut sebuah perusahaan.

Mengelola budaya kerja yang sesuai juga berperan dalam memberikan kesejahteraan yang layak bagi setiap pekerja di perusahaan tersebut.

5. Menjalin Hubungan dengan Publik dan Media

Seorang direktur utama bisa menjadi wajah sebuah perusahaan di mata publik. Citra yang baik dan berintegritas dapat menunjang kepercayaan publik pada brand atau perusahaan yang dijalankan. Pada kesempatan tertentu seperti press conference atau acara publik, seorang direktur utama juga akan menjadi sorotan media.

Karakter CEO

Karakter seorang CEO adalah kualitas penting yang dapat menunjang kesuksesan sebuah perusahaan. Berbagai karakteristik unggulan perlu dimiliki sosok yang berada dalam posisi tersebut. Jika kamu tertarik menjadi seorang CEO, berikut ini adalah berbagai karakter penting yang umumnya dimiliki seorang CEO:

1. Berpikir Kritis

Untuk mampu membuat keputusan bisnis yang tepat dan terarah, seorang direktur utama perlu memiliki kemampuan berpikir kritis yang logis. Setiap aspek yang berada dalam lingkup perusahaan, perlu dianalisis sesuai kapasitas yang dibutuhkan, kemudian membuat keputusan berdasarkan cara berpikir yang kritis sesuai dengan tujuan perusahaan.

Baca juga: 4 Contoh Surat Tagihan Beserta Fungsi dan Cara Buatnya

2. Visioner

Tidak hanya tentang hari ini, direktur utama juga perlu mempunyai gambaran akan bagaimana perjalanan perusahaan di masa yang akan datang. Direktur utama perlu mempunyai karakter seorang visioner yang mempunyai arah yang jelas atas perkembangan produk, layanan, hingga strategi bisnis yang dilakukan sehingga mampu memberikan dampak positif bagi perusahaan di masa depan.

3. Leadership

Leadership atau kepemimpinan berperan penting dalam mengelola sumber daya manusia yang ada dalam sebuah perusahaan. Kepemimpinan yang baik tidak hanya tercermin dari keputusan bisnis, tapi juga pengelolaan sumber daya manusia dan manajemen krisis internal perusahaan.

4. Komunikatif

CEO adalah komunikator vital dalam sebuah perusahaan. Posisi tersebut akan mempunyai hubungan yang luas baik kepada internal maupun eksternal perusahaan. Sehingga, cara berkomunikasi seorang direktur utama perlu diperhatikan agar pesan yang ingin disampaikan bisa dipahami dengan baik dan menjaga hubungan harmonis dengan setiap pihak yang terlibat.

Salah satu sektor yang wajib menjadi pemilik bisnis adalah alur penerimaan pembayaran. Dengan perkembangan teknologi, pemilik bisnis bisa memanfaatkan inovasi pembayaran online yang lebih mudah dan efektif. Kamu bisa menggunakan Instapay sebagai layanan pembayaran online yang praktis dan terpercaya.

Kelola semua transaksi pembayaran dengan pelanggan menggunakan payment link yang dapat dikelola dari aplikasi mobile atau website desktop. Instapay bebas biaya langganan, sehingga kamu bisa mencoba layanan pembayaran tanpa ada biaya langganan.

Itulah ulasan tentang CEO adalah sebagai tambahan referensi bagi kamu yang ingin memahami posisi tersebut dengan lebih rinci. Bagi kamu yang bercita-cita menjadi CEO, semoga segera terwujud, ya. Semoga sukses, Temen Insta!