Melihat kata-kata motivasi tentang sukses dari dunia bisnis memang melambungkan harapan. Faktanya, memulai bisnis tidak hanya didasari oleh kerja keras semata. Memiliki pengetahuan dasar tentang apa saja yang perlu dipersiapkan tentunya akan sangat membantu dalam membangun bisnis. Oleh karena itu, mari pahami bersama bagaimana cara memulai bisnis, Temen Insta!

Apa Itu Bisnis?

apa itu bisnis

Sebelum memulai bisnis, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertiannya. Secara umum, bisnis merupakan suatu kegiatan jual beli barang atau jasa dengan tujuan untuk mendapatkan profit atau laba. 

Bisnis merupakan kegiatan yang tidak hanya sekedar menjual, lebih dari itu seorang pebisnis juga perlu merencanakan, mengeksekusi, melakukan evaluasi, hingga inovasi agar bisnis mereka terus berkembang. Lalu, dari mana kita bisa memulainya? Yuk, simak terus ya!

Cara Memulai Bisnis

cara memulai bisnis

Sebagai seorang pemula, cobalah untuk memulai bisnis dari hal yang sederhana. 6 langkah berikut adalah beberapa hal paling dasar yang bisa kamu terapkan untuk mulai menjalankan bisnis impian.

1. Lakukan Riset

Setiap bisnis bermula dari sebuah permasalahan. Lakukan riset tentang masalah apa yang ada di masyarakat kemudian temukan solusi yang bisa ditawarkan. Tidak melulu sesuatu yang besar, mulailah dari lingkungan sekitar dan bagian dari kehidupan sehari-hari.

Penting untuk memastikan bahwa produk yang ditawarkan memang diperlukan oleh pasar dan tidak ketinggalan zaman Lengkapi riset dengan data yang akurat dan lakukan survey langsung jika diperlukan. Ketahui pula tren bisnis, kompetitor, dan supplier (jika dibutuhkan) yang ada sehingga bisa mempersiapkan tujuan dan strategi bisnis yang tepat.

Beberapa strategi dan analisis yang umum dibuat dalam sebuah bisnis diantaranya:

2. Tentukan Tujuan dan Strategi

Mengarungi lautan luas tanpa arah yang jelas akan terasa membingungkan, bukan? Begitu pula dengan bisnis, fokuslah pada tujuan yang jelas sesuai dengan kemampuan. Dari tujuan atau pencapaian yang ingin diraih itu, kita bisa membuat strategi yang akurat menuju ke sana.

Lakukan kegiatan marketing dengan optimal sehingga terbuka pada lebih banyak pasar baru. Salah satu cara paling ampuh di era digital seperti sekarang adalah go online. Pasarkan bisnis melalui media digital yang tersedia misalnya media sosial.

3. Buat Perhitungan Keuangan yang Sesuai

Untuk mengetahui apakah bisnis yang dijalankan mampu mendatangkan keuntungan, tentunya perlu melakukan perhitungan keuangan. Kegiatan ini bisa dimulai dari hal paling sederhana yaitu dana yang masuk dikurangi dana yang keluar.

Perhitungan yang matang bisa juga mendatangkan keuntungan karena menemukan harga jual yang paling sesuai dan diminati pelanggan. Dari sini kita juga bisa mengetahui kisaran modal yang diperlukan untuk memulai bisnis sehingga mampu menyiapkan jumlah dana yang tepat.

4. Jalankan Bisnis dengan Optimal

Semua perencanaan yang matang hanya akan mendatangkan hasil jika dilakukan dengan benar. Mulailah membuat alur produksi yang jelas, mulai dari distribusi bahan baku dari supplier hingga barang jadi siap dikirim ke pelanggan.

Kemudian, mulailah untuk fokus membangun sistem yang efektif dalam bisnis. Sistem ini akan sangat bervariasi sesuai dengan bisnis yang ditekuni, misalnya bisnis makanan, reseller, hingga freelance bidang kreatif seperti desain.

5. Catat Setiap Proses dan Hasil

Mencatat dan memahami setiap proses dan hasil yang diperoleh akan memudahkan dalam melakukan evaluasi. Kita dapat mengetahui kekurangan bisnis dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

Selain itu, dengan dokumentasi yang terstruktur kita juga bisa menemukan celah untuk melakukan inovasi sehingga produk terus relevan dengan perkembangan zaman. Memastikan produk tetap bisa bersaing di tengah pasar yang kompetitif juga tidak kalah penting untuk membuat bisnis tetap aktif.

6. Pastikan Sistem Transaksi Praktis

Pelanggan sekarang menyukai proses transaksi yang mudah dan ringkas. Selain menyenangkan pelanggan, proses yang praktis ini tentunya juga akan memberikan kemudahan dalam berbisnis. Misalnya bisa menghemat waktu dan energi.

Nikmati kemudahan transaksi dengan pelanggan menggunakan invoice online terbaik dari Instapay. Proses transaksi bisa dilakukan dengan mudah dan pasti aman. Memulai bisnis jadi semakin gampang karena transaksi bisa dilakukan hanya dengan mengirimkan invoice link  ke pelanggan yang bisa dibayar menggunakan berbagai metode pembayaran yang tersedia.

Sudah saatnya proses manual yang rumit diatasi dengan sistem online yang mudah dan aman bersama Instapay. Download Sekarang Yuk, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment