Jenis kartu kredit kini semakin beragam seiring meningkatnya minat masyarakat terhadap metode pembayaran yang satu ini. Kartu kredit menjadi pilihan masyarakat modern karena mudah digunakan dan menawarkan berbagai benefit menarik. Apakah kamu salah satu yang tertarik untuk membuat kartu kredit? Yuk pahami jenis-jenisnya dulu sebelum mulai membuatnya, Temen Insta.

Menurut Bank Indonesia, kartu kredit atau credit card adalah sebuah Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang bisa digunakan untuk membayar kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Skema transaksinya adalah pembayaran dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit kartu kemudian pemegang kartu wajib membayar sesuai waktu yang disepakati ke penerbit kartu.

Pada umumnya, kartu kredit memiliki limit transaksi sesuai dengan profil masing-masing pemegang kartu. Besarnya limit biasanya tidak melampaui jauh dari pendapatan yang diperoleh setiap bulan. Sehingga transaksi bisa disesuaikan dengan kemampuan pelanggan.

Baca juga: Segudang Manfaat Kartu Kredit yang Menarik untuk Pelanggan

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limit

Dikutip dari CNBC Indonesia, ada beberapa jenis kartu kredit yang umum berdasarkan limit untuk memenuhi kebutuhan transaksi per bulannya. Berikut penjelasan masing-masing kartu kredit tersebut:

1. Silver

Kartu kredit silver merupakan jenis kartu paling awal berdasarkan limit karena memiliki limit yang paling rendah. Pada umumnya kartu kredit jenis ini memiliki limit sebesar Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000 yang diajukan oleh nasabah dengan minimum penghasilan Rp3.000.000 per bulan. 

Sebagai pengguna pemula kartu kredit, kartu ini sering dijadikan pilihan karena lebih mudah mengontrol pengeluaran dengan limit yang lebih kecil. Selain itu, kartu kredit dengan limit yang lebih kecil cocok untuk belanja kebutuhan online sehari-hari sehingga bisa mengurangi risiko kehilangan uang dalam jumlah besar akibat penipuan.

Baca juga: Mengenal PCI DSS untuk Keamanan Transaksi Bisnis

2. Gold

Jenis kartu yang selanjutnya adalah kartu kredit gold dengan limit sekitar Rp10.000.000 hingga Rp40.000.000. Karena limit kartu kredit gold lebih besar daripada kartu kredit silver, tentunya penghasilan minimum pemegang kartu juga lebih besar. Untuk bisa memiliki kartu ini, pengguna paling tidak memiliki penghasilan di rentang Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000

3. Platinum

Rentang limit pada kartu kredit platinum cukup besar, yaitu berkisar antara Rp40.000.000 hingga Rp1.000.000.000. Diperlukan penghasilan minimum Rp180.000.000 untuk bisa menjadi pemegang kartu platinum.

4. Titanium

Jenis kartu yang satu ini tidak dapat dimiliki sembarang nasabah. Hanya nasabah yang diundang secara langsung oleh pihak bank yang bisa menjadi pemegang kartu kredit titanium. Pada umumnya, penghasilan yang tinggi dengan kekayaan mencapai nominal tertentu menjadi syarat untuk dapat menggunakan kartu ini. Namun, detail persyaratannya sangat bergantung dengan kebijakan internal masing-masing bank.

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Layanan

jenis-kartu-kredit

Pada dasarnya jenis layanan kartu kredit yang ditawarkan oleh masing-masing bank sangatlah beragam. Penamaan layanan kartu kredit tersebut pun juga sangat bervariasi sesuai dengan ketentuan yang ada dalam bank tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis layanan umum yang ditawarkan bank penyedia kartu kredit di Indonesia:

1. Kartu Kredit Daily

Kartu kredit daily menawarkan kemudahan untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya berbelanja kebutuhan pokok, makan di restoran, hingga menonton film di bioskop. Kartu kredit daily juga biasanya menawarkan promo di tenant-tenant yang menunjang kehidupan sehari-hari. 

2. Kartu Kredit Travel

Kartu kredit jenis travel sangat cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, baik itu untuk kebutuhan perjalanan bisnis maupun wisatawan yang gemar bepergian. Promo yang ditawarkan pun tentunya menunjang keperluan travel, contohnya kuliner di bandara dan harga khusus untuk tiket pesawat. Pengguna juga bisa memilih jenis kartu yang mendukung untuk transaksi internasional jika ingin bepergian ke luar negeri.

3. Kartu Kredit Bisnis

Untuk para pemilik usaha, kartu ini adalah pilihan yang tepat dalam menunjang bisnis. Pemilik usaha bisa membayar kebutuhan bisnis dengan lebih praktis menggunakan kartu kredit. Pada umumnya bunga yang ditawarkan juga kompetitif dengan jaringan yang luas.

4. Kartu Kredit Syariah

Bagi pengguna muslim yang ingin menerapkan kaidah syariah dalam transaksi, kartu kredit ini adalah pilihan yang tepat. Namun, tidak semua bank menyediakan kartu kredit syariah. Oleh karenanya, pastikan terlebih dahulu bahwa bank yang dituju mendukung untuk transaksi tersebut, ya.

Demikian ulasan tentang jenis kartu kredit yang bisa membantumu menentukan kartu kredit jenis apa yang sesuai untuk dimiliki. Selain membayar dengan kartu kredit, kamu juga bisa menerima pembayaran dengan kartu kredit untuk bisnismu, lho.

Rekomendasi layanan pembayaran yang terbaik untuk hal ini adalah Instapay. Dengan Instapay, pemilik bisnis bisa menerima pembayaran dengan metode kartu kredit dari pelanggan. Bahkan bisa digunakan untuk transaksi nasional maupun internasional. Pahami lebih dalam mengenai Instapay di Instagram kami, @instapay.id, atau bisa menghubungi customer service di sini. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Temen Insta.

Show CommentsClose Comments

Leave a comment