Instapay Catalog menyediakan fitur yang dapat diatur langsung oleh pengguna sesuai kebutuhan bisnis. Baca artikel berikut agar dapat menggunakan catalog dengan maksimal, Temen Insta!
Mengedit Catalog yang Sudah Dibuat
Jika pengguna ingin mengubah nama dan pengiriman yang disediakan dalam sebuah catalog, berikut caranya:
1. Pilih Catalog yang Diinginkan
Dari homescreen aplikasi Instapay, klik Toko saya pada pojok kiri atas. Lalu, pilih Catalog yang diinginkan untuk mulai mengedit.
2. Klik Ubah
Catatan: merchant juga bisa mengunggah foto pada masing-masing toko/catalog dengan klik logo catalog di pojok kiri atas (sebelah nama toko).
3. Masukkan Perubahan Informasi
Ubah informasi yang diinginkan sesuai kolom, lalu klik Simpan pada bagian bawah layar untuk menyimpan perubahan.
Menambah, Menghapus, dan Mengedit Produk
Lakukan langkah-langkah berikut untuk menambahkan produk pada toko/catalog yang telah dibuat sebelumnya:
1. Klik Tambah Produk
Pada halaman Toko yang ingin diinginkan, klik Tambah Produk pada pojok kanan bawah.
2. Masukkan Informasi Produk
Selanjutnya masukkan foto, informasi, dan rincian produk. Klik tombol Simpan pada bagian bawah untuk menyelesaikan penambahan.
Sedangkan untuk Menghapus atau Mengedit produk, pilih terlebih dahulu produk yang ingin diubah pada halaman Toko. Kemudian, pilih antara Hapus produk atau Ubah produk sesuai kebutuhan, seperti pada layar di bawah:
Konfirmasi Pesanan dan Pengiriman
Setiap pesanan yang masuk akan otomatis tercatat dalam halaman Pesanan. Semua pesanan baru yang belum dibayar pelanggan otomatis berstatus Belum Dibayar. Sedangkan pesanan baru yang telah dibayar pelanggan otomatis berstatus Pesanan baru.
Selanjutnya, pengguna dapat mengonfirmasi setiap pesanan untuk mengubah statusnya menjadi Dikonfirmasi, Sedang dikirim, dan Selesai. Sehingga, mempermudah pelacakan data bagi pengguna aplikasi Instapay. Berikut cara konfirmasi pesanan:
1. Klik Ikon Pesanan
2. Pilih Transaksi dengan Status Pesanan Baru
Pilih transaksi berstatus Pesanan baru yang diinginkan dengan klik Lihat pesanan.
3. Klik Konfirmasi
Pesanan baru yang sudah dikonfirmasi dengan 3 langkah di atas akan berubah status menjadi Dikonfirmasi.
Selanjutnya, merchant dapat melakukan request pick-up paket jika pelanggan memilih ekspedisi yang telah terintegrasi dengan Instapay yaitu SiCepat. Cukup klik Request pick-up seperti yang tercantum dalam layar di bawah ini. Kemudian, masukkan waktu dan alamat penjemputan sesuai dengan kebutuhan.
Jika tidak memilih opsi pick-up, pengguna dapat mengkonfirmasi pesanan yang sudah dikirim ke kurir dengan menekan tombol Konfirmasi pengiriman lalu masukkan resi pengiriman.
Setelah melakukan tahap tersebut, pesanan akan berubah status dari Dikonfirmasi menjadi Sedang dikirim.
Selanjutnya, pengguna bisa cek pengiriman dengan klik Lihat pengiriman pada halaman Rincian pesanan. Jika paket sudah diterima pelanggan, pengguna cukup klik tombol Selesaikan seperti pada layar di bawah, sehingga status pesanan Sedang dikirim berubah menjadi Selesai.
Simpan Kontak Pelanggan
Kontak pelanggan bisa disimpan dengan mudah dalam aplikasi Instapay. Hal ini membuat penyimpanan database pelanggan jadi lebih efektif. Berikut caranya:
1. Klik Ikon Pelanggan
2. Klik Tambah Kontak Pelanggan
3. Masukkan Informasi Pelanggan
Masukkan nama, nomor HP, dan alamat pelanggan pada masing-masing kolom. Kemudian klik Simpan.
Demikian ulasan lengkap mengenai cara menggunakan Instapay Catalog. Gunakan fitur kami untuk membantu pertumbuhan bisnismu, ya. Selamat berbisnis, Temen Insta!