Bisnis pariwisata menjadi salah satu bidang bisnis yang cukup menjanjikan di tahun ini. Mengingat pandemi covid-19 yang sudah mulai melandai, banyak masyarakat kita yang sudah mulai mengunjungi tempat-tempat wisata. Kondisi ini menjadi peluang bisnis yang potensial. Ditambah lagi, perkembangan teknologi membuka peluang bisnis yang lebih besar.

Nah, penasaran apa saja bisnis pariwisata yang ciamik dan menjanjikan untuk dikembangkan? Temukan penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut, ya. Yuk baca sampai akhir artikel, Temen Insta!

Peluang Bisnis Pariwisata

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Pantai, gunung, dan bentangan alam lainnya menjadi destinasi wisata yang diminati pelancong lokal hingga internasional. Tidak hanya alam, Indonesia juga kaya akan budaya. Terdapat ratusan desa budaya hingga kerajinan tradisional yang menjadi daya tarik di bidang pariwisata.

Kondisi ini membuat bisnis pariwisata menjadi salah satu industri primadona di negeri ini. Berikut ini rangkaian peluang bisnis di bidang pariwisata yang menjanjikan dan bisa kamu pilih untuk dikembangkan.

1. Penginapan

penginapan

Penginapan adalah kebutuhan mendasar saat bepergian untuk tujuan pariwisata, terutama bagi wisatawan yang berasal dari luar kota atau bahkan luar negeri. Pada umumnya, warga sekitar destinasi wisata bisa mengembangkan bisnis pariwisata jenis ini mengingat lokasinya yang strategis. Untuk meningkatkan nilai jual, buatlah penginapan dengan tema tertentu yang unik agar menarik bagi pelanggan.

2. Fotografi

Momen wisata adalah momen berharga sehingga sebagian besar orang ingin mengabadikan momen tersebut. Jasa fotografi bisa menjadi pilihan peluang bisnis yang potensial untuk dikembangkang pada bidang pariwisata. Bisnis ini cocok untuk kamu yang suka memotret atau menyukai dunia fotografi secara general.

3. Kuliner

Indonesia terkenal dengan kekayaan kuliner yang diminati turis lokal hingga internasional. Kamu bisa memanfaatkan kuliner khas daerah di sekitar destinasi wisata. Pastikan bahwa jenis kuliner yang dikembangkan sesuai dengan selera target pasar yang dituju dan mempunyai konsep tempat yang mendukung.

Baca juga: Strategi Bisnis Restoran untuk Meningkatkan Penjualan

4. Oleh-Oleh

oleh-oleh

Oleh-oleh atau buah tangan menjadi hal yang diburu turis saat mengunjungi sebuah destinasi wisata. Jenis oleh-oleh yang dikembangkan pun bisa sangat beragam. Misalnya kerajinan bambu, gantungan kunci, pakaian adat, hingga jajanan khas daerah tersebut. Kamu bisa menyesuaikan produk yang ingin dijual sesuai kemampuan dan sumber daya yang tersedia, ya.

5. Rental Kendaraan

Rental kendaraan masih menjadi salah satu bisnis pariwisata yang menjanjikan untuk dikembangkan. Hal ini mengingat transportasi umum belum merata di berbagai wilayah yang membuat masyarakat lebih memilih kendaraan pribadi yang disewakan. Kamu bisa memberikan opsi kendaraan rental saja atau paket tertentu seperti rental kendaraan sekaligus sopir yang siap sedia.

6. Tour Guide

Peluang bisnis di bidang pariwisata selanjutnya adalah tour guide atau pemandu wisata. Tour guide nyatanya masih diminati wisatawan khususnya untuk tujuan wisata bersejarah. Sehingga pengunjung bisa berwisata sekaligus memperluas wawasan mengenai sejarah dari destinasi wisata tersebut. Berikan pilihan paket beragam yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing target pelanggan ya, Temen Insta.

Baca juga: Mengenal Target Pasar dan Cara Menentukannya

7. Penyewaan Alat

Bisnis jenis ini cocok dikembangkan di daerah wisata yang memerlukan alat khusus untuk bisa menikmatinya. Misalnya alat pendakian gunung, peralatan tenda di daerah perkemahan, tikar dan payung di daerah pantai, dan lain sebagainya. Kamu bisa mengembangkan kreativitas untuk bisa jeli membaca peluang yang ada di sekitar destinasi wisata. Pahami apa yang dibutuhkan pelanggan, lalu tawarkan usaha jasa atau produk fisik kamu sebagai solusinya.

8. Open Trip

open-trip

Bisnis open trip ditujukan bagi mereka yang ingin berwisata sambil mengenal orang-orang baru. Karena pada umumnya open trip dilakukan dalam bentuk kelompok dengan jumlah anggota tertentu. Pelanggan bisa mendaftar open trip tersebut untuk menikmati itinerary yang sudah disiapkan penyelenggara dengan membayar sejumlah biaya. Pada umumnya open trip bisa lebih murah daripada private trip karena dilakukan dalam kelompok yang memiliki banyak anggota.

9. Content Creator

Bisnis kekinian di bidang wisata adalah content creator. Kamu bisa membuat konten bertema wisata dengan mengunjungi destinasi wisata, penginapan, hingga hal-hal lain yang menunjang kenyamanan berwisata. Misalnya dengan buat travel blog, kanal Youtube, hingga video-video pendek di Instagram atau TikTok.

10. Event Organizer

Bisnis event organizer bisa bekerja sama dengan pihak-pihak yang berencana mengadakan acara di sebuah destinasi wisata. Untuk mendirikan bisnis jenis ini, kamu bisa bekerja sama dengan pengelola tempat wisata tersebut dan membantu mereka untuk menghubungkan tempat wisata dengan calon klienmu, begitu juga sebaliknya.

11. Spa dan Pijat

spa-dan-pijat

Bisnis pariwisata yang satu ini sangat cocok bagi mereka yang ingin relaksasi sejenak setelah perjalanan panjang atau sekedar memanjakan diri sambil menikmati suasana yang damai. Buatlah spa dengan keunikan tertentu agar lebih mudah menjangkau target market yang spesifik. Misalnya spa untuk kecantikan, pijat kesehatan, spa aroma terapi untuk kesehatan mental, dan lain sebagainya.

Nah, setelah menentukan bisnis apa yang ditekuni, pastikan juga alur transaksi berjalan dengan lancar dan mudah. Teknologi pembayaran sangat membantu pemilik bisnis untuk menjangkau pelanggan tanpa dibatasi jarak dan waktu. Instapay adalah aplikasi penyedia pembayaran online yang menyediakan puluhan metode pembayaran online untuk pelanggan lokal hingga internasional.

Instapay merupakan bagian dari iFortepay yang didukung dengan pembayaran aman dan terpercaya. Coba gratis Instapay sekarang >>>

Itulah ulasan mengenai bisnis pariwisata yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin mengembangkan bisnis di bidang yang satu ini. Semoga artikel ini membantu ya, Temen Insta. Jangan ragu untuk meninggalkan pertanyaan atau saran di kolom komentar. Selamat berbisnis!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment