Hingga September 2021, pengguna QRIS mencapai lebih dari 10 juta rekening. Metode pembayaran ini kian populer dan didominasi oleh rekening pemilik Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Agar semakin paham dengan pembayaran digital yang sedang populer ini, simak ulasan lengkapnya berikut yuk, Temen Insta!

Apa Itu QRIS?

Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) adalah standardisasi pembayaran QR yang dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia. Standardisasi ini telah melalui beberapa kali uji coba yang kemudian diluncurkan resmi pada 17 Agustus 2019. Semua penyedia layanan pembayaran nontunai yang akan menggunakan QR code diwajibkan untuk menggunakan QRIS oleh Bank Indonesia per 1 Januari 2020.

Jadi, semua pembayaran QR code di Indonesia akan terintegrasi dengan satu jenis QR code saja. Terlepas dari penyedia pembayaran apa yang kamu gunakan, transaksi bisa dilakukan dengan mudah di semua merchant yang bekerjasama dengan program ini. Praktis, bukan?

Tujuan

Metode pembayaran ini dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan efisiensi transaksi, mempercepat inklusi keuangan, dan memajukan UMKM. Ketiga hal tersebut pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Selain itu, standardisasi ini memungkinkan masyarakat melakukan transaksi QR code dengan lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya.

Cara Pembayaran

Sumber dana pada pembayaran QR ini adalah kartu debit, kartu kredit, dan uang elektronik lainnya yang telah disetujui oleh Bank Indonesia. Setelah memastikan sumber dana aktif atau memiliki saldo yang cukup pada aplikasi penyedia pembayaran, transaksi bisa dilakukan dengan:

  • Pindai QR code yang disediakan merchant.
  • Tambahkan nominal pembayaran.
  • Masukkan kode PIN aplikasi penyedia pembayaran.
  • Jika transaksi berhasil, baik kamu maupun merchant akan mendapatkan notifikasi.

Batasan Transaksi

Perlu diketahui bahwa transaksi dengan QRIS memiliki batasan, yaitu sebesar dua juta rupiah. Namun, ada juga batas nominal kumulatif harian atau bulanan pengguna yang ditetapkan oleh penerbit QR atau PJSP terkait. Tentunya, batas kumulatif ini ditetapkan berdasarkan manajemen risiko penerbit terhadap keuangan masing-masing pengguna.

Biaya Transaksi

Dalam pembayaran dengan QRIS, ada sebuah istilah Merchant Discount Rate (MDR) atau biaya administrasi yang dibebankan kepada merchant. Merchant Discount Rate (MDR) atau biaya layanan yang ditetapkan Bank Indonesia adalah 0,7{e183f015b98e86ec2d681f157c8c2a25f62fae36b40f0965375d6a0f4b5dd3c4} untuk pembayaran reguler. Sehingga, biaya yang dikeluarkan merchant dapat bervariasi sesuai dengan nominal yang dibayar pelanggan.

Transaksi QRIS Praktis dengan Instapay

Instapay menyediakan layanan QRIS dalam metode pembayaran yang ditawarkan. Berikan kemudahan pembayaran untuk pelanggan melalui metode pembayaran ini dengan mendaftar sebagai pengguna Instapay. Dapatkan informasi lebih lanjut dengan menghubungi kontak kami.

Demikianlah, ulasan tentang QRIS yang perlu kamu ketahui. Terbuka dengan perkembangan teknologi terutama di tengah kemajuan ekonomi digital seperti sekarang adalah solusi agar bisnis tetap aktif. Semoga bisnismu semakin maju ya, Temen Insta!

 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment