Teknologi semakin maju, sistem keuangan pun semakin berkembang mengikuti kebutuhan pelanggan. Rekening bersama adalah salah satu sistem rekening yang mulai populer di kalangan masyarakat khususnya pemilik usaha.

Jika kamu tertarik untuk memahami lebih dalam tentang rekening bersama, maka artikel ini adalah tempat yang tepat. Temukan pengertian hingga cara kerja rekening bersama dalam ulasan berikut yuk, Temen Insta!

Pengertian Rekening Bersama

Dikutip dari Katadata, rekening bersama atau rekber adalah rekening bank yang dibuat atas nama lebih dari satu orang. Pada umumnya pembuat rekening tersebut adalah mitra kerja atau pasangan. 

Pada proses jual beli dalam bisnis, rekening tersebut menjadi wadah sementara untuk menampung dana. Diperlukan persetujuan dari kedua belah pihak mitra bisnis untuk bisa menjalankan proses tersebut.

Untuk mempermudah proses transaksi bisnis, pemilik usaha juga bisa menggunakan layanan dari pihak ketiga yang menjadi penyedia layanan pembayaran. Sistem ini dikenal juga dengan escrow. Berdasarkan laman Investopedia, escrow adalah konsep legal yang mendeskripsikan perjanjian keuangan dengan kondisi aset atau uang dipegang oleh pihak ketiga atas nama dua pihak lain yang sedang dalam proses penyelesaian transaksi.

Cara Kerja Rekening Bersama

Sistem rekening bersama pada dasarnya mulai dikenal secara luas di Indonesia sejak semakin maraknya sistem jual beli online di awal 2000-an. Dengan adanya sistem ini, diharapkan mampu memberikan keamanan yang lebih tinggi daripada sebelumnya yang berupa transfer pembayaran manual.

Dalam konteks transaksi jual beli dengan pelanggan, rekber memungkinkan pihak ketiga untuk menjadi jembatan antara penjual dengan pelanggan. Proses transaksinya diawali dengan pelanggan membayar sesuai tagihan, dana yang di bayar ini kemudian akan ditampung sementara oleh pihak ketiga sebagai penyedia layanan pembayaran.

Langkah selanjutnya adalah pihak penyedia mencairkan dana pembayaran pelanggan tadi ke rekening penjual sesuai dengan tenggat waktu masing-masing penyedia layanan. Misalnya dana akan dicairkan setelah H+2, H+3, dst. Tenggat waktu tersebut digunakan untuk memenuhi proses administratif sesuai regulasi yang berlaku.

Manfaat Rekening Bersama

rekening-bersama-adalah

Rekber memberikan berbagai manfaat yang menunjang transaksi, baik dari sisi pelanggan maupun penjual. Sehingga saat menerapkan sistem yang satu ini, pemilik bisnis bisa mempermudah proses transaksi sekaligus meningkatkan kepuasan layanan untuk pelanggan. Berikut uraian lengkapnya:

1. Dokumentasi yang Transparan

Pencatatan atau dokumentasi yang tertera dalam rekening bersama dapat diakses oleh setiap mitra yang terlibat dalam pembuatan rekening tersebut. Sehingga mengurangi kemungkinan penggelapan dana oleh salah seorang pihak. 

Untuk rekber yang dibuat secara mandiri, dana hanya dapat dicairkan setelah persetujuan dari kedua belah pihak mitra yang terlibat. Sementara ketika menggunakan layanan pembayaran, pada umumnya akan diberikan laporan pencairan dana yang aktual sehingga dapat menjadi acuan dari masing-masing mitra.

2. Memastikan Dana Pembayaran Telah Diterima

Adanya rekber juga memberikan kepastian bagi penjual bahwa dana telah diterima sebelum memproses pesanan lebih lanjut. Hal ini juga mengurangi kemungkinan penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

3. Meningkatkan Rasa Aman Bagi Pelanggan

Karena keamanan yang baik, pelanggan menjadi tidak ragu untuk menyelesaikan pembayaran. Pelanggan masa kini semakin hati-hati sebelum membayar karena maraknya penipuan. 

Dengan adanya pihak ketiga yang terlibat dalam layanan pembayaran, pelanggan jadi merasa lebih aman karena dana yang dibayar tidak langsung masuk ke rekening penjual. Dalam tenggat waktu tersebut, pelanggan dapat mengajukan komplain jika ada indikasi penipuan dari sisi penjual.

Untuk mempermudah proses administrasi, pemilik bisnis bisa menggunakan layanan pembayaran daripada membuat rekening bersama secara mandiri. Instapay adalah penyedia layanan pembayaran terpercaya yang telah bekerja sama dengan berbagai bank ternama seperti BCA, BRI, MANDIRI, BNI, CIMB Niaga, Bank Permata, dan Neobank. Daftar gratis sekarang untuk dapatkan layanan pembayaran terbaik yuk, Temen Insta! 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment