Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata email? Mungkin banyak dari kita yang beranggapan bahwa email hanyalah media formal untuk mengirimkan dokumen perusahaan atau surat lamaran kerja. Faktanya, email memiliki potensi yang jauh lebih besar dari sekadar urusan perkantoran biasa.

Dikutip dari artikel Forbes, diketahui bahwa mayoritas pemilik bisnis menganggap email marketing sebagai media yang sangat penting dalam pemasaran. Hal ini didukung oleh data dari Hubspot yang menyebutkan bahwa email pemasaran bernilai 7,5 miliar USD pada 2020 dan diprediksi akan terus naik hingga 17,9 miliar USD pada 2027.

Pemasaran melalui email sangat potensial, bukan? Untuk mengetahui lebih lanjut, baca ulasan ini sampai akhir ya, Temen Insta!

Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah sebuah teknik pemasaran digital menggunakan email yang berisi konten tentang produk, event khusus, atau penawaran bisnis. Tujuan dari email ini adalah menarik pelanggan secara personal agar tergerak untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Meskipun sudah digunakan sejak 1970-an, email terbukti masih relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Jika digunakan dengan strategi tepat, email bisa menjadi media yang menjanjikan untuk pemasaran.

Strategi Pemasaran Melalui Email

Setiap marketing channel memiliki karakter yang khas, begitu juga dengan email marketing. Diperlukan strategi yang sesuai agar pesan bisa tersampaikan dengan baik ke pelanggan dan meningkatkan penjualan. Di antaranya adalah dengan melakukan:

1. Menyusun Daftar Email Pelanggan

Berbeda dengan media sosial yang bisa diakses oleh siapa saja, pemasaran jenis ini menggunakan alamat email pelanggan untuk bisa menerima konten yang diberikan. Setelah terkumpul data email yang potensial, lakukan segmentasi sesuai karakter pelanggan jika memungkinkan. Jangan lupa untuk memverifikasi email terlebih dahulu agar tidak terkirim ke orang yang salah.

2. Memilih Tools Sesuai Kebutuhan

Aktivitas marketing dengan email tentu berbeda dengan pengiriman email secara manual. Karena jumlah penerima bisa mencapai ribuan dan dibutuhkan pengaturan khusus seperti desain dan penambahan tombol untuk kegiatan pembelian atau pemesanan. Tools yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan jumlah kontak penerima dan anggaran keuangan dari perusahaan.

3. Mengirim Konten yang Memikat

Pelanggan mengharapkan penawaran atau informasi menarik yang berguna bagi mereka. Oleh karena itu, pastikan untuk memberikan nilai pada setiap email yang dikirim agar penerima tidak berhenti berlangganan email. Faktor lain seperti, penulisan subjek, desain banner, dan panjang email juga perlu diperhatikan dengan seksama. Setelah menemukan formula yang tepat, buatlah kalender pengiriman sesuai kebutuhan.

4. Evaluasi Data Secara Berkala

Kekuatan pemasaran digital terletak pada data yang akurat. Karenanya, analisis data untuk evaluasi di setiap campaign akan sangat berpengaruh untuk menentukan langkah selanjutnya. Rajin melakukan eksperimen berbasis data juga bisa dilakukan agar mendapatkan hasil yang optimal.

Email Marketing Tools yang Banyak Digunakan

Berikut 2 tools yang populer dalam dunia email pemasaran:

1. Mailchimp

mailchimp-screen
sumber: mailchimp.com

Mailchimp adalah salah satu alat pemasaran email yang paling populer. Harga langganannya dimulai dari 11 USD/bulan dengan fitur yang cukup lengkap mulai dari email template, report, hingga chat support. Tersedia juga versi gratis yang memungkinkan untuk menggunakan fitur dasar dari Mailchimp. Selain terdapat perbedaan fitur, jumlah kontak yang bisa disimpan juga berbeda untuk setiap paketnya.

2. Get Response

get respons email marketing
sumber: getrespons.com

Biaya langganan email marketing tools ini mulai dari 12.3 USD/bulan untuk 1000 kontak yang tersimpan. Versi gratis tersedia dengan kapasitas 500 kontak dengan fitur yang lebih sederhana. Get Response juga bekerja sama dengan Shutterstock untuk menghadirkan ribuan gambar berlisensi untuk penggunanya.

Jika belum mempunyai website, bisa juga mengarahkan link ke media sosial atau chat support yang ada. Untuk mampu meningkatkan penjualan, sediakan juga sistem pembayaran online yang mudah menggunakan Instapay.

Instapay adalah solusi transaksi jual beli online yang bisa melayani tanpa perlu integrasi website. Pemilik bisnis bisa menerima pembayaran dari berbagai metode cukup dari satu aplikasi saja. Yuk download Instapay sekarang, Temen Insta!