Halo, Temen Insta! Instapay meluncurkan fitur terbaru, QRIS Statis, yang mempermudah merchant dalam menerima pembayaran khususnya untuk toko offline. Metode pembayaran ini adalah pengembangan dari pembayaran QRIS Dinamis yang sebelumya sudah tersedia dalam aplikasi kami.

Tentang QRIS Statis

QRIS Statis adalah jenis pembayaran QRIS yang bersifat tetap, tidak dapat diubah, dan hanya dapat dimiliki oleh 1 merchant. Kamu bisa mencetak file QRIS Statis dan memasangnya di toko offline milikmu. 

Untuk melakukan pembayaran, pelanggan cukup scan QRIS Statis menggunakan aplikasi m-banking atau e-wallet kemudian masukkan nominal pembayaran dan verifikasi PIN sesuai aplikasi pembayaran yang dipilih. Merchant akan mendapat notifikasi di aplikasi Instapay jika pembayaran pelanggan sudah masuk.

Perbedaan QRIS Statis dan Dinamis

Sebelumnya Instapay sudah memiliki QRIS Dinamis untuk toko offline yang tertera pada opsi Bayar di tempat. Metode ini bersifat lebih fleksibel karena merchant memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu ke dalam invoice sebelum kode QRIS dibuat dan dibagikan ke pelanggan.

Sementara pada QRIS Statis, kode QRIS bersifat lebih praktis karena merchant tidak perlu membuat invoice secara berkala. Cukup satu kode QRIS Statis untuk semua pembayaran. Pelanggan harus memasukkan nominal pembayaran secara mandiri untuk melakukan pembayaran.

Cara Mengajukan QRIS Statis

Untuk bisa mengajukan QRIS Statis, kamu perlu memastikan kalau aplikasi Instapay yang terpasang di ponselmu adalah versi aplikasi terbaru. Cek update aplikasi di App Store atau Play Store. Berikut ini adalah 3 langkah mudah untuk mengajukan QRIS Statis:

qris umkm

1. Klik formulir pengajuan

Akses formulir pendaftaran dengan klik di sini atau bisa juga melalui aplikasi Instapay dengan klik Lainnya lalu pilih QRIS Statis, halaman yang muncul akan seperti gambar di atas (nomor 1). Selanjutnya klik Ajukan QRIS Statis.

2. Isi data dan dokumen yang diperlukan

Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman formulir seperti gambar di atas (nomor 2) untuk mengisi data dan dokumen yang diperlukan. Mohon masukkan data dan dokumen yang sama seperti pendaftaran akun Instapay untuk kelancaran transaksi. Setelah selesai mengisi semua kolom yang tertera, klik Submit.

3. Terima file QRIS Statis

Proses pengajuan QRIS Statis adalah maksimal 14 hari kerja. Setelah QRIS Statis kamu tersedia maka file QRIS akan muncul di halaman QRIS Statis dalam aplikasi Instapay seperti gambar di atas (nomor 3). Klik Download QRIS Static untuk mengunduh file QRIS Statis milikmu.

Sebagai tambahan informasi, file QRIS Statis juga akan dikirim via email untuk memastikan merchant telah menerima QRIS Statis yang diajukan.

Demikian informasi tentang QRIS Statis Instapay dan cara mengajukannya. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, mohon hubungi WhatsApp customer service kami di 0877-7780-7007 atau klik di sini. Semoga ulasan ini bermanfaat, Temen Insta!

membuat-qris-statis

Show CommentsClose Comments

3 Comments

  • Mayasari
    Posted July 25, 2023 at 3:37 am 0Likes

    Minta qris

  • HARTONO
    Posted August 5, 2023 at 12:39 pm 0Likes

    Saya ingin mengajukan QRIS

  • HERMANSAH
    Posted August 8, 2023 at 6:38 pm 0Likes

    Usaha

Comments are closed.