Selain sebagai kebutuhan dasar manusia, pakaian juga telah menjadi gaya hidup yang penting bagi banyak orang. Oleh karena itu, bisnis fashion adalah salah satu jenis usaha yang selalu diminati pelanggan dari waktu ke waktu. Nah, jika ingin memulai bisnis fashion simak dulu rangkaian tips berikut ya, Temen Insta!

1. Lakukan Riset dan Tentukan Target

Langkah awal yang tepat dalam membangun sebuah bisnis adalah melakukan riset yang menyeluruh dan akurat. Hal ini bisa menjadi landasan yang tepat dalam bisnismu. Setelah mengetahui data yang dibutuhkan, maka pemilik bisnis bisa menentukan target pelanggan yang diinginkan karena pengembangan setiap produk yang dihasilkan perlu disesuaikan dengan target pelanggan sehingga model, bahan, hingga harga bisa cocok dengan kebutuhan pelanggan.

2. Buat Koleksi Sesuai Tren Bisnis fashion

Karena fashion adalah bagian dari gaya hidup, maka rajin menyesuaikan dengan tren menjadi salah hal yang perlu diperhatikan agar selalu relevan dengan kebutuhan target pelanggan. Namun tidak semua tren perlu diikuti, pastikan tren yang akan diadaptasi sesuai dengan nilai brand yang dibangun dan tidak melanggar peraturan yang berlaku misalnya hak kekayaan intelektual.

3. Desain Khusus Kolaborasi dengan KOL

Key Opinion Leader (KOL) adalah seseorang yang memberi pengaruh besar pada audiensnya. Pada umumnya istilah ini digunakan untuk mereka yang memiliki banyak pengikut di media sosial. Jika audiens dan persona KOL tersebut sesuai dengan bisnis fashion yang dijalankan, maka membuat kolaborasi adalah salah satu cara untuk memperluas pasar. Produk hasil kolaborasi bisa dibuat sebagai desain khusus yang hanya tersedia untuk kolaborasi tersebut.

4. Bangun Ciri Khas Desain

Menjadi berbeda adalah poin penting agar dikenang dalam benak target pasar. Membuat desain unik yang mudah dikenali bisa menjadi ciri khas bisnis kamu. Misalnya brand olahraga yang menambahkan logo pada setiap desain atau model kerah klasik yang melekat pada kaos Polo.

5. Membuat Presensi Digital

Selain secara offline, pemasaran bisnis juga bisa dilakukan dengan sistem digital menggunakan sosial media, website, dan email marketing. Channel marketing yang ada semakin meluas dan beragam sehingga menjadi opsi baru untuk menjangkau pelanggan baru. Apalagi di era modern seperti sekarang, kebanyakan pelanggan akan memilih untuk mencari tahu dulu di internet sebelum memutuskan untuk membeli barang yang diinginkan.

6. Buat Foto Produk yang Menarik

Visual adalah faktor penting saat memaparkan foto ke target pelanggan, sehingga penting untuk memperhatikan kualitas foto produk. Pelanggan perlu melihat produk dengan jelas dan menarik terutama ketika belanja secara online. Pada umumnya foto produk fashion menggunakan model dan background yang sesuai agar produk semakin menonjol. Perhatikan pula tema koleksi busananya agar sejalan dengan properti yang digunakan saat pemotretan.

7. Bagikan Produk Bisnis Fashion dengan E-Catalog

Pengalaman belanja menjadi hal yang penting diperhatikan untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Saat ini tersedia teknologi yang bisa membantu pemilik bisnis untuk mempermudah proses belanja secara online. Nikmati proses memilih produk, pengiriman, hingga bayar dalam satu link menggunakan e-catalog dari Instapay.Tanpa biaya langganan, pemilik bisnis bisa langsung menyediakan pengalaman belanja terbaik untuk pelanggan. Download Aplikasi Instapay ya!

Itulah beberapa tips bisnis fashion yang bisa diterapkan untuk mengembangkan usaha. Semoga bisa membantu ya, Temen Insta. Selamat berbisnis!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment