Bisnis minuman semakin berkembang dengan berbagai varian minuman kekinian yang muncul dan digemari masyarakat. Maka tidak heran jika bisnis di bidang ini sangat potensial untuk dikembangkan di pasar masyarakat Indonesia.

Tidak hanya dijual di cafe atau resto, bisnis minuman dengan konsep take-away juga semakin menjamur khususnya di kota-kota besar dengan masyarakat yang punya mobilitas tinggi. Nah, apakah kamu juga tertarik untuk memulai usaha jenis ini? Yuk simak ide-ide bisnis berikut yang bisa menjadi inspirasi untuk diaplikasikan, Temen Insta!

Ide Bisnis Minuman yang Potensial

Jenis usaha minuman sangatlah beragam dan memiliki pencintanya masing-masing. Kamu bisa memilih bisnis minuman yang paling sesuai dengan sumber daya yang dimiliki dan preferensi target pasar yang kamu tuju. Berikut ini beberapa ide bisnis yang potensial untuk dikembangkan:

1. Olahan Kopi

bisnis-minuman-kopi

Kopi adalah salah satu minuman paling populer di Indonesia. Dilansir dari Indonesia.go.id, diketahui bahwa konsumsi kopi masyarakat Indonesia mencapai 300.000 ton pada 2021. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 8% dari tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan ketertarikan masyarakat yang tinggi terhadap olahan kopi.

Kopi menjadi bisnis minuman yang menjanjikan untuk ditekuni sesuai dengan target pasar yang dituju. Untuk wilayah perkantoran, kopi take-away menjadi salah satu opsi menarik yang bisa dicoba. Kebiasaan minum kopi berkembang pesat di kalangan pekerja untuk meningkatkan produktivitas. 

Selain itu, kedai kopi yang estetik dengan beragam menu unik potensial untuk menjaring muda-mudi yang membutuhkan ruang untuk me time maupun bercengkrama dengan orang-orang terdekat.

2. Minuman Boba

Minuman satu ini juga viral di kalangan anak muda, khususnya wanita. Minuman manis dan kenyal ini pun kian berkembang seiring meningkatnya popularitas di kalangan masyarakat. Boba pada awalnya disajikan bersama milk tea yang manis dan segar. Kini olahan boba pun berkembang pesat bahkan bisa juga disajikan dalam olahan kopi susu, lemon tea, hingga es krim.

3. Cheese Tea

Cheese tea adalah salah satu minuman kekinian yang cukup baru dalam dunia bisnis minuman. Rasa keju yang cenderung asin dipadu dengan teh manis menjadi kombinasi rasa yang unik dan cukup digemari masyarakat. 

Selain itu, sensasi creamy dari cheese tea juga menjadi daya tarik tambahan bagi penggemar minuman manis. Target pasar yang cocok pada umumnya adalah anak-anak, remaja, dan dewasa muda. Inovasi menu yang beragam serta menghadirkan menu spesial sesuai dengan tren bisa menjadi strategi ampuh yang bisa dicoba.

4. Jus dan Smoothies

bisnis-minuman-jus

Minuman sehat nampaknya masih menjadi pilihan masyarakat, khususnya mereka yang antusias akan olahan minuman sehat. Bahkan ada jenis diet tertentu yang hanya mengkonsumsi jus atau smoothies sebagai tambahan asupan gula mereka.

Olahan jus dan smoothies juga membawa angin segar bagi mereka yang menjalankan diet tapi masih ingin jajan di luar. Opsi less sugar atau no sugar juga bisa menambah daya tarik agar kalori minuman seminimal mungkin. 

Bisnis minuman ini menjadi solusi bagi masyarakat untuk memenuhi asupan vitamin dan mineral tanpa repot mengolah buah atau sayuran terlebih dahulu. Pekerja dan ibu rumah tangga yang sibuk cocok menjadi target pasar usaha jenis ini.

5. Minuman Coklat

Penggemar coklat memang sudah tidak diragukan lagi eksistensinya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai olahan minuman jenis ini. Kreasi coklat pun sangat beragam untuk menciptakan pilihan menu yang bervariasi untuk pelanggan.

Membuka kedai khusus olahan coklat menjadi salah satu ide bisnis minuman yang potensial untuk dicoba. Perhatikan jenis coklat yang digunakan untuk menjaga konsistensi rasa dari setiap menu yang disajikan.

6. Jamu

Minuman tradisional ini masih cukup populer hingga sekarang. Biasanya tujuan masyarakat memilih jamu untuk dikonsumsi adalah agar memperoleh manfaat kesehatan tertentu. Kamu bisa menyajikan menu dengan menjelaskan manfaat dari masing-masing menu jamu tersebut.

Contoh manfaat jamu adalah kunyit asem yang berfungsi untuk menyegarkan tubuh dan mengurangi nyeri haid. Kemudian ada beras kencur yang dipercaya bermanfaat untuk meredakan batuk. Dengan mengedukasi pelanggan akan manfaat masing-masing jamu, maka akan meningkatkan value dari produk jamu yang ditawarkan.

7. Varian Susu

Susu adalah salah satu minuman yang kaya akan kandungan gizi dan mempunyai rasa gurih yang khas. Olahan menu susu juga sangat beragam, kamu bisa berkreasi sekreatif mungkin. Misalnya dengan menawarkan susu sapi murni dalam kemasan yang mudah dibawa dan dikonsumsi atau milkshake dengan berbagai rasa.

Selain itu, kamu juga bisa menyediakan opsi susu dari bahan nabati seperti susu almond atau susu kedelai sebagai pengganti susu bagi mereka yang alergi laktosa sapi. Minuman susu bersifat cukup general sehingga bisa menjangkau berbagai kalangan masyarakat.

8. Green Tea dan Matcha

bisnis-minuman-green tea

Bisnis minuman green tea dan matcha pada dasarnya punya target pasar yang cukup spesifik. Cita rasanya yang khas membuat tidak semua kalangan menikmati minuman yang satu ini. Karena pasarnya yang cukup spesifik, maka kamu bisa membuat daftar menu khusus dari olahan green tea.

Untuk menciptakan pengalaman yang berbeda bagi pelanggan, pemilik bisnis bisa menyajikan green tea dan matcha menggunakan menggunakan cangkir khusus dan bamboo whisk. Selain itu, latte art yang cantik juga bisa menjadi daya tarik tambahan untuk memikat pelanggan.

9. Olahan Kelapa

Olahan minuman berbahan kelapa sangat cocok disajikan di cuaca Indonesia yang terik. Oleh karena itu, minuman jenis ini biasanya disajikan dalam kondisi dingin yang cocok untuk berbagai kalangan. Tidak hanya untuk menghilangkan dahaga, tapi juga untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas. Selain air kelapa segar, minuman kekinian berbahan susu kelapa juga sedang diminati saat ini. 

10. Minuman Impor

Usaha minuman jenis ini cocok untuk pelanggan yang terpapar budaya pop luar negeri. Misalnya drama Korea, series Amerika, dan manga Jepang. Pengaruh budaya yang masuk tidak hanya dari karya seni tapi juga kuliner dari masing-masing negara tersebut.

Minuman impor biasanya punya merek dan rasa khusus yang diburu penggemarnya. Jadi pastikan untuk menyediakan jenis produk yang diminati pelanggan jika akan membangun usaha minuman impor, ya.

Tahukah kamu kalau alur pembelian berperan penting saat transaksi dengan pelanggan? Agar bisnis minumanmu berjalan dengan lebih lancar, kamu bisa menyediakan opsi pembayaran online untuk pelanggan. Instapay adalah penyedia layanan pembayaran online terpercaya yang telah bekerja sama dengan berbagai bank ternama.

Kamu bisa menyediakan opsi pembayaran dengan kartu kredit/debit, virtual account, e-wallet, hingga QRIS. Mulai langkah digitalisasi bisnis minuman milikmu dengan mengaktifkan pembayaran online, yuk. Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut.

Demikian ulasan tentang bisnis minuman kali ini, Temen Insta. Temukan berbagai informasi bisnis lainnya dalam blog Instapay, ya. Semoga ulasan ini bermanfaat,

Show CommentsClose Comments

Leave a comment