Tertarik punya bisnis laris yang sesuai untuk pemula? Ide jualan makanan berikut banyak diminati masyarakat dan tidak memerlukan proses pengolahan rumit, sehingga cocok untuk pebisnis baru dalam bidang kuliner.

Selain secara offline, industri kuliner juga sangat menjanjikan untuk dijual melalui sistem online, lho. Bahkan menurut data BPS, produk yang paling banyak dijual secara online adalah makanan dan minuman. Yuk simak inspirasi jualan dalam artikel ini ya, Temen Insta!

Daftar Ide Jualan Makanan

ide jualan lumpia

Berikut ini deretan ide jualan makanan menarik yang bisa dicoba:

1. Corn Dog

Makanan ini dari berasal dari Amerika, tapi sekarang semakin populer karena muncul dalam drama Korea. Bahan bakunya adalah sosis yang sudah ditusuk lalu dilumuri dengan adonan tepung kemudian digoreng hingga coklat keemasan. Hidangan ini cocok untuk jadi cemilan sore.

2. Toast

Salah satu olahan makanan sederhana yang sedang naik daun adalah toast atau roti panggang. Pemilik usaha makanan bisa berkreasi membuat isian toast yang beraneka ragam atau bahkan membuat menu khusus dengan tema tertentu. Beberapa isian yang paling populer adalah tuna mayo, beef, dan egg & cheese.

3. Baso Aci

Baso aci masih menjadi kuliner tradisional yang diminati hingga saat ini. Bahkan, sekarang banyak dikemas dalam bentuk makanan instan atau frozen food yang bisa dikirim ke luar kota. Jadi, pelanggan cukup menghangatkan kembali baso kemudian ditambahkan bumbu yang sudah disertakan dalam kemasan satu porsi. Menarik, bukan?

4. Makaroni pedas

Ide jualan selanjutnya adalah makaroni pedas yang populer di kalangan muda-mudi. Kunci dari cemilan ini adalah kerenyahan yang pas dan bumbu gurih yang pedas. Pastikan proses penggorengan menggunakan teknik yang tepat dan raciklah bumbu gurih yang bervariasi, sehingga rasanya sedap dan tidak hanya fokus pada kepedasan saja.

5. Lumpia

Isian sayur segar dibungkus dengan kulit tipis yang renyah terdengar nikmat, ya? Jajanan ini sungguh cocok menemani waktu santai bersama keluarga. Target pasarnya adalah ibu-ibu yang ingin menyediakan cemilan lezat tapi tidak punya banyak waktu untuk memasak. Cobalah untuk membuat kemasan frozen porsi keluarga yang bisa dibeli secara online.

6. Rice bowl

Pekerja kantoran cenderung memilih makan siang yang praktis. Rice bowl adalah ide jualan makanan yang bisa menangkap peluang ini. Buatlah menu lauk yang populer seperti ayam teriyaki, sambal geprek, salted egg, dsb. Tambahkan pula sayuran untuk menambah kesegaran saat dimakan.

7. Pisang Coklat

Nah, kalau ide jualan ini banyak dicari saat mengidam malam hari. Bahan bakunya cukup sederhana yaitu: pisang, kulit lumpia, coklat batangan, dan kental manis. Namun, bisa juga membuat variasi topping seperti choco chip, potongan buah, atau bahkan krim kocok untuk menarik perhatian pelanggan.

8. Churros

Tidak hanya digemari di Spanyol, warga lokal Indonesia ternyata juga tertarik dengan makanan ini. Proses pengolahannya juga relatif mudah, sehingga cocok untuk pemula usaha makanan. Teksturnya rotinya yang lembut dan dibalut dengan gula yang manis membuatnya disukai anak-anak maupun orang dewasa.

9. Dessert Box

Ide jualan makanan dessert box sempat viral beberapa tahun lalu, tapi masih populer hingga saat ini. Karena menyasar anak muda, pemilik bisnis perlu membuat variasi menu yang sesuai tren agar tetap diminati. Selain dikonsumsi sendiri, makanan ini juga bisa menjadi hampers atau hantaran unik yang dibagikan untuk memperingati momen spesial.

10. Silky Pudding

Silky pudding mulai dijual di banyak tempat dan potensial untuk menjadi jajanan hits tahun ini. Bahan baku pudding memang cukup sederhana, tapi diperlukan rasio yang pas untuk mendapatkan tekstur yang diinginkan. Sajikan dalam kondisi dingin agar lebih nikmat saat disantap pelanggan.

Sekian ide jualan makanan laris yang cocok untuk pemula. Dari 10 ide tadi, mana yang paling menarik perhatianmu? Jika sudah mantap untuk memulai bisnis, pakai saja aplikasi Instapay untuk membantu transaksi pembayaran jadi lebih mudah, ya. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment