Apakah kamu pernah merasa sulit untuk membalas chat di marketplace?

Nah, tahukah kamu kalau sekarang udah ada yang namanya software chat commerce dan pastinya berguna buat kamu yang punya banyak toko di marketplace. Jika sebelumnya kamu mesti buka setiap toko untuk menjawab pesan customer, sekarang cukup di aplikasi saja.

Jadi, chat commerce adalah?

Adapun manfaat chat commerce adalah memudahkan kamu untuk membalas pesan pelanggan secara cepat, karena semua chat yang masuk akan tampil didalam satu dashboard sehingga meminimalisir pesan customer terlewat.

Eitss… sebelum kamu memutuskan ingin menggunakan salah satu software chat marketplace, simak artikel ini dulu yuk!

 

Fitur Wajib di Platform Chat Commerce

chat-commerce

Berikut ini beberapa fitur andalan yang wajib ada di aplikasi chat commerce yang dapat membantu meningkatkan penjualan online.

Adanya Fitur Balas Cepat

Umumnya, software chat marketplace menyediakan fitur balas cepat yang dapat digunakan untuk membalas pesan pelanggan secara lebih cepat dan konsisten. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat serta menggunakan template yang sudah kamu buat sebelumnya.

Tersedia Balasan Otomatis

Pastinya kita tidak dapat membatasi kapan customer bisa menghubungi toko kita, bukan?

Bahkan saat toko sedang offline, ada pelanggan yang menghubungi untuk sekadar menanyakan produk maupun pengiriman. Maka dari itu, bisa dikatakan merespon cepat chat konsumen menjadi suatu hal yang penting dalam bisnis.

Oleh karena itu, chat commerce menawarkan fitur Balasan Otomatis, yang berfungsi ketika ada chat baru dari pelanggan, maka akan ada balasan otomatis yang dikirimkan.

Baca juga: Kenali Forecasting, Metode Jitu untuk Kembangkan Bisnis

Tampilan Chat yang Friendly

Selain itu, fitur lainnya yang ada di aplikasi chat marketplace ialah fitur Tampilan Chat, yang memungkinkan kamu untuk memfilter dan melihat semua chat dengan cepat. Mulai dari, chat yang masuk, chat yang belum dibalas maupun yang telah dibalas. Dengan begitu, kamu tidak akan pernah ketinggalan chat apa pun.

 

Adanya Fitur Pembelian melalui Chat

Fitur satu ini dapat mempermudah customer dalam membeli produk, karena hanya dilakukan melalui obrolan chat saja.

Apalagi terkadang masih ada pula pelanggan yang memang merasa kesulitan jika diharuskan untuk membeli produk secara online, bisa disebabkan alur belanja yang terlalu banyak tahapannya sampai proses checkout yang lambat.

Dengan cara ini, tentunya akan memanjakan pelanggan dalam melakukan transaksi, karena langsung terhubung ke dashboard.

 

Agen dan Grup Agen

Pada software chat commerce disediakan fitur agen (admin). Dimana, kamu bisa menambahkan sebanyak mungkin agen dan membentuk grup agen untuk memaksimalkan kinerja dan efisiensi dalam membalas chat konsumen. Nantinya, setiap agen dapat ditugaskan sesuai dengan keahlian dan kemampuan mereka. Melalui sistem Penugasan agen, setiap chat yang masuk dapat ditangani oleh agen yang paling kompeten.

Baca juga: Cara Membuat Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

 

Rekomendasi Aplikasi Chat Marketplace Terbaik di Indonesia

Kalau tadi kita udah bahas mengenai fitur penting yang wajib ada di aplikasi balas chat marketplace, sekarang ada daftar software chat marketplace terbaik di Indonesia yang bisa kamu coba, diantaranya.

1.Jubelio Chat

Rekomendasi aplikasi chat marketplace gratis yang bisa langsung kamu download melalui dekstop dan smartphone, yaitu Jubelio Chat.

Dengan software chat commerce Jubelio, kamu udah bisa membalas semua pesan dari pelanggan hanya dari satu dashboard saja. Apalagi buat kamu yang emang punya banyak toko online, seperti marketplace dan social commerce. Jadi, nggak perlu lagi deh tuh membalasnya dengan membuka satu persatu marketplace lagi, cukup di satu dashboard udah bisa langsung balas pesan mereka.

Karena aplikasi chat pelanggan ini udah terintegrasi ke semua marketplace milikmu sehingga kamu bisa terhubung lebih cepat dengan calon pembeli dan paling penting software chat marketplace ini bisa digunakan gratis tanpa batasan waktu. Caranya pun mudah, kamu bisa langsung download melalui dekstop maupun smartphone kamu, kemudian tinggal menghubungkan seluruh toko online marketplace ke dalam dashboard.

2.HiToko Chat

HiToko Chat salah satu aplikasi chat marketplace yang bisa menjadi pilihan dalam mengelola pesan dari pelanggan. Aplikasi ini dapat menyinkronisasi pesan sehingga semua pesan pelanggan bisa ditanggapi tepat waktu.

3.Boostr Chat

Aplikasi chat marketplace lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengelola pesan pelanggan, yaitu BoostrChat. Dengan aplikasi ini, kamu dapat menanggapi pesan secara tepat waktu sehingga meningkat dan kepercayaan pelanggan bertumbuh.

 

*Artikel ini hasil kerjasama Jubelio dan Instapay