Seorang pebisnis tentu tidak asing lagi dengan kegiatan riset pasar. Sebab, ada beragam manfaat riset bisnis yang dapat diraih oleh para pelaku bisnis.

Sebagai informasi, market research atau riset pasar adalah sebuah proses di mana perusahaan mengumpulkan informasi atau data secara sistematis untuk kebutuhan bisnis, seperti untuk membuat keputusan lebih baik.

Adapun tujuan utama melakukan riset pasar yaitu untuk memahami pasar terkait produk ataupun layanan dari bisnis tersebut. Pun, ingin mengetahui respons audiens terhadap produk atau layanan bisnis.

Tentunya, proses market research ini sangatlah penting dilakukan. Terlebih jika mengetahui beragam manfaatnya yang memang dapat membantu bisnis lebih berkembang.

7 Manfaat Riset Pasar untuk Bisnis

Inilah manfaat atau keuntungan riset pasar yang dapat dipertimbangkan.

1. Identifikasi Peluang dan Potensi Ancaman

Dengan melakukan riset pasar, Anda dapat mengetahui apa yang sedang diminati oleh pasar. Informasi ini bermanfaat dijadikan peluang untuk mengembangkan bisnis Anda sesuai dengan minat pasar.

Di sisi lain, informasi tersebut pun tentu saja dapat menghindari ancaman dari kemunduran bisnis Anda karena tidak menyesuaikan dengan minat khalayak saat ini.

2. Memperkuat Bisnis

Pengetahuan adalah kekuatan. Gunakan riset pasar untuk mendapat pemahaman yang lebih baik tentang target pasar atau audiens sehingga perusahaan Anda tetap unggul dalam persaingan.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Kreatif yang Paling Menjanjikan di Tahun 2023

3. Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan

Manfaat lain yang dapat diraih yaitu mengetahui kekuatan maupun kelemahan bisnis Anda dan pesaing. Nah, Anda disarankan untuk bekerja sama dengan layanan riset pasar untuk memastikan laporan yang diterima benar-benar tidak memihak.

Gunakan temuan penelitian tersebut untuk beradaptasi, serta belajarlah dari kelemahankelehaman Anda sendiri. Optimalkan pengetahuan baru yang Anda raih untuk membangun bisnis Anda lebih maju.

4. Membuat Rencana Strategis

Manfaatkan hasil dari riset pasar yang telah dilakukan untuk merancang strategi bisnis. Pastikan strategi yang disusun dapat mencapai tujuan bisnis Anda.

5. Membangun Komunikasi dengan Pelanggan

Market research membantu mengidentifikasi dan menyoroti kebutuhan dasar target audiens Anda untuk meningkatkan strategi layanan pelanggan.

Memahami cara menarik perhatian, bahkan bisnis Anda diingat oleh calon pembeli, ini menjadi hal yang menguntungkan.

Sebab, akan membantu membangun hubungan dengan calon pelangganpelangga, yang nantinya akan memengaruhi keuntungan dan memungkikan Anda menjadi pilihan pasar.

Baca juga: Kenali Komunikasi Pemasaran dan Strategi Jitunya untuk Menarik Pelanggan

6. Membuat Iklan yang Menarik

Jangan remehkan iklan, karena iklan diciptakan agar calon pelanggan dapat mempelajari produk baru. Namun, jangan lupa tentukan kebutuhan audiens sebelum kampanye iklan dimulai. Melalui riset pasar, Anda dapat mengetahui kebutuhankebtuhan para calon pelanggan, kemudian hal itu bisa Anda manfaatkan untuk menyusun iklan yang memang sesuai.

7. Profitabilitas Jangka Panjang

Setiap pelaku bisnis berupaya meningkatkan jumlah pelanggan tetap, yang berarti akan berpengaruh juga pada meningkatnya pendapatan dalam jangka panjang.

Fokus pada pertumbuhan jumlah pelanggan bisnis Anda menyebabkan penurunan minat terhadap produk pesaing dan berimplikasi pada masuknya produk serupa ke pasar.

Jenis Riset Pasar

business-people-meeting

Tak hanya manfaat, Anda pun perlu tahu beragam jenis pasar riset, di antaranya yaitu:

1. Wawancara Tatap Muka

Ini termasuk cara konvensional, yakni dengan mewawancarai orang-orang secara acak terkait pengetahuan mereka tentang iklan atau brand tertentu yang muncul di media massa. Data hasil wawancara akan dikumpulkan untuk mengetahui efektivitas iklan tersebut.

2. Focus Group Discussion (FGD)

Kegiatan FGD melibatkan sejumlah kecil perwakilan konsumen yang dipilih untuk mencoba suatu produk ataupun menonton iklan.

Setelah itu, mereka akan diminta umpan balik mengenai persepsinya terhadap produk, merek perusahaan, serta produk kompetitor.

Perusahaan kemudian mengambil informasi tersebut dan mengambil keputusan tentang langkah yang harus dilakukan terhadap produk atau layanan bisnisnya.

3. Wawancara Via Telepon

Ada juga teknik wawancara via telepon. KonteksnyaKonteknya mirip dengan wawancara konvensionalkonvesional, tetapi cara ini dianggap lebih efisien dan hemat biaya.

4. Survei

Survei dapat dilakukan secara konvensionalkonvesional maupun online. Namun, di era digital seperti saat ini, surveisruvei online dianggap lebih efektif untuk dilakukan.

Nah, untuk melakukan riset pasar dengan metode survei online, Anda dapat memanfaatkan layanan Poplite by Populix. Poplite merupakan layanan surveysurvei online mandiri dari Populix untuk membantu kebutuhan bisnis Anda. Buat surveysurvei dan dapatkan umpan balik cepat dari kumpulan responden berkualitas.

Itulah ulasan terkait manfaat riset pasar beserta jenisnya. Untuk kemajuan bisnis Anda, jangan lupa untuk lakukan riset pasar secara tepat.

Artikel ini hasil kerja sama Instapay dan Populix