Ide bisnis kreatif bisa datang dari berbagai sumber. Jika mampu mengembangkan jenis usaha yang tepat, bukan tidak mungkin kamu bisa mempunyai bisnis yang sukses di bidang kreatif. Tidak melulu membutuhkan modal yang besar, sebagai pemula kamu bisa memulainya dengan memilih bisnis kreatif yang minim modal atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Apakah kamu siap menjadi salah satu pebisnis sukses di bidang kreatif? Yuk, temukan berbagai ide bisnis kreatif yang sudah dirangkum dalam artikel ini. Baca sampai akhir ya, Temen Insta!

Ide Bisnis Kreatif

Kreativitas mampu mendatangkan berbagai manfaat, termasuk dalam dunia bisnis. Mengembangkan bisnis kreatif mempunyai tantangannya masing-masing. Simak berbagai ide berikut yang bisa menjadi inspirasi bisnis yang menjanjikan:

1. Agensi Kreatif

Agensi kreatif bisa menjadi ide bisnis kreatif yang menjanjikan. Ada berbagai jenis bisnis yang bisa dilakukan, seperti agensi digital, agensi periklanan, agensi desain, agensi penulis, dan lain sebagainya.

Kamu bisa berkolaborasi dengan rekan terdekat untuk membangun bisnis yang satu ini. Karena adanya tim, kamu juga bisa menawarkan jenis layanan atau produk yang lebih kompleks dan fleksibel untuk memenuhi kebutuhan permintaan klien.

2. Jasa Fotografi

Perkembangan digital membuat masyarakat semakin ingin untuk mengabadikan momen dalam hidup mereka. Namun, tidak semua orang piawai mengoperasikan kamera. Kamu bisa mengambil peluang ini sebagai ide bisnis yang potensial. Jenis fotonya juga beragam, contohnya foto pernikahan, foto wisuda, bahkan pas foto untuk keperluan formal.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Makanan Viral Auto Cuan, Omzet Capai Jutaan Rupiah

3. Bisnis Kerajinan Tangan

kerajinan-tangan

Kerajinan tangan sangat beragam jenisnya. Kamu bisa mengembangkan bisnis sesuai dengan keahlian dan keinginan kamu. Sistem pre order juga bisa menjadi solusi untuk membuat produk hanya sesuai dengan permintaan pelanggan. Sehingga kamu bisa mengalokasikan stok bahan dengan lebih tepat guna.

4. Florist

Bisnis yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki minat pada bunga dan kerajinannya. Rangkaian bunga bisa menjadi pelengkap yang bermakna pada momen-momen spesial. Kamu juga bisa mengembangkannya menjadi bisnis online untuk memperluas jangkauan pasar.

5. Penata Busana

Penata busana atau fashion stylist banyak diminati oleh publik figur yang mempunyai kebutuhan untuk selalu tampil prima di depan kamera. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bekerja untuk keperluan shooting iklan, film, hingga pemotretan majalah. Perluas relasi untuk mendapatkan peluang bisnis yang satu ini.

6. Jasa Dekorasi Kue

Pengguna media sosial pasti tidak asing dengan konten kue-kue cantik, baik dalam bentuk foto atau video. Peluang ini cocok untuk dikembangkan jadi bisnis bagi kamu yang menyukai dunia baking dan dekorasi. Kamu bisa menawarkan konsep kue tematik sesuai dengan tren dan permintaan pelanggan.

Baca juga: 7 Ide Hampers yang Menarik untuk Jualan Online

7. Blogger

Skill menulis bisa kamu kembangkan menjadi peluang bisnis dengan menjadi blogger profesional. Terdapat berbagai jenis jalan yang bisa ditempuh untuk memonetisasi blog. Mulai dari Adsense, backlink collaboration, guest post, paid article dan masih banyak lainnya. Pastikan blogmu mempunyai topik utama yang diangkat agar lebih mudah ditemukan audiens.

8. Jasa Animasi

Karya animasi dapat digunakan di berbagai platform dengan tujuan masing-masing. Misalnya, sebagai bagian dari film pendek, kebutuhan pengiklanan, bahkan campaign layanan masyarakat. Ketersediaan animator juga masih cenderung terbatas sehingga tidak menutup kemungkinan kalau skill animasimu akan banyak dicari.

9. Makeup Artist

Acara spesial seperti pernikahan, wisuda, pemotretan, bahkan shooting film membutuhkan makeup artist profesional. Skill makeup yang kamu miliki bisa diperdalam untuk membangun bisnis makeup artist sesuai dengan segmentasi yang kamu mau. Biasanya, pada titik tertentu seorang makeup artist bisa mempunyai riasan khas yang membuatnya diingat klien.

10. Coffee Shop

coffee-shop

Usaha kuliner satu ini cocok untuk menarik muda-mudi yang gemar dengan kopi. Selain itu, desain interior sebuah coffee shop juga bisa menjadi nilai jual yang tinggi sehingga cocok untuk bercengkrama atau bahkan bekerja dari coffee shop. Pastikan makanan dan minuman yang ditawarkan mempunyai kualitas yang baik, agar pelanggan tidak ragu untuk kembali lagi.

11. Comedy Consultant

Ide bisnis kreatif selanjutnya cukup unik dan masih belum terlalu banyak dikenal masyarakat, tapi cukup diperhitungkan di dunia perfilman. Comedy consultant atau konsultan komedi cocok untuk para komika yang jago mengolah kata menjadi tawa. Proporsi komedi yang pas bisa menjadi daya tarik tambahan sebuah film atau series.

12. Desain Interior

Estetika sebuah ruangan kini menjadi hal yang semakin diperhatikan. Dengan latar belakang pendidikan atau skill yang tepat, kamu bisa membuka jasa desain interior untuk membantu klien mempunyai ruang yang tidak hanya estetik tapi juga tepat guna.

13. Kursus Musik

Kemampuan bermusik tidak hanya ditampilkan di panggung tapi juga bisa dibagikan dengan mengajarkannya melalui kursus. Kamu bisa membuka kursus musik sesuai dengan instrumen alat musik yang kamu miliki. Pasarkan juga di berbagai platform online untuk mempermudah pelanggan menemukan jasa yang kamu tawarkan.

Baca juga: Apa Itu Virtual Account BRI? Ini Cara Buatnya untuk Bisnis

14. Jasa Pembuatan Jingle

Pembuatan Jingle bisa menjadi ide bisnis kreatif yang potensial di tengah maraknya konten digital dan banyaknya brand baru yang bermunculan. Jingle yang tepat bisa menjadi komponen branding yang kuat. Misalnya, jingle Indomie, Tokopedia, dan Lazada yang mudah diingat dan ikonik.

15. Studio Musik

Ruang musik yang kamu miliki bisa dikembangkan menjadi studio musik yang bisa mendatangkan sumber pendapatan untukmu. Tidak sedikit pemusik yang membutuhkan studio tapi terkendala budget atau belum mempunyai studio pribadi. Manfaatkan peluang ini sebagai ide bisnis yang potensial.

16. Galeri Seni

galeri-seni

Seniman memerlukan ruang khusus untuk memamerkan karya mereka. Jika kamu mempunyai ruang kosong yang sesuai dengan kebutuhan seni, kamu bisa membuka galeri seni yang dapat disewakan untuk para seniman.

17. Voice Over

Kemampuan berbicara bisa dikembangkan menjadi ide bisnis kreatif juga, lho. Skill yang satu ini tidak bisa dianggap remeh karena dengan nada dan intonasi yang tepat, sebuah video akan lebih mudah diterima oleh audiens.

18. Penyewaan Baju

Ada jenis pakaian hanya akan dipakai sekali atau beberapa kali saja pada acara khusus. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang memilih untuk menyewa daripada membeli baru. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka penyewaan baju.

Pastikan kamu mengembangkan koleksi pakaian yang sesuai dengan tren dan preferensi pelanggan terkini. Misalnya, penyewaan kebaya pernikahan, penyewaan dress untuk kondangan, dan lain sebagainya.

Baca juga: 7 Tips Jitu untuk Mengembangkan Bisnis Fashion

19. Product Designer

Dalam konteks digital, product designer adalah orang yang bertanggung jawab atas tampilan visual dan pengalaman pengguna sebuah produk digital, misalnya aplikasi mobile atau tampilan desktop.

Kemampuan desain ini tidak harus ditempuh melalui pendidikan formal. Kamu bisa mendapatkannya dengan berbagai pelatihan dan tutorial yang tersedia di internet. Pastikan kamu mempunyai portofolio yang bisa dibagikan ke calon klien untuk meningkatkan kepercayaan mereka.

20. Content Creator

Content creator juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan di tengah banyaknya konsumsi konten digital. Kamu bisa membuat konten foto, video, atau bahkan audio untuk dibagikan ke audiens.

21. Studio Tari

Studio tari menjadi tempat yang tidak hanya menarik untuk mereka yang ingin menjadi penari profesional, tapi juga bagi mereka yang ingin melakukannya sebagai hobi. Kamu bisa membuka berbagai jenis kelas tari dalam studio tersebut. Sistem monetisasinya bisa per sesi atau bahkan membership dalam kurun waktu tertentu.

22. Toko Perlengkapan Seni

Ide bisnis kreatif yang selanjutnya adalah membuka toko perlengkapan seni. Misalnya dengan menjual kanvas, alat lukis, cat, manik-manik, dan lain-lain. Untuk meningkatkan penjualan, kamu bisa juga membuka toko secara online. Bagikan foto dan deskripsi produk dengan lengkap agar pelanggan bisa langsung membeli tanpa banyak bertanya pada kolom chat.

23. Event Organizer

Kelancaran sebuah acara turut bergantung pada kemampuan penyelenggaranya. Oleh karena itu, tidak jarang jasa event organizer akan dibutuhkan. Kamu juga bisa membuat jasa organizer khusus, misalnya wedding organizer yang mendalami alur terselenggaranya acara pernikahan dengan lebih detail.

Baca juga: Cara Membuat Toko Online yang Mudah untuk Pemula

24. Hair Stylist

Keahlian menata rambut atau hair stylist juga mempunyai nilai yang tinggi, lho. Kamu bisa memulai bisnis secara individu, kemudian mengembangkan bisnis menjadi salon rambut dengan pilihan layanan yang lebih kompleks. Pastikan kamu mempunyai pelatihan khusus dengan detail agar mampu membuat gaya rambut yang sesuai dengan permintaan pelanggan.

25. Bisnis Aksesoris

Aksesoris merupakan kerajinan kreatif yang banyak diminati masyarakat Indonesia, baik untuk dipakai pribadi atau dibagikan sebagai cendera mata. Kamu bisa merangkai sendiri aksesoris yang akan dijual, atau bisa juga membelinya dari supplier untuk menghemat waktu dan tenaga.

Setelah memastikan jenis bisnis yang ingin dikembangkan, pastikan kamu mempunyai alur pembayaran online yang mudah dan aman. Instapay adalah platform pembayaran online yang dapat dikelola melalui aplikasi mobile tanpa integrasi rumit.

Buat invoice link melalui aplikasi lalu bagikan ke pelanggan dalam bentuk link. Pelanggan bisa membayar melalui browser tanpa perlu download aplikasi tambahan. Pelajari Instapay Selengkapnya >>>

Demikian ulasan tentang ide bisnis kreatif yang diharapkan mampu menambah referensi bisnismu di bidang kreatif. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment