Cara bisnis online yang efektif tidak selamanya harus rumit. Dengan bantuan teknologi, pemilik bisnis bisa mempunyai alur bisnis yang lebih mudah dan praktis. Terutama untuk pemula yang masih merintis usaha, mengeksplorasi cara dan strategi terkini bisa menjadi referensi yang berpotensi meningkatkan perkembangan bisnis.

Instapay telah merangkum dengan ringkas berbagai cara bisnis online yang relatif sederhana untuk diterapkan, terutama untuk pemula. Temukan rangkaian cara tersebut dalam artikel ini, yuk. Baca sampai akhir ya, Temen Insta.

Cara Bisnis Online yang Efektif

cara-bisnis-online-efektif

Setiap bisnis tentunya mempunyai karakteristik khusus yang bisa jadi berbeda antara satu dengan yang lainnya. Namun, rangkaian cara berikut bersifat universal yang cocok diaplikasikan untuk pemula. Cara bisnis online yang efektif di antaranya adalah:

1. Mulai dari Produk Sederhana

Sebagai pemula, pada umumnya masih mempunyai jumlah sumber daya yang terbatas. Misalnya, dari sisi biaya, jumlah pekerja, kelengkapan alat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kamu bisa mulai membuat produk yang sederhana dan sesuai dengan kemampuan bisnismu.

Produk yang cenderung sederhana dan familier pada umumnya lebih mudah dipasarkan secara online karena mempunyai peminat yang relatif luas. Kamu bisa menambahkan nilai unik pada produk tersebut pada produk tersebut sebagai pembeda.

Baca juga: Cara Membuat Bisnis Online untuk Pemula Agar Cepat Cuan

2. Bangun Media Sosial

Media sosial kini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat modern, khususnya untuk generasi millenial dan generasi z. Bangun akun media sosial kamu menggunakan konten-konten yang menarik sesuai dengan target audiens yang diharapkan bisnismu.

Konten media sosial yang menarik tidak harus menggunakan desain canggih atau kata-kata rumit. Kunci utamanya adalah membuat konten dengan informasi yang tepat dan sesuai dengan target pelanggan yang diinginkan. Kamu bisa mulai membuat konten meskipun dengan desain yang sederhana.

3. Manfaatkan Traffic Organik Website

Selain media sosial, kamu juga bisa memanfaatkan traffic organik dari website. Untuk mendapatkan traffic organik yang optimal kamu bisa mengaplikasikan teknik Search Engine Optimization atau dikenal dengan SEO.

Teknik SEO membantu website milikmu lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan melalui mesin pencari, misalnya Google. Sehingga saat calon pelanggan menuliskan kata kunci tertentu pada mesin pencari, website kamu dapat muncul pada halaman awal mesin pencari tersebut.

Traffic organik SEO pada umumnya memerlukan waktu yang lebih lama untuk bisa menunjukkan hasil. Namun jika sudah mampu mencapai hasil yang optimal, maka akan sangat membantu mengurangi biaya pemasaran karena bisa dilakukan secara cuma-cuma. Oleh karena itu, dibutuhkan konsistensi dalam menekuni teknik digital yang satu ini.

4. Jalankan Paid Ads

Paid ads atau iklan berbayar bisa menjadi solusi untuk mendapatkan hasil yang instan dibandingkan dengan langkah organik. Sehingga, bila strategi paid ads dan organik dilakukan secara beriringan akan mampu menjadi cara bisnis online yang efektif karena saling melengkapi.

Ads tersebut dapat kamu lakukan di media sosial misalnya Meta Ads ataupun mesin pencari misalnya Google. Jika sumber daya yang tersedia masih terbatas, kamu bisa memulainya dengan salah satu channel terlebih dahulu. Misalnya ingin fokus pada Meta Ads saja atau Google Ads saja. Namun, pastikan kalau channel tersebut adalah yang paling sesuai dengan target pelanggan, ya.

Baca juga: Bedah 10 Media Promosi Online yang Potensial untuk Berbagai Jenis Bisnis

5. Buat Kolaborasi

Cara bisnis online yang selanjutnya adalah dengan membuat kolaborasi. Nah, kolaborasi yang dilakukan bisa sangat beragam sesuai dengan kondisi bisnismu. Misalnya dengan kolaborasi dengan brand lain, komunitas, organisasi non profit, hingga media digital.

Kolaborasi ini bisa membantu memperluas brand awareness bisnis kamu sehingga bisa dikenal oleh lebih banyak orang. Jika kamu masih bingung akan memulai kolaborasi dengan siapa, kamu bisa memulainya dengan yang paling sesuai dengan bisnismu, ya. Misalnya jika bergerak di bidang fashion, maka kamu bisa berkolaborasi dengan komunitas pecinta fashion.

6. Bagikan Testimoni Pelanggan

Pemilik bisnis bisa membagikan testimoni pelanggan di platform online untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Testimoni yang jujur dan autentik akan menjadi bahan pertimbangan penting bagi pelanggan sebelum membeli sebuah produk terutama jika berbelanja secara online.

Bagikan testimoni tersebut di akun media sosial atau lama website milikmu sesuai dengan apa yang disampaikan pelanggan. Kamu bisa membuat kompilasi dari berbagai testimoni tersebut agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan yang mengunjungi platform online milikmu.

7. Gunakan Pembayaran Online Efektif

Karena bisnis dilakukan secara online, maka pembayaran yang kamu gunakan juga tentunya menggunakan sistem online. Untuk mempermudah proses transaksi, kamu bisa menyediakan alur pembayaran online yang praktis dan aman. Platform pembayaran online yang cocok untuk pemula bisnis adalah Instapay.

Kamu bisa membuat online invoice mudah dari aplikasi kemudian membagikan invoice tersebut ke pelanggan dalam bentuk link. Selanjutnya pelanggan dapat membayar tagihan tersebut secara online menggunakan berbagai metode pembayaran online yang tersedia. Baca lebih lanjut tentang Instapay >>>

Itulah ulasan tentang berbagai cara bisnis online yang cocok diaplikasikan untuk pemula bisnis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bisnis kamu, ya. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment