Tidak dapat dipungkiri media sosial adalah platform yang potensial untuk pemasaran bisnis, termasuk bagi UMKM. Oleh karena itu, penting untuk membuat ide konten yang tepat agar dapat menarik calon pelanggan. Penasaran konten apa saja yang bisa mengembangkan bisnismu? Simak artikel ini sampai akhir ya, Temen Insta!

Daftar Ide Konten

Konten yang menarik tidak harus menggunakan desain canggih atau kata-kata rumit. Kunci utamanya adalah membuat konten dengan informasi yang tepat dan sesuai dengan target pelanggan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa ide konten yang bisa diaplikasikan untuk UMKM:

1. Pengenalan Produk

Bagaimana pelanggan bisa tertarik untuk membeli jika tidak memahami produk yang ditawarkan? Oleh karenanya, perlu membuat konten edukatif yang mampu mengemas informasi produk dengan rinci tapi tetap sederhana agar mudah dipahami. Sebaiknya setiap konten tertuju pada satu jenis produk agar bisa fokus dan tersampaikan dengan baik.

2. Kreasi Penggunaan Produk

Contoh konkret penggunaan produk mampu menarik minat pelanggan dengan lebih mudah. Misalnya jika produk yang ditawarkan adalah roti tawar, maka ide konten yang bisa dibuat adalah inspirasi menu sarapan menggunakan roti tawar seperti dibuat menjadi toast, sandwich, roti bakar bandung, dan lain-lain.

3. FAQ

Frequently Asked Question (FAQ) adalah kumpulan pertanyaan yang sering disampaikan pelanggan. Konten ini bisa membantu pelanggan untuk tidak menanyakan pertanyaan yang sama berkali-kali. Admin media sosial juga akan terbantu dengan adanya FAQ yang tertera di awal.

4. Testimonial

Konten ini sangat bermanfaat untuk mendapatkan kepercayaan calon pelanggan baru. Sebaiknya, gunakan testimoni jujur dari pelanggan yang benar-benar membeli produk. Berikan pelayanan sebaik mungkin pada pelanggan agar mereka dengan suka rela memberikan reviewnya.

5. Giveaway

Salah satu magnet untuk menarik perhatian audiens adalah dengan membuat giveaway. Biasanya giveaway ini dikemas dalam bentuk kuis atau games yang bisa dijawab oleh audiens. Selain itu, ada pula yang mengadakan giveaway melalui review produk. Sehingga selain testimoni produk bertambah, perhatian massa juga meningkat yang bisa berujung meningkatkan followers media sosial.

6. Informasi Menarik Sesuai Audiens

Tidak melulu tentang produk atau jasa yang dijual, halaman media sosial UMKM kamu juga bisa divariasi dengan membagikan informasi menarik. Pastikan untuk memahami jenis informasi apa yang diminati calon pelanggan. Misalnya tips menjaga kebersihan kamar mandi untuk usaha cleaning service, cara mengatur pola makan untuk bisnis catering diet, dan lain-lain.

7. Cerita Inspiratif

Kisah inspiratif dari seseorang atau sekelompok orang mampu menyentuh sisi emosional follower. Ada baiknya jika kisah yang diangkat masih berhubungan dengan bisnis UMKM yang diangkat. Selain itu, bisa juga menggunakan kisah yang sedang tren agar makin banyak orang mengunjungi halaman media sosial bisnis.

Demikian ulasan lengkap mengenai ide konten kreatif yang bisa diaplikasikan di media sosial bisnismu. Nah selain konten yang menarik, berikan juga pelayanan terbaik untuk pelanggan. Instapay memberikan solusi e-catalog yang siap membantu jualan di media sosial.

Link catalog bisa dibuat GRATIS dalam aplikasi dan bagikan ke berbagai platform media sosialmu. Klik di sini untuk memahami lebih lanjut, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment