Ide bisnis makanan viral semakin berkembang dari hari ke hari. Agar cuan bisnis semakin mengalir, kamu bisa terus mengikuti perkembangan tren makanan viral dan memilih menu apa yang akan kamu kembangkan untuk dijual ke pelanggan.

Makanan populer tidak selalu memerlukan proses rumit dalam pembuatannya. Kamu bisa memilih produk makanan yang relatif sederhana atau bahkan menjual kembali produk makanan viral dari supplier. Simak berbagai ide bisnis makanan viral berikut yang bisa menjadi inspirasi usaha di tengah tren perkembangan digital. Baca sampai akhir ya, Temen Insta!

Ide Bisnis Makanan Viral

Pesatnya pertumbuhan media digital membuat masyarakat semakin tertarik dengan perkembangan tren yang ada. Termasuk dalam bidang food and beverage atau kuliner. Jika kamu ingin memasukkan makanan viral sebagai bagian dari produk yang kamu jual, maka ulasan berikut adalah salah satu referensi yang tepat.

Berikut daftar ide bisnis makanan viral yang cocok untuk dikembangkan:

1. Tunacado

Tunacado adalah roti lapis atau sandwich yang berisi tuna, alpukat, sayuran, dan saus. Ciri khasnya adalah roti yang dipanggang garing sehingga memberikan kesan renyah saat disantap. Roti lapis ini mulai viral di media sosial TikTok.

Tunacado sandwich awalnya merupakan salah satu menu waralaba asal eropa, Joe & The Juice, yang kini juga dikenal luas di Indonesia. Makanan ini bisa menjadi salah satu ide bisnis makanan viral yang patut dicoba. Kamu bisa memodifikasi menunya sesuai sumber daya yang kamu punya.

Baca juga: Strategi Bisnis Restoran untuk Meningkatkan Penjualan

2. Bluder Susu

Bluder adalah perpaduan antara roti dan cake. Sehingga mempunyai tekstur lembut yang khas, berserat tapi tetap lembut untuk dimakan. Makanan ini cukup terkenal di daerah Jawa Timur, kini menjadi viral dan semakin dikenal di berbagai wilayah Indonesia. Masyarakat menikmati bluder dengan susu untuk meningkatkan cita rasanya.

3. Latiao

Salah satu kudapan populer dari Tiongkok yang juga viral di Indonesia adalah Latiao. Bahan utama dari makanan ini adalah tepung gandum dan minyak cabai. Latiao berbentuk stick panjang berwarna merah dengan rasa khas yang gurih dan pedas. Jika membuat kudapan ini dianggap terlalu rumit, kamu bisa menjual kembali latiao dari supplier.

4. Mochi Daifuku

Daifuku adalah salah satu makanan khas jepang yang mempunyai bahan utama tepung Mochinko. Daifuku adalah jenis mochi yang mempunyai ciri khas isian manis seperti kacang merah atau stroberi. Kudapan ini adalah pencuci mulut yang unik dan digemari pecinta dessert hingga makanan manis.

5. Bomboloni

Ide bisnis makanan viral yang selanjutnya adalah kudapan khas Italia, bomboloni. Kudapan ini adalah salah satu jenis donat yang mempunyai ciri khas isian yang penuh seperti selai stroberi, krim kocok, dan lain sebagainya. Kamu bisa memodifikasinya sehingga menciptakan menu unik untuk ditawarkan ke pelanggan.

6. Corndog

Corndog ala Korea adalah salah satu makanan viral yang digemari masyarakat lokal. Makanan ini terbuat dari sosis yang dibaluri adonan tepung kemudian digoreng di minyak panas sampai coklat keemasan. Selain itu, kamu juga bisa memodifikasi isian corndog dengan keju mozarella atau menambahkan kentang goreng sebagai pelapis corndog.

Pembuatan makanan ini cenderung sederhana dan bahan-bahan yang dibutuhkan dapat ditemukan dengan mudah di supermarket terdekat. Makanan ini cocok dinikmati sebagai teman nonton film hingga bekal untuk piknik.

Baca juga: 10 Ide Jualan Makanan Paling Laris, Cocok untuk Pemula

7. Es Krim Unik

Beberapa content creator di media sosial bereksperimen membuat es krim dengan rasa unik atau bahkan terdengar aneh. Salah satu yang terkenal adalah Sisca Kohl dengan berbagai menu es krim uniknya, seperti es krim cheetos hingga es krim rasa bebek peking.

Kamu juga bisa bereksperimen membuat es krim unik khas kedaimu sendiri untuk menarik perhatian pelanggan. Pastikan untuk melakukan uji rasa terlebih dahulu sebelum memasukkan es krim hasil kreasimu ke dalam menu.

8. Crispy Baby Crab

Baby crab adalah salah satu bahan makanan yang unik dan menarik perhatian. Nyatanya, baby crab ini bisa digoreng garing menjadi menu olahan yang renyah. Kamu bisa memasukkan makanan ini sebagai salah satu ide bisnis makanan viral jika kamu bisa menemukan baby crab segar di sekitarmu.

9. Croffle

Sampai saat ini menu makanan viral yang satu ini masih diminati pelanggan. Cara pengolahan yang sederhana dan rasanya yang enak membuatnya menjadi kudapan yang digemari berbagai kalangan. Kamu bisa menambahkan berbagai topping sebagai penambah cita rasa dari menu croffle yang kamu tawarkan.

10. Ikan Shishamo

Kepopuleran ikan yang satu ini bermula dari Rayyanza, putra dari Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Ikan asal Jepang ini mempunyai telur yang melimpah dan cita rasa yang khas. Hal tersebut membuat banyak orang menjadi penasaran dan ingin mencoba langsung ikan yang satu ini.

Kamu bisa menambahkan olahan ikan shishamo ke dalam menu di restoranmu untuk menarik pelanggan. Ikan yang satu ini bisa dimasak dengan sederhana seperti digoreng kering dan disantap bersama saus cocolan.

Selain mengembangkan bisnis dengan merambah menu makanan viral, kamu juga perlu menyediakan alur pembayaran yang mudah untuk pelanggan. Opsi pembayaran online adalah solusi untuk beradaptasi terhadap tren transaksi terkini.

Kamu bisa menyediakan pembayaran online untuk pelanggan dengan mudah pakai aplikasi mobile Instapay. Instapay adalah bagian dari iFortepay yang sudah berlisensi dan menyediakan pembayaran aman. Tersedia berbagai metode pembayaran online yang bisa dikelola dengan praktis dari satu aplikasi.

Demikian ulasan tentang ide bisnis makanan viral yang bisa menjadi inspirasi kamu untuk memulai usaha atau bahkan mengembangkan bisnis. Semoga informasi ini membantu, ya. Selamat berbisnis, Temen Insta!