Ide bisnis mahasiswa yang cocok untuk pemula biasanya yang relatif mudah dilakukan dan tidak memerlukan modal besar. Hal tersebut menyesuaikan dengan jadwal kegiatan mahasiswa yang cukup padat karena harus membagi waktu dengan aktivitas akademis dan kesibukan bisnis.

Jika kamu adalah salah satu mahasiswa yang ingin memulai bisnis, maka artikel ini adalah pilihan yang tepat karena terdapat berbagai ide bisnis mahasiswa yang bisa menjadi inspirasi. Apa saja ide bisnisnya? Simak selengkapnya yuk, Temen Insta!

Ide Bisnis Mahasiswa yang Menjanjikan

ide-bisnis-mahasiswa-tanpa-modal

Berikut ini adalah daftar ide bisnis mahasiswa yang bisa kamu pilih untuk dikembangkan. Pastikan untuk mempertimbangkan sumber daya dan ketertarikan yang kamu miliki sebelum memulai sebuah bisnis agar sesuai dengan kondisi ideal kamu.

1. Bisnis Fashion

Selain sebagai kebutuhan dasar manusia, pakaian juga telah menjadi gaya hidup yang penting bagi banyak orang. Oleh karena itu, bisnis fashion adalah salah satu jenis usaha yang selalu diminati pelanggan dari waktu ke waktu.

Kamu bisa memulai bisnis fashion skala kecil dengan menjualnya ke teman-teman terdekat. Selain itu, bisa juga menjalankan bisnis ini dengan skema pre order. Sehingga kamu hanya perlu memasok produk sesuai dengan permintaan pelanggan.

Baca juga: 7 Tips Jitu untuk Mengembangkan Bisnis Fashion

2. Reseller

Dikutip dari halaman Kemenkop UKM, diketahui bahwa reseller adalah orang atau pelaku bisnis yang membeli produk dari para berbagai pihak lain. Namun bukan dengan tujuan untuk dikonsumsi atau digunakan sendiri, melainkan dijual kembali demi memperoleh keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

3. Dropshipper

Sekilas, dropshipper sering dianggap sama dengan reseller. Namun, kedua hal ini sebenarnya berbeda. Dropshipper adalah orang yang menjual produk dari pemasok ke target pelanggan. Dropshipper cenderung membutuhkan model minim bahkan nol karena tidak perlu menyetok dan menyimpan produk, melainkan langsung dikirimkan pemasok ke pelanggan.

4. Bisnis Preloved

Ide bisnis mahasiswa yang satu ini juga tergolong membutuhkan modal yang rendah. Namun, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran yang cukup untuk menemukan supplier yang tepat dan memilah-milah barang yang masih layak untuk dijual.

Kamu bisa meningkatkan nilai jual produk kamu dengan me-laundry terlebih dahulu produk pilihan yang dijual. Selain itu, kamu juga bisa memasarkannya di internet dan menjadi bisnis online untuk mendapatkan pasar lebih luas.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis Online

5. Bisnis FnB

Selanjutnya adalah ide bisnis yang cukup populer, yaitu FnB. usaha FnB atau Food and Beverage adalah bidang usaha yang bertugas menyediakan makanan dan minuman untuk pelanggan. Karena berhubungan dengan makanan dan minuman, maka bidang usaha ini berkaitan erat dengan evaluasi rasa, konsep menu, padu-padan warna, dan kekuatan aroma.

Sebagai mahasiswa, kamu bisa juga menjual kembali jajanan atau makanan yang dimasak pemasok. Kemudian, menjualnya kembali ke orang-orang terdekat.

6. Hampers

Hampers bisa menjadi simbol yang hangat untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga, teman, hingga kolega bisnis. Ide hampers pun semakin bervariasi mengikuti kebutuhan pasar dengan rentang harga yang juga sangat bervariasi, mulai dari murah hingga mewah.

Jika ditinjau lebih dalam, kondisi ini bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, lho. Terutama untuk kamu yang gemar membuat prakarya kreatif dan menyukai hal-hal yang berbau estetika. Pilihlah target pasar yang tepat sesuai momentum yang ada agar bisnis hampers bisa semakin berkembang.

7. Jasa Penerjemah

Ini adalah ide bisnis mahasiswa yang cocok bagi kamu yang menguasai lebih dari satu bahasa. Biasanya jasa penerjemah bisa berupa dokumen, subtitle video, hingga script sebuah konten. Perhatikan juga tata bahasa dan kesesuaian gaya bahasa sesuai konteks dan kebutuhan klien.

8. Freelance Writer

Salah satu jenis usaha yang paling umum bagi mahasiswa adalah bidang penulisan. Berbagai skill bisa dipasarkan dalam bidang penulisan, di antaranya: content writing, copywriting, technical writing, hingga resume writing. Namun, kamu tetap bisa mengeksplor skill lebih lanjut untuk membuat bidang yang kamu tekuni lebih spesifik. Misalnya dengan mempelajari SEO, kamu bisa menjadi SEO content writer.

Baca juga: Pahami Gig Economy: Dampak dan Peluang Kerjanya

9. Les Privat

Les privat juga bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang menjanjikan bagi seorang mahasiswa. Jika sudah mempunyai jaringan yang lebih luas, kamu bahkan bisa membuat lembaga bimbingan belajarmu sendiri. Saat ini, marak les privat secara online yang mempermudah proses belajar.

10. Jasa Desain

Jasa desain grafis adalah salah satu jasa yang sangat dibutuhkan di era modern. Tidak hanya untuk pemasaran, ada banyak calon klien yang membutuhkan jasa ini untuk kebutuhan personal branding, desain kemasan, hingga pembuatan sticker yang dijual kembali. Baca peluang sejelas mungkin, untuk mengembangkan usaha di bidang ini.

11. Fotografi

Bidang fotografi memang masih menjadi salah satu ide bisnis mahasiswa yang cukup populer. Kamu bisa menawarkan jasa fotografi di momen spesial seperti wisuda, pernikahan, hingga acara kampus. Selain itu, kamu bisa membuat original photo untuk dijual kembali ke klien.

12. Bisnis Aksesoris

Bisnis aksesoris pada umumnya cenderung diminati perempuan. Misalnya gelang dengan desain unik dan lucu, atau rangkaian bandana warna-warni. Namun, kamu bisa juga merambah pasar pria dengan menyediakan desain dan jenis produk yang sesuai dengan target pasar kamu. Pastikan untuk mendapat supplier yang tepat untuk mendapatkan harga dan kualitas terbaik.

13. Bisnis Kaos Custom

kaos custom juga menjadi peluang bisnis yang menarik mengingat banyaknya kegiatan di sekitar kampus yang membutuhkan kaus sebagai seragam atau merchandise. Buatlah kaos custom dengan kualitas terbaik sesuai harganya agar pelanggan tidak ragu membeli dalam jumlah besar.

14. Editing Video

Ide bisnis mahasiswa selanjutnya adalah editing video. Jenis video yang diedit tidak melulu video panjang seperti video Youtube atau film pendek. Namun, bisa juga video-video singkat seperti Instagram Reels atau Youtube Shorts. Jika mempunyai yang sudah berkembang, kamu bahkan bisa membangun agensi sendiri.

15. Jasa Pembuatan Website

Jasa pembuatan website adalah salah satu jasa yang banyak diminati di era modern seperti saat ini. Website menjadi platform informasi yang penting bagi sebuah bisnis untuk menampilkan produk dan layanannya pada pelanggan. Bahkan website-website tertentu bisa dihubungkan langsung dengan katalog produk.

Baca juga: 4 Tips Membuat Katalog Produk yang Menarik dan Informatif

16. Service Elektronik

Ide bisnis yang satu ini mungkin terdengar cukup asing bagi kalangan mahasiswa. Namun, bagi kamu yang memang mempunyai keahlian di bidang ini, jangan ragu untuk memanfaatkannya sebagai peluang usaha. Pilihlah jenis elektronik yang memang dikuasai. Misalnya, service laptop, printer, hp, dan lain-lain.

17. Merchandise K-Pop

Bisnis merchandise K-Pop nyatanya mempunyai pasar yang cukup besar di Indonesia. Apalagi jika menyangkut idola, calon pelanggan pada umumnya tidak ragu untuk mengeluarkan uang demi mendapatkan produk yang diinginkan. Pastikan produk yang dijual sesuai klaim, misalnya original atau desain tiruan.

18. Jasa Ketik

Jasa ketik biasanya dibutuhkan untuk pembuatan dokumen, seperti proposal, makalah, laporan, dan lain sebagainya. Buatlah tarif sesuai target pasar. Pada umumnya, jasa tersebut dihitung per kata dalam daftar harganya.

19. Bisnis Tas

Tas adalah salah satu produk yang digemari pelanggan dan berkaitan erat dengan gaya berbusana seseorang. Sebagai pemula, kamu bisa memasarkan produk yang dipasok dari supplier terdekat di lingkungan tempat tinggalmu. Jika kamu menyukai tas, maka akan menjadi tambahan motivasi mengingat tas memang menjadi produk yang kamu sukai. Pilihlah tas yang sesuai dengan target market, dari sisi desain, kualitas, hingga harga.

Baca juga: Mengenal Target Pasar dan Cara Menentukannya

20. Bisnis Kosmetik

Pada dasarnya, ide bisnis mahasiswa bisa diambil dari kebutuhan sehari-hari seperti skincare. Dengan mudahnya akses informasi, masyarakat terutama gen z semakin peduli dengan kesehatan kulit dan penampilan. Kamu bisa memasarkannya melalui media sosial agar lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Nah, setelah mengetahui jenis bisnis apa yang ingin dikembangkan. Pastikan kamu memberikan opsi pembayaran yang mudah dan efektif. Gunakan pembayaran online Instapay untuk menerima transaksi pembayaran dari pelanggan. Baca selengkapnya >>

Itulah berbagai ide bisnis mahasiswa yang bisa menginspirasi kamu untuk memulai usaha. Semoga perjalanan bisnismu berjalan dengan lancar ya, Temen Insta. Artikel tentang apa lagi yang harus kami berikan? Tulis rekomendasi kamu di kolom komentar, yuk!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment