Salah satu bisnis yang cukup populer saat ini adalah reseller. Mengingat tahap memulainya yang relatif mudah, dan tidak membutuhkan keahlian khusus. Tidak heran hal ini membuat banyak pemula ingin menekuni bisnis jenis ini.

Namun, apa sebenarnya bisnis yang disebut reseller itu? Temukan jawabannya beserta berbagai informasi penting mengenai bisnis yang satu ini dalam artikel berikut. Baca sampai akhir yuk, Temen Insta!

Apa Itu Reseller?

Mari kita awali dengan memahami pengertian reseller terlebih dahulu. Dikutip dari halaman Kemenkop UKM, diketahui bahwa reseller adalah orang atau pelaku bisnis yang membeli produk dari para berbagai pihak lain. Namun bukan dengan tujuan untuk dikonsumsi atau digunakan sendiri, melainkan dijual kembali demi memperoleh keuntungan dari hasil penjualan tersebut.

Jadi, secara sederhana bisa kita ketahui bahwa kegiatan bisnis ini adalah menjual kembali produk yang dijual oleh pihak lain. Sama seperti namanya yang diambil dari bahasa Inggris yaitu: “re” yang berarti kembali, “sell” yang berarti menjual, dan “er” yang berarti pelaku dari kegiatan tersebut.

Agar lebih memahaminya, mari kita ambil contoh berikut: A membeli produk pakaian wanita pada B. Kemudian A menjual kembali pakaian tersebut dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapat keuntungan. Hal ini yang disebut dengan reseller. Pembelian tersebut dapat dilakukan baik secara online maupun offline.

Keuntungan Bisnis Reseller

Seperti yang kita telah pahami sebelumnya, bisnis reseller adalah membeli produk ke pihak lain. Hal ini tentu memangkas proses produksi karena tidak perlu membuat produk dari awal. Ditambah lagi, bisnis jenis ini juga menghemat biaya produksi sehingga cocok untuk pemula mengingat tidak perlu melakukan trial dan error untuk menemukan formula yang tepat.

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan adalah adanya ketersediaan pasar. Banyak bisnis besar yang menawarkan opsi kemitraan reseller secara terbuka. Sehingga dapat diberikan harga spesial dan turut menjual produk yang memang telah digemari target pasarnya. Jika mampu membaca peluang dengan baik, pemula bisnis mampu mendapatkan keuntungan yang besar dari skema bisnis ini.

Selain itu, bisa memberikan opsi always ready stock pada pelanggan mengingat pemilik bisnis bisa menyetok terlebih dahulu produk-produk yang ingin dijual. Pastikan jumlah produk yang dimasukkan ke dalam stok sesuai kebutuhan agar tidak mengganggu cash flow dari bisnis yang dijalankan.

Baca juga: 5 Strategi Promosi Ampuh untuk Pemula Bisnis [Beserta Contoh]

Cara Memulai Bisnis Reseller

cara memulai reseller

Setelah mengetahui pengertian dan keuntungannya, kini mari kita pahami tentang cara memulai bisnis reseller. Berikut rangkaian cara sederhana yang bisa kamu lakukan jika ingin sukses dalam memulai bisnis jenis ini:

1. Lakukan Riset

Bisnis jenis ini sebenarnya tidak terlalu rumit, tapi pastikan bahwa kamu telah melakukan riset sebagai tahap awal sebelum mulai menjual kepada pelanggan. Riset bisa dilakukan dengan sederhana seperti mengamati kondisi sekitar dan menentukan target pasar yang dituju. Kemudian tentukan produk yang sesuai untuk dijual kepada calon pelanggan.

Baca juga: Mengenal Bisnis Ramah Lingkungan dan Beragam Contohnya

2. Tentukan Supplier yang Tepat

Langkah ini adalah hal yang sangat vital. Pastikan kamu mendapatkan produk dari supplier yang tepat. Jika perlu, kamu mencoba terlebih dahulu produk sebelum menjualnya kembali ke pelanggan. Sebelum membeli dalam jumlah yang besar, beri tahu ke supplier bahwa kamu adalah reseller untuk mendapatkan harga khusus.

Pada umumnya supplier cukup terbuka kepada reseller karena turut mendukung pertumbuhan penjualan mereka. Selain itu, pastikan ketersediaan produk bisa diandalkan sehingga tidak mengecewakan pelanggan jika stok terus menerus kosong ke depannya.

3. Pasarkan Secara Online

Tahap yang tidak kalah penting adalah pemasaran dan promosi penjualan. Bagaimana mungkin pelanggan membeli produkmu jika mereka tidak tahu bahwa produkmu dijual, bukan? Salah satu media paling ampuh untuk promosi saat ini adalah media online. Kamu bisa memulainya dengan membuat akun media sosial tentang produkmu atau bahkan bisa dimulai dari akun media sosial pribadimu.

Karena pemasaran dilakukan secara online, kini pemilik bisnis juga menyediakan alur transaksi toko online yang mudah untuk pelanggan menggunakan Instapay. Instapay adalah aplikasi mobile yang menyediakan berbagai kebutuhan bisnis, salah satunya website toko online.

Buat sendiri website toko online tanpa skill coding cukup dari aplikasi mobile. Platform toko online ini berisi katalog produk yang dilengkapi dengan keranjang belanja, metode pembayaran, hingga opsi pengiriman. Kabar baiknya lagi, fitur toko online Instapay dapat digunakan secara GRATIS tanpa dipungut biaya. Klik di sini untuk mempelajari >>>

Demikian ulasan mengenai reseller yang mampu membantu pemula bisnis. Terima kasih sudah membaca sampai akhir ya, Temen Insta. Yuk tulis di kolom komentar, artikel apa yang harus dibuat selanjutnya!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment