Strategi promosi menjadi bagian vital dalam aktivitas marketing. Baik dari skala bisnis besar hingga bisnis pemula yang masih baru merintis. Strategi yang tepat mampu mempercepat pertumbuhan bisnis dengan mendongkrak penjualan dan memperluas brand awareness.

Namun, menyusun sebuah strategi promosi terkadang dianggap sebagai hal yang rumit dan sangat sulit untuk dilakukan oleh pemula bisnis. Oleh karena itu, Instapay telah merangkum berbagai strategi promosi yang ampuh dan tentunya cocok untuk pemula. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ya, Temen Insta.

Mengenal Strategi Promosi

Dikutip dari India Times, promosi merujuk pada rangkaian kegiatan yang mengkomunikasikan produk, brand, dan layanan untuk pelanggan atau pengguna. Tujuannya adalah membuat masyarakat semakin sadar, tertarik, dan membujuk untuk membeli produk.

Sehingga strategi promosi adalah strategi yang disusun sedemikian rupa untuk menjalankan aktivitas promosi dengan efektif. Strategi tersebut dapat sangat beragam disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing bisnis. Namun, terdapat rangkaian strategi umum yang dapat diterapkan ke berbagai bisnis.

Nah, aktivitas promosi kini juga bisa dilakukan tidak hanya secara konvensional melalui media cetak tapi juga menggunakan platform digital. Jenis strategi juga bisa disesuaikan dengan platform promosi yang digunakan agar tepat guna dan mampu memberikan hasil yang sesuai dengan target.

Strategi Promosi untuk Pemula

contoh-strategi-promosi

1. Identifikasi Target Pasar

Langkah sederhana yang berdampak besar dalam strategi promosi adalah mengidentifikasi target pasar yang kamu tuju. Dengan memahami target pasar secara seksama, pemilik bisnis mampu menyusun strategi yang tepat sesuai dengan karakter target pasar.

Jadi, target pasar adalah sekumpulan orang atau organisasi yang dinilai mampu menjadi sasaran untuk penawaran bisnis. Atau secara sederhana, target pasar adalah orang yang menjadi calon pelangganmu.

Contoh aktivitas yang bisa dilakukan untuk menentukan target pasar adalah dengan membuat customer persona. Kerangka ini bisa menjadi gambaran yang jelas karena menguraikan secara detail kondisi pelanggan. Mulai dari demografi, tujuan, perilaku, motivasi, dll.

Baca juga: Mengenal Target Pasar dan Cara Menentukannya

2. Buat Kerangka Promosi

Kerangka promosi penting dibuat untuk mengetahui gambaran umum dari aktivitas promosi yang dibuat sebagai panduan umum untuk menjalankan setiap strategi yang telah dibuat. Mulai dari tahap persiapan atau riset hingga eksekusi.

Contoh menyusun kerangka promosi bisa berisi tujuan promosi, nama campaign, jenis konten promosi yang akan dibuat, hingga timeline promosi.

3. Pilih Platform yang Tepat

Platform yang dipilih untuk promosi penjualan bisa berupa media online atau konvensional. Media online yang dipilih bisa dimulai dari media sosial yang relatif mudah untuk dibuat. Media sosial ini bisa dikembangkan dengan memproduksi konten-konten menarik hingga aktif menjalankan paid ads.

Sementara untuk media konvensional bisa dimulai dengan membuat desain sederhana untuk flyer atau pamflet. Jika mempunyai budget lebih bisa juga membuat billboard hingga memasang ad lib pada siaran radio.

Baca juga: Ide Konten Media Sosial yang Menarik untuk Bisnis UMKM

4. Aktif di Komunitas

Strategi promosi selanjutnya adalah aktif di komunitas. Jenis komunitas yang dipilih juga disesuaikan dengan nilai dan tujuan dari bisnis kamu. Misalnya aktif di komunitas ibu-ibu untuk target pasar ibu-ibu hingga komunitas bisnis di industri yang dijalankan. Selain itu, aktivitas di komunitas ini bisa meningkatkan brand awareness, membuka peluang kolaborasi dengan brand lain, hingga mempererat hubungan dengan masyarakat.

5. Bagikan Penawaran Menarik

Penawaran yang diberikan pada pelanggan bisa sangat beragam misalnya potongan harga atau diskon dan pemberian kode promo. Pastikan untuk melakukan perhitungan terperinci sebelum membuat penawaran ini. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa budget promo masih sesuai dan tidak malah mendatangkan kerugian.

Untuk mempermudah dalam memberikan harga promo ke pelanggan, kamu bisa menggunakan e-catalog dari Instapay. Buat sendiri katalog produkmu cukup dari aplikasi Instapay. Masukkan harga diskon pada produk-produk yang diinginkan. Selain itu, pemilik bisnis juga bisa membuat kode promo secara GRATIS di aplikasi kami. Pelajari Instapay di sini >>>

Demikian ulasan tentang strategi promosi yang cocok untuk dilakukan oleh pemula. Kamu bisa mulai menjalankan berbagai strategi tersebut untuk meningkatkan efektivitas dari kegiatan promosi. Semoga artikel ini bermanfaat ya, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment