Halo, Temen Insta! Instapay baru saja meluncurkan webinar series terbaru bertajuk SABI atau Sharing Bareng Instapay. Webinar series ini berkolaborasi dengan Cakap, sebuah aplikasi edukasi berbasis digital. Dalam webinar series SABI, berbagai topik menarik seputar bisnis dan teknologi akan dibahas guna meningkatkan skill generasi muda dan UMKM. Yuk simak rangkuman keseruannya dalam artikel ini, Temen Insta!

Mengenal Lead Marketing

Webinar-instapay-x-cakap-SABI

Irfan Yuliandi selaku pembicara mengawali webinar dengan mengajak peserta untuk memahami terlebih dahulu apa itu lead marketing. Irfan menyebutkan bahwa lead dapat didefinisikan sebagai adanya calon pelanggan yang menyatakan ketertarikannya terhadap produk yang ditawarkan perusahaan.

Lead merupakan indikator langsung potensi penjualan, tapi tidak serta merta menjadi jumlah pelanggan karena tidak semua orang dalam lead tersebut bisa dikonversi menjadi pelanggan. Namun, lead marketing ini penting untuk menjadi acuan seberapa besar potensi calon pelanggan yang akan diprospek.

Dalam webinar SABI Vol. 01 yang digelar pada tanggal 29 November 2022 ini, Irfan juga menjelaskan bahwa lead marketing atau leads tidak selalu mengenai staf yang dibuat melainkan tentang cerita apa yang dibagikan. Konsep ini mengacu ke kutipan entrepreneur ternama Amerika, Seth Godin.

Membangun Strategi Marketing

Untuk bisa membagikan cerita yang dekat ke lead atau calon pelanggan, pemilik bisnis bisa mulai membangun branding yang sesuai. Beberapa pilar umum yang bisa dijadikan acuan adalah informatif, emosional, dan interaktif.

Mengkonversi lead marketing menjadi pembeli juga tentunya perlu pendekatan yang tepat. Konsep yang bisa menggambarkan strategi pendekatan ini seperti piramida terbalik. Di mana paling atas merupakan awareness, dilanjutkan dengan maintain awareness, consideration, purchase intent, hingga bermuara ke advocate.

Baca juga: Viral Marketing: Strategi Pemasaran Kekinian Paling Ampuh?

Agar lebih mudah mengidentifikasi siapa sebenarnya target pasar yang dituju, pemilik bisnis bisa membuat customer persona. Kerangka ini bisa menjadi gambaran yang jelas karena menguraikan secara detail kondisi pelanggan. Mulai dari demografi, tujuan, perilaku, motivasi, dll. Contoh customer persona bisa dilihat dalam gambar berikut:

contoh-customer-persona

Optimasi Marketing Secara Digital

Salah satu platform yang efektif untuk mendapatkan lead marketing adalah Facebook karena telah didukung dengan machine learning yang canggih. Sebelum memulai Facebook Ads, penting untuk menyesuaikan objektif dari iklan atau campaign tersebut. Tersedia awareness, traffic, engagement, leads, app promotion, dan sales.

Biasanya objektif conversion/sales menjadi primadona untuk UMKM, tapi terkadang ada satu hal yang sering terlupakan yaitu Facebook Pixel. Kode yang dipasang di sebuah situs web untuk melacak aktivitas pelanggan dalam situs tersebut dikenal dengan Facebook Pixel. Irfan menggambarkan Facebook Pixel ini sebagai CCTV dalam sebuah toko.

Facebook Pixel memiliki banyak manfaat untuk bisnis, di antaranya adalah: melacak data penjualan secara real-time, bisa melakukan retargeting dengan membuat segmentasi audiens, dan mendapatkan penjualan lebih banyak.

Baca juga: Bedah 10 Media Promosi Online yang Potensial untuk Berbagai Jenis Bisnis

Strategi Mendatangkan Lead Marketing

Salah satu langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mendatangkan lead marketing adalah mengoptimalkan profil media sosial. Caranya adalah dengan menggunakan Linktree di bio profil media sosial untuk membagikan berbagai link penting seperti catalog produk.

Sayangnya, membuat website untuk membagikan catalog memang membutuhkan tenaga ekstra dan tidak semua orang awam dengan pembuatan website. Solusi mudah untuk pemula bisnis dalam membuat website catalog adalah dengan aplikasi Instapay.

Cukup download aplikasi di App Store atau Play Store, pemilik usaha bisa langsung membuat catalog produk langsung dalam ponsel. Tersedia dua jenis catalog yaitu Instastore yang cocok untuk bisnis online dengan pengiriman dan Instaservice yang dibuat untuk bisnis berbasis layanan.

Catalog yang dibuat bisa langsung dibagikan dalam bentuk link ke pelanggan dan pelanggan tidak perlu install aplikasi. Semua transaksi berlangsung dalam link e-catalog termasuk pembayaran dan pengiriman produk. Tanpa biaya langganan, pengguna bisa membuat gratis catalog mereka sehingga sangat cocok untuk pemilik usaha yang baru merintis.

Dengan adanya webinar ini, pemilik usaha khususnya UMKM bisa semakin terbantu untuk mendapatkan lead marketing efektif menggunakan sistem digital. Proses optimasi profil dengan membagikan catalog kini menjadi praktis sehingga cocok untuk berbagai kalangan.

Kemudahan tersebut tentunya bisa diwujudkan menggunakan Instapay, aplikasi transaksi bisnis online yang selalu berinovasi dalam memberikan layanan digital terbaik. Segera daftarkan bisnismu di sini ya, Temen Insta!

 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment