Promosi penjualan adalah bagian yang tidak dapat dilepaskan dari bisnis. Jika dilakukan dengan tepat, promosi mampu mendongkrak pendapatan bisnis, lho. Baca pengertian lengkap mengenai topik ini dan dapatkan contoh-contoh promosi yang menarik dan bisa langsung kamu coba, Temen Insta!

Pengertian Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah sebuah atau semua aktivitas yang didesain untuk mendorong ketertarikan untuk mencoba atau membeli sebuah produk yang ditujukan pada calon pelanggan atau perantara. Dalam hal ini perantara termasuk pembeli grosir, pengecer, dropshipper, atau reseller.

Beberapa tujuan promosi adalah untuk meningkatkan penjualan, memberikan informasi penting produk pada pelanggan, membedakan produk brand kamu dengan kompetitor. Keunikan yang ditawarkan perlu ditonjolkan agar manjadi pilihan pertama pelanggan atau biasa disebut juga menjadi top of mind.

Contoh Promosi Penjualan

Kegiatan yang dilakukan dalam rangka promosi bisa sangat beragam dan pebisnis bisa menggunakan kreativitas yang dimiliki. Berikut ini beberapa contoh promosi penjualan yang bisa jadi inspirasi untuk bisnismu;

1. Kode Promo

Salah satu cara paling mudah yang dapat dilakukan untuk melakukan promosi adalah dengan membagikan kode promo. Kode tersebut selanjutnya dapat digunakan pelanggan untuk mendapatkan potongan harga.

Sebagai bagian dari komitmen memberikan #KemudahanJualan untuk pengguna, Instapay menyediakan fitur kode promo yang dapat digunakan secara gratis. Pelanggan bisa langsung memasukkan kode ke dalam kolom yang tersedia saat akan membayar produk untuk harga khusus. Daftar sekarang di sini, ya.

2. Memberikan Sampel

Sampel produk adalah salah satu cara paling efektif untuk memperkenalkan produk kamu ke pelanggan. Dengan mencoba langsung, pelanggan dapat mendapatkan pengalaman yang lebih nyata dan mampu mendorong mereka untuk membeli produk tersebut bahkan ketika mengkin sebelumnya mereka masih belum mengetahui bahwa mereka memerlukan produk tersebut.

Misalnya untuk penjual parfum dengan aroma vanilla, pemilik bisnis bisa memberikan sampel dengan varian rasa lain yang kemungkinan masih disukai oleh pelanggan tersebut. Setelah mencoba sendiri, pelanggan akan semakin yakin untuk membeli.

3. Beli 1 Gratis 1

Promosi penjualan ini cocok untuk pebisnis yang ingin meghabiskan stok produk yang tersisa. Dengan memberikan penawaran gratis 1 produk dengan nilai yang sama, pelanggan akan mendapat urgensi untuk belanja. Promosi ini memberikan kesempatan yang besar untuk meningkatkan penjualan. Pastikan agar perhitungan harga produk sudah dikalkulasikan dengan benar sehingga bisnis bisa tetap untung. Misalnya produk bernilai bersih Rp3000, kamu jual dengan harga Rp7.000. Sehingga meskipun memberikan gratis satu produk pada pelanggan, kamu masih mendapatkan untung sebesar Rp1000.

4. Hadiah Khusus

Hadiah adalah sebuah bentuk apresiasi yang dapat dengan mudah diingat pelanggan. Meskipun sederhana dan nilainya tidak seberapa, hadiah mampu memberikan impresi yang melekat di benak pelanggan. Misalnya memberikan marchandise dari brand kamu seperti tumbler, kaos, gantungan kunci, atau bisa juga memberikan botol tumbler untuk produk susu yang kamu tawarkan.

5. Promo Kolaborasi

Promosi penjualan jenis ini bisa dilakukan untuk memperluas pasar bisnismu. Karena dengan kolaborasi yang tepat, kamu dapat bertukar audiens dan exposure. Salah satunya dengan membuat produk bundle atau paket khusus. Atau jika tidak memiliki produk fisik, kamu bisa memberikan benefit misalnya voucher layanan gratis. Pastikan brand yang diajak kolaborasi masih memiliki nilai yang sejalan dengan bisnismu agar tetap memberikan kesan yang baik ke publik.

Setiap bisnis mempunyai kebutuhan dan preferensi promosi penjualan yang berbeda. Pastikan kamu memilih jenis promosi yang tepat agar memberikan dampak yang positif untuk bisnismu ya, Temen Insta.

Show CommentsClose Comments

Leave a comment