Katalog produk adalah daftar produk yang dijual oleh sebuah bisnis dan dilengkapi dengan rincian informasi yang membantu pelanggan untuk membuat keputusan pembelian. Katalog ini pada umumnya disusun secara sistematis sehingga lebih mudah dipahami pelanggan. Agar mampu membuat katalog produk yang menarik dan informatif, baca ulasan berikut yuk, Temen Insta!

Kenapa Katalog Produk Penting?

Katalog produk penting untuk mengumpulkan informasi berbagai produk dalam satu tempat dan memperlancar pengenalan produk dari pemilik usaha ke calon pelanggan. Dengan membuat katalog yang tepat, pemilik usaha bisa meningkatkan penjualan karena rincian informasi yang disajikan mampu membuat pelanggan yakin untuk membeli.

Selain itu, alur komunikasi dengan pelanggan menjadi lebih ringkas karena pemilik usaha tidak perlu menjelaskan produk satu per satu. Hal ini juga meningkatkan kenyamanan belanja dan dapat menambah tingkat kepuasan pelanggan.

Tips Membuat Katalog Produk

Setelah mengetahui pentingnya katalog dalam bisnis, yuk simak tips berikut untuk membantu membuat catalog jadi lebih menarik dan mudah dipahami:

1. Tuliskan Informasi Produk dengan Rinci

Pelanggan punya kebutuhan untuk memahami produk sebelum membeli. Apalagi saat belanja secara online, calon pelanggan tidak bisa menyentuh produk secara langsung sehingga wajib membaca katalog dengan teliti.

Beberapa informasi umum yang dimuat dalam katalog di antaranya adalah nama, harga, foto, deskripsi, dimensi, berat, petunjuk penggunaan, dan cara penyimpanan produk. Jika sedang ada promo, pemilik bisnis juga bisa mencantumkan diskon dalam katalog.

2. Tambahkan Foto Produk yang Jelas

Foto produk adalah faktor penting untuk menarik perhatian pelanggan. Jika perlu, pemilik bisnis bisa menambahkan foto dari berbagai sisi. Misalnya, tampak depan, samping, atas, dan bawah. Foto produk yang diperagakan model juga patut dicoba agar pelanggan punya gambaran lebih jelas tentang bagaimana pengalaman saat menggunakan produk tersebut.

Baca juga: Tips Foto Produk Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

3. Pilih Desain Simpel untuk Katalog Produk

Desain yang simpel dapat membuat pelanggan lebih fokus pada foto dan informasi produk. Jika visualnya terlalu penuh, misalnya ditambahkan banyak ornamen yang tidak perlu, kemungkinan pelanggan justru akan bingung dan teralihkan perhatiannya sehingga tidak fokus belanja. Layout atau tata letak dari masing-masing produk dalam katalog juga perlu dibuat rapi dan sistematis agar tidak tumpang tindih.

4. Cantumkan Informasi Toko

Informasi seperti nama, deskripsi, dan alamat toko juga tak kalah penting untuk dicantumkan sebagai identitas yang bisa diingat pelanggan. Selain itu, logo toko juga bisa dimasukkan ke dalam katalog. Tambahkan tanda verifikasi atau official jika perlu, untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan pada katalog dari tokomu.

Katalog produk bisa dibuat dalam bentuk cetak ataupun digital. Katalog digital punya keunggulan yaitu bisa dibagikan dengan mudah ke pelanggan bahkan melalu media sosial. Katalog digital atau biasa disebut e-catalog ini bisa dimuat dalam bentuk link yang dapat diakses pelanggan.

Aplikasi Instapay punya fitur e-catalog gratis yang ditujukan untuk membantu membuat e-catalog dengan lebih praktis dan efektif. Tanpa ribet membuat desain atau website, kamu bisa langsung memasukkan informasi dan foto yang diperlukan dalam katalog. Semoga artikel ini membantu, ya. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment