Berbeda dengan belanja di toko fisik, aktivitas jual beli online membuat pelanggan tidak bisa mengamati barang yang ingin dibeli secara langsung. Untuk mengatasinya, penjual harus mampu menyampaikan rincian produk dengan jelas. Bahkan, data dari Splento menunjukkan bahwa 90{e183f015b98e86ec2d681f157c8c2a25f62fae36b40f0965375d6a0f4b5dd3c4} pembeli memilih foto produk sebagai faktor terpenting saat belanja online.

Hal ini menunjukkan bahwa tampilan visual menjadi faktor yang sangat penting dalam aktivitas e-commerce. Oleh karena itu, mari simak ulasan berikut untuk mendapatkan foto produk terbaik bagi bisnismu, Temen Insta!

Pengaruh Foto Produk pada Bisnis

Memasang foto yang berkualitas mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan pada bisnis karena memberikan kesan yang profesional dan kredibel. Selain itu, konsep foto yang unik dan berbeda dari kompetitor juga bisa menjadi identitas sebuah brand misalnya dengan foto produk aesthetic yang sedang digemari anak muda saat ini.

Karena kualitas yang baik ini pula, sebuah bisnis mampu memikat lebih banyak pelanggan dan berpotensi untuk meningkatkan penjualan seperti yang diharapkan, lho. Sehingga, bisnis dengan skala kecil pun bisa mulai memperhatikan kualitas foto dengan menggunakan peralatan seadanya tapi dilakukan dengan maksimal.

Tips Mudah yang Bisa Dilakukan

Setelah memahami pengaruhnya untuk bisnis, ada baiknya kamu bisa mempraktikkan secara langsung. Berikut rangkaian tips fotografi yang bisa dengan mudah diterapkan:

Buat Konsep Foto yang Matang

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyusun konsep foto dengan seksama. Penjual bisa memilih satu dari banyaknya jenis foto produk yang ada. Misalnya foto yang detail, lifestyle action dengan model, ghost photography menggunakan mannequin, background putih polos, dan lain sebagainya. Jika sedang melakukan campaign, maka bisa juga menyesuaikan dengan tema yang dibutuhkan.

Pastikan Pencahayaan Cukup

Sumber pencahayaan dapat berasal dari cahaya matahari, alat artifisial misalnya ring light, atau campuran dari keduanya. Pencahayaan ini bisa dioptimalkan dengan posisi dan intensitasnya yang cukup. Kamu bisa mengaturnya hingga mendapatkan foto yang jelas, karena jika pencahayaan kurang atau berlebih akan menghasilkan foto yang buram. Selain itu, posisi pencahayaan yang tidak tepat juga dapat memberikan bayangan kasar yang tidak diinginkan.

Gunakan Background yang Sesuai

Fokus dari sebuah foto produk adalah produk itu sendiri. Pastikan untuk tidak memberikan background yang berlebihan sehingga mengganggu perhatian pelanggan pada produk yang ingin ditampilkan. Background yang polos dan sederhana bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal ini.

Tambahkan Properti agar Semakin Menarik

Banyak foto produk aesthetic yang menggunakan properti untuk memberikan kesan yang menarik sesuai dengan tema. Beberapa properti yang umum digunakan adalah bunga kering, karpet bulu, pasir dan kerang, hingga tumbuhan hijau untuk menampilkan suasana yang asri. Perhatikan jumlah dan letak dari properti ini pas agar komposisinya tidak berlebihan dan mengganggu fokus dari visual yang dihasilkan.

Memaksimalkan Foto dengan Editing Tools

Editing yang tepat dapat meningkatkan kualitas dari sebuah foto. Usahakan untuk tidak melakukannya dengan berlebihan agar foto tetap terlihat natural dan tidak merusak ekspektasi pelanggan saat barang tiba di tangan mereka. Menambahkan logo dan watermark juga bisa dilakukan untuk menghindari penggunaan foto oleh orang lain tanpa izin.

Demikian ulasan tentang tips foto produk yang bisa diterapkan untuk meningkatkan penjualan secara online. Karena tidak bertemu langsung dengan pelanggan, pastikan juga layanan pembayarannya aman dan cepat agar mereka tertarik untuk terus bertransaksi dengan bisnis kita.

Instapay adalah solusi pembayaran online yang cocok untuk berbagai segmentasi bisnis dari skala kecil hingga besar karena dapat diakses dengan mudah hanya melalui aplikasi. Tersedia banyak metode pembayaran dalam invoice link yang memudahkan penjual untuk menerima beragam pembayaran hanya dari satu pintu. Baca penjelasan lengkapnya di sini ya, Temen Insta! Selamat mencoba!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment