Bisnis ramah lingkungan atau disebut juga bisnis hijau menjadi salah satu perhatian penting belakangan ini. Mengingat isu perubahan iklim yang kian ekstrim, membuat semakin banyak pemilik bisnis yang peduli dengan penerapan prinsip ramah lingkungan dalam bisnis yang mereka jalankan.

Pada dasarnya, memulai bisnis hijau tidak selalu berkaitan dengan langkah rumit dan peralatan canggih. Pilihan dan kebijakan sederhana dalam aktivitas bisnis sehari-hari juga bisa turut berperan dalam menerapkan bisnis yang aman untuk lingkungan.

Mari bersama kita pahami tentang bisnis ramah pada kelestarian alam dalam artikel ini. Beragam contoh bisnis hijau ini juga telah dirangkum dalam bacaan berikut. Simak sampai akhir ya, Temen Insta!

Mengenal Bisnis Ramah Lingkungan

Bisnis ramah lingkungan adalah jenis bisnis yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tapi juga meminimalisir dampak negatif yang dihasilkan ke lingkungan. Tidak dapat dipungkiri kalau dalam penerapan proses produksi hingga transaksi bisnis, terdapat semakin banyak aktivitas yang memberikan pengaruh negatif pada lingkungan.

Dengan adanya bisnis ramah lingkungan, diharapkan pemilik bisnis mampu meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan. Dalam aplikasinya, pemilik bisnis bisa memulai prinsip ramah lingkungan dari langkah sederhana seperti menggunakan kemasan ramah lingkungan dan memilih pembayaran online untuk mengurangi limbah kertas.

Contoh pembayaran online yang ramah lingkungan adalah Instapay. Layanan pembayaran ini dapat diakses pemilik bisnis dengan mudah melalui aplikasi mobile dalam ponsel. Tersedia puluhan channel pembayaran yang dapat diatur sesuai kebutuhan dengan mudah dalam aplikasi. Baca Instapay selengkapnya di sini.

Baca juga: Invoicing Ramah Lingkungan Bersama Instapay

 

Contoh Bisnis Ramah Lingkungan

contoh-bisnis-ramah-lingkungan

Keberadaan beberapa bisnis ternyata justru membawa dampak baik untuk lingkungan karena berbagai alasan. Baik dari sisi produk yang ditawarkan maupun cara operasionalnya bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan. Apa saja contoh dari bisnis ramah lingkungan ini? Simak daftar berikut, ya:

1. Bisnis Produk Daur Ulang

Kreativitas pemilik bisnis bisa diterapkan melalui berbagai cara, termasuk barang bekas untuk didaur ulang. Ada berbagai kreasi produk daur ulang yang tentunya mampu mengurangi jumlah limbah karena dimanfaatkan kembali. Contohnya tas dari kain perca, kertas daur ulang, perabotan dari plastik bekas, dan lain sebagainya.

2. Pengolahan Limbah

Bisnis pengolahan limbah memang cukup beragam mulai dari limbah kesehatan, limbah pabrik, hingga limbah kimia. Setiap limbah mempunyai standar pengolahan tertentu untuk mengurangi dampak negatifnya sebelum dibuang kembali atau bahkan dimusnahkan menggunakan teknologi tertentu.

3. Botol Minum

Salah satu bisnis ramah lingkungan yang dapat dengan mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari adalah botol minum. Langkah sederhana dengan membawa botol minum dalam aktivitas harian bisa berpengaruh besar untuk mengurangi limbah botol plastik, lho. Bahkan, kini botol minum tertentu bisa menjadi bagian dari fashion hingga status sosial.

Baca juga: 10 Ide Bisnis Minuman Paling Menjanjikan 2023, Apa Saja?

4. Toko Buku Bekas

Buku fisik memang masih memberikan kesan yang membekas pagi pembaca setianya di tengah gempuran buku digital. Kamu bisa mulai mempertimbangkan untuk memilih buku bekas sebagai bentuk komitmen ramah lingkungan. Buku tersebut tentunya masih dalam kondisi layak baca sehingga tidak mengurangi kualitas pengalaman pelanggan saat membacanya.

5. Isi Ulang Produk

Bisnis isi ulang produk adalah salah satu hijau yang juga berkaitan erat dalam kehidupan sehari-hari. Bali merupakan salah satu daerah yang mulai banyak membuka bisnis ini.

Isi ulang produk yang dimaksud pada umumnya berupa bahan bahan makanan, body care, hingga deterjen pakaian. Hal ini membuat pelanggan cukup membawa wadah dari rumah dan mengisi ulang produk di outlet terdekat. Sehingga tidak memerlukan wadah plastik sekali pakai untuk mengurangi polusi lingkungan.

Demikian ulasan tentang bisnis ramah lingkungan yang diharapkan mampu memberikan perspektif baru mengenai industri yang satu ini. Selain menjalankan bisnis, kamu juga bisa berperan dalam menyelamatkan lingkungan. Salam bisnis hijau, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment