Persoalan lingkungan sedang menjadi perhatian dunia. Demi kelestarian ekosistem, pemerintah juga mengambil langkah serius dengan menerapkan ekonomi hijau dan berkelanjutan. Yuk, simak komitmen Instapay untuk mendukung ekonomi yang ramah lingkungan, Temen Insta!

Manusia dan Pemanasan Global

Kondisi perubahan iklim dunia kini tak bisa lagi dihiraukan. Laporan panel iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) 2021 memperingatkan bahwa suhu bumi telah naik signifikan. Penelitian menunjukkan bahwa penyebab utama pemanasan global ini adalah aktivitas manusia. Oleh karena itu, perlu dilakukan perubahan serius dalam berbagai aspek kehidupan manusia sehingga kelestarian alam tetap terjaga.

Dampak Buruk Penggunaan Kertas

Sejak pertama kali ditemukan ribuan tahun lalu, kertas memang telah digunakan dalam banyak aspek kehidupan. Namun seiring berjalannya waktu, penggunaan kertas yang berlebihan tidak lagi memberikan kemudahan. Dalam aktivitas bisnis misalnya, ketika ada kesalahan penulisan kita perlu menggunakan kertas lain untuk mencetak ulang. Proses transaksi juga bisa terganggu ketika stok kertas sedang habis saat perlu mencetak dokumen. Selain itu, dokumen kertas juga memerlukan ruang yang cukup untuk penyimpanannya. Penggunaan kertas pada akhirnya menyebabkan tidak efisiensinya waktu, tenaga, dan biaya yang perlu dikeluarkan.

Selain problem efisiensi dalam bisnis, penggunaan kertas yang berlebihan juga membawa dampak negatif bagi kelangsungan ekosistem alam. Hal ini bermuara dari bahan baku kertas yaitu selulosa yang terdapat pada kayu. Penggundulan hutan untuk pemanfaatan kayu juga menjadi faktor penting pada rusaknya hutan yang dulunya asri di negeri ini.

Masa Depan Bisnis Ramah Lingkungan

Proses digital adalah solusi untuk bisnis yang efisien dan ramah lingkungan. Sistem ini memberikan akses untuk transaksi nontunai, proses yang cepat, juga dokumentasi otomatis yang akurat. Kemudahan bisnis bisa diperoleh dengan menerapkan pembayaran dan invoicing online sehingga proses manual yang rumit bisa dipangkas. Penerapan sistem digital tidak hanya memberikan proses bisnis yang efektif, tapi juga berpengaruh pada kelestarian alam dalam jangka panjang.

Hal ini selaras dengan ekonomi hijau dan berkelanjutan yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada Majelis Umum PBB 2021. Ekonomi hijau adalah sebuah sistem ekonomi yang meningkatkan kesejahteraan manusia sekaligus mengurangi risiko lingkungan secara signifikan. Bisnis yang tak hanya melihat profit tapi juga keseimbangan alam adalah masa depan yang kita harapkan bersama.

Pioneer Green Invoicing di Indonesia

Sebagai perusahaan, Instapay memberikan komitmen untuk mendukung penuh langkah pemerintah dalam menerapkan ekonomi hijau dan berkelanjutan. Langkah ini menunjukkan bahwa Instapay adalah aplikasi invoicing ramah lingkungan pertama di Indonesia. Layanan invoicing Instapay dikembangkan dengan teknologi terbaik tidak hanya untuk kemudahan, menghemat waktu, dan meningkatkan penjualan. Namun di saat yang sama, bisa mengurangi penggunaan kertas berlebihan sehingga hutan Indonesia bisa tetap lestari dan asri.

Instapay percaya bahwa dengan menerapkan sistem yang ramah lingkungan, bisnis dalam negeri bisa terus berkembang tapi tetap selaras dengan alam. Ayo turut serta membangun ekonomi hijau Indonesia dengan menggunakan layanan terbaik Instapay, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment