Menekuni bisnis berarti berkomitmen untuk terus belajar karena banyak sekali faktor yang perlu diperhitungkan. Salah satunya adalah biaya produksi. Biaya ini penting untuk diperhatikan agar mampu membuat langkah bisnis yang tepat. Mari pahami ulasan tentang biaya produksi berikut, Temen Insta.

Biaya Produksi Itu Apa?

Biaya produksi adalah kumpulan biaya yang diperlukan sebuah bisnis untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi dan siap dipasarkan. Selain dalam bentuk barang, biaya ini bisa juga berupa penyediaan layanan kepada pelanggan.

Secara umum, ada tiga unsur yang berperan penting dalam proses produksi. Besarnya biaya juga akan ditentukan dari unsur-unsur berikut: 

Biaya Material Langsung

Biaya ini meliputi semua material atau bahan baku yang terlibat langsung untuk menghasilkan suatu produk. Mulai dari biaya untuk mendapatkan bahan baku hingga mengolahnya menjadi  produk jadi.

Biaya Tenaga Kerja Langsung

Tenaga kerja berperan penting untuk kelancaran proses produksi. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan sebuah bisnis untuk memberikan upah pekerja perlu dimasukkan dalam perhitungan. 

Biaya Overhead Pabrik

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan proses produksi, terdapat beberapa biaya yang dibutuhkan untuk menunjang kelancaran produksi. Biaya ini disebut dengan biaya overhead, misalnya biaya sewa, listrik, air, dan sebagainya.

Cara Mudah Menghitungnya

Biaya Produksi =Material Langsung + Tenaga Kerja Langsung +Overhead Pabrik

Rumus di atas dapat digunakan untuk mengetahui dana yang dibutuhkan untuk proses produksi pada sebuah bisnis. Agar lebih memahaminya, mari simak studi kasus berikut:

Sebuah bisnis rumahan memproduksi 500 kue bolu dengan rincian biaya sebagai berikut:

  • Biaya bahan baku = Rp2.500.000
  • Upah tenaga kerja = Rp500.000
  • Sewa tempat produksi dan tagihan listrik = Rp1.000.000

Biaya produksi = Rp2.500.000 + Rp500.000 + Rp 1.000.000 = Rp4.000.000 

Biaya yang dibutuhkan bisnis rumahan tersebut adalah Rp4.000.000 untuk 500 kue bolu. Sehingga, biaya per kue bolu sebesar Rp8.000. Dengan mengetahui biaya ini, pebisnis dapat menentukan langkah bisnis selanjutnya. Misalnya untuk menentukan harga jual, modal untuk ekspansi bisnis, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan tentang biaya produksi dan cara perhitungannya. Biaya ini adalah variabel penting dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, perlu dilakukan perhitungan dengan teliti.

Efisiensi biaya bisa juga dilakukan dengan pemilihan proses transaksi. Hal ini berperan penting untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis sehingga skala produksi bisa menjadi lebih besar. Instapay adalah solusi untuk memberikan proses transaksi yang mudah, penggunaan waktu yang efektif, dan meningkatkan kepuasan pembayaran pelanggan. Yuk mulai pengalaman bisnis yang praktis dengan download Instapay di sini ya, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment