Kepuasan pelanggan menjadi hal yang vital untuk diperhatikan, termasuk ketika menjalankan bisnis secara online. Justru jika tidak diperhatikan dengan baik, pelanggan yang tidak puas bisa dengan mudah membuat postingan di internet dan dapat berdampak buruk pada bisnis yang dijalankan.

Memenuhi semua preferensi kepuasan pelanggan yang berbeda-beda tentu menjadi tantangan yang tidak mudah. Namun, inisiatif yang kamu lakukan dengan melakukan riset terkait hal ini sudah menjadi langkah awal untuk meningkatkan kepuasan pelanggan sesuai target bisnismu. Apa saja tips yang bisa dilakukan pemilik bisnis? Temukan jawabannya dalam artikel ini ya, Temen Insta.

Tentang Kepuasan Pelanggan

Dikutip dari laman ASQ, kepuasan pelanggan adalah ukuran yang menentukan seberapa bahagia pelanggan dengan produk, layanan, dan kapabilitas yang ditawarkan oleh sebuah bisnis atau perusahaan. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih akurat dalam mengetahui tingkat kepuasan terhadap sebuah bisnis atau produk, dapat dilakukan dengan membagikan survei, membuka kolom testimoni, hingga menawarkan skala rating.

Sebelum fokus pada bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan, pebisnis perlu memahami pelanggannya terlebih dahulu. Lakukan identifikasi yang tepat untuk membedah siapa target pelanggan dan bagaimana karakter mereka. Karena masing-masing kelompok target pelanggan mempunyai kebutuhan yang berbeda sehingga faktor yang menentukan kepuasan mereka juga berbeda.

Baca juga: Mengenal Target Pasar dan Cara Menentukannya

Faktor Kepuasan Pelanggan

Setelah mengetahui informasi dasar tentang target pasar, kemungkinan kamu akan bertanya mengenai faktor apa saja yang mempengaruhinya. Berikut ini adalah beberapa faktor dasar yang mempengaruhi tingkat kepuasan dari pelanggan:

1. Customer Service

Customer service atau layanan pelanggan berperan penting karena melakukan komunikasi langsung dengan pelanggan. Bahkan sebelum melakukan pembelian, beberapa pelanggan ada yang melakukan konsultasi terlebih dahulu pada admin customer service.

Pada beberapa jenis bisnis, sampai turut memiliki after sales service yang dilakukan untuk menjaga layanan tetap prima. Misalnya pada produk elektronik yang menawarkan garansi dengan melakukan pengajuan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

2. Kualitas Produk

Fokus utama pelanggan tentunya mengacu pada produk yang diberikan, baik berupa barang atau jasa. Kualitas produk yang prima akan memberikan dampak positif bagi pelanggan. Hal ini membuat pelanggan tidak ragu untuk melakukan pembelian ulang karena kualitas produk yang terjamin.

3. Harga

Harga tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas produk. Namun, setiap produk hendaknya mempunyai harga yang pantas sesuai jenis produk yang ditawarkan dan kondisi target pasar. Jika harga yang diberikan terlalu tinggi tanpa adanya kualitas yang sepadan, maka bukan tidak mungkin akan membuat pelanggan mundur perlahan.

4. Lokasi

Faktor lokasi memang berpengaruh penting, baik pada bisnis online maupun offline. Pada bisnis online, kemudahan akses pelanggan ke platform penjualan menjadi salah satu kunci kelancaran transaksi. Pastikan produk yang ditawarkan mudah diakses pelanggan, misalnya melalui media sosial, website, email, dan lain sebagainya.

Sedangkan pada bisnis offline, lokasi alamat dan medan menuju outlet tentu memberikan pengaruh. Lokasi yang mudah dijangkau dengan kendaraan, kondisi ruangan yang higienis, dan dekorasi yang unik menjadi beberapa pertimbangan penting bagi pelanggan untuk mengunjungi sebuah outlet bisnis.

Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

tips-kepuasan-pelanggan

Pada dasarnya memang tidak ada solusi yang benar-benar berlaku dan sesuai untuk semua jenis bisnis. Namun, beberapa tips sederhana berikut dapat menjadi referensi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Rangkaian tips berikut bersifat universal dan cocok untuk diaplikasikan pada berbagai segmentasi bisnis:

1. Menggunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Bahasa yang baik dan benar merupakan bagian dari tata krama dan menjadi hal yang mendasar dalam komunikasi. Jangan sampai memberikan citra yang buruk akibat bahasa yang tidak sesuai dengan konteks yang sedang dibicarakan. Alangkah lebih baik jika setiap penulisan konten hingga customer service mempunyai standar bahasa yang sesuai.

2. Menjaga Kualitas Produk

Ada kalanya produk menjadi tidak konsisten pada waktu-waktu tertentu. Misalnya ketika kehabisan stok bahan baku atau kenaikan harga barang. Namun, jika pemilik bisnis mampu mengatasi hal tersebut dengan strategi yang tepat untuk menjaga kualitas produk, maka akan menjadi nilai tambah bagi kepuasan pelanggan.

Selain itu, pemilik bisnis bisa membuat standar operasional dan quality control yang presisi untuk menjaga kualitas produk yang ditawarkan. Buatlah prosedur yang sesuai untuk bisnismu, ya.

3. Menyediakan Layanan Pembayaran Optimal

Pembayaran adalah hal yang vital dalam bisnis. Karenanya, pemilik bisnis perlu menyediakan alur layanan pembayaran yang mudah dan aman untuk menjaga kelancaran transaksi. Instapay adalah platform pembayaran online terpercaya yang menyediakan berbagai metode pembayaran. Baca selengkapnya tentang Instapay>>>

4. Mendengarkan Masukan Pelanggan

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan mendengarkan masukan mereka, baik itu kritik maupun saran. Meskipun aplikasinya kembali lagi pada ketersediaan sumber daya dan kebijakan perusahaan, mendengarkan masukan pelanggan tetap bisa menjadi bentuk empati pada kebutuhan dan karakter target pelanggan.

Demikian ulasan mengenai tips meningkatkan kepuasan pelanggan yang cocok untuk diaplikasikan dalam bisnis online. Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Semoga artikel ini bermanfaat, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment