Kemasan minuman ramah lingkungan adalah jenis kemasan produk yang dibuat dengan memperhatikan dampak yang diberikan ke lingkungan. Dalam hal ini, kemasan tersebut diharapkan mampu meminimalisir limbah, melestarikan sumber daya, hingga memitigasi dampak negatif lingkungan.

Kemasan ramah lingkungan selaras dengan meningkatnya kepedulian dunia akan kerusakan lingkungan dan perubahan iklim yang kian memburuk dari hari ke hari. Apakah kamu ingin menjadi bagian dari bisnis hijau dengan memakai kemasan minuman ramah lingkungan? Temukan informasi lengkapnya dalam artikel berikut yuk, Temen Insta!

Ciri Kemasan Minuman Ramah Lingkungan

Kemasan yang meminimalisir dampak buruk lingkungan mempunyai beberapa ciri khusus. Ciri tersebut bisa membantu kamu untuk membedakan kemasan ramah lingkungan dengan kemasan reguler yang dijual di pasaran. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Mengurangi Plastik Sekali Pakai

Adanya kemasan ramah lingkungan diharapkan mampu mengurangi penggunaan plastik sekali pakai mengingat besarnya dampak negatif yang diberikan ke lingkungan. Oleh karena itu, kualitas kemasan ramah lingkungan yang digunakan sebaiknya mampu menyerupai kemasan plastik yang kokoh dan mudah dipindahkan untuk menjaga kualitas minuman.

Baca juga: Apa Itu Kemasan Ramah Lingkungan? Ini Dia Contohnya

2. Terbuat dari Bahan Berkelanjutan

Bahan yang dipilih dalam kemasan eco-friendly mampu meminimalisir dampak buruk pada lingkungan. Misalnya karena mudah terurai di alam, tidak mengandung polutan beracun, hingga mempunyai ketersediaan yang cukup sehingga tidak bersifat eksklusif.

3. Dapat Didaur Ulang

Kemasan yang ramah lingkungan juga sebaiknya mampu didaur ulang sehingga bisa dimanfaatkan kembali untuk meminimalisir limbah atau sampah pada lingkungan. Hal ini mengambil peran penting untuk mewujudkan industri minuman yang aman dan ramah lingkungan.

Contoh Kemasan Minuman Ramah Lingkungan

contoh-kemasan-minuman-ramah-lingkungan

Setelah memahami pengertian dan ciri dari kemasan minuman, sekarang saatnya kita bedah berbagai contoh kemasan minuman yang cocok untuk bisnis ramah lingkungan. Berikut penjelasan dari masing-masing contoh kemasan:

1. Karton Paper-based

Kemasan produk dari karton dan pelapis berbahan tanaman atau air bisa menjadi pilihan yang baik sebagai kemasan alternatif dari botol plastik. Karton tergolong ringan, dapat didaur ulang, dan pada umumnya berasal dari kandungan yang terbarukan.

2. Botol Kaca

Pilihan kemasan minuman selanjutnya adalah botol kaca. Kemasan produk yang satu ini cocok untuk minuman khususnya yang mempunyai volume besar. Misalnya untuk stok kopi hingga jus sehat dalam kemasan 1 liter. Botol kaca juga bisa digunakan kembali dengan mudah oleh pelanggan sebagai perabot di rumah.

3. Gelas Kertas

Gelas kertas cocok untuk kemasan minuman dalam jumlah lebih kecil yang bisa langsung diminum oleh pelanggan. Kamu bisa menggunakan gelas ini sebagai alternatif dari gelas plastik. Pastikan gelas yang digunakan mempunyai material berkualitas sehingga tidak terlalu mudah luruh saat terkena cairan.

4. Kaleng Aluminium

Kaleng berbahan aluminium juga bisa menjadi pilihan kemasan minuman yang tepat untuk meminimalisir dampak buruk ke lingkungan. Kualitas produk dapat terjaga karena kaleng mampu menjadi wadah yang melindungi minuman dari paparan bakteri atau jamur. Kaleng aluminium juga merupakan salah satu kemasan yang mempunyai kemampuan daur ulang yang tinggi.

Baca juga: Invoicing Ramah Lingkungan Bersama Instapay

Selain memilih kemasan ramah lingkungan, kamu juga bisa menggunakan opsi pembayaran berkelanjutan menggunakan pembayaran online. Instapay menyediakan platform pembayaran untuk membantu pemilik bisnis menerima pembayaran secara online. Tersedia 20+ metode pembayaran yang dapat digunakan tanpa perlu integrasi, cukup dari aplikasi mobile.

Itulah ulasan lengkap tentang kemasan minuman ramah lingkungan yang diharapkan mampu membantu kamu dalam mengembangkan bisnis hijau yang aman untuk alam. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, Temen Insta!