Sebagai bagian terluar yang dilihat pelanggan, kemasan produk memiliki peran vital untuk menjadi penarik perhatian pertama. Selain dari segi estetika, fungsionalitas sebuah kemasan juga penting diperhatikan agar kondisi produk tetap dalam kondisi baik selama proses distribusi. Simak pembahasan lengkapnya berikut yuk, Temen Insta!

Sekilas Tentang Kemasan Produk

Kemasan produk secara umum dipahami sebagai pembungkus sebuah produk menggunakan material yang sesuai guna mempertahankan kualitas produk dan meminimalisir terjadinya kerusakan pada produk tersebut.

Karena setiap produk memerlukan kondisi pengemasan yang berbeda-beda, oleh karena itu material kemasan yang digunakan juga perlu disesuaikan dengan karakteristik produk. Misalnya produk yang reaktif terhadap sinar matahari perlu menggunaka material kemasan yang gelap dan kedap cahaya. Sehingga kemasan mampu menampung dan melindungi produk dengan baik.

Selain berfungsi untuk melindungi, kemasan juga berperan dalam pemasaran produk. Desain yang dibuat hendaknya bisa menjadi identitas sebuah produk sesuai dengan nilai yang dimiliki brand tersebut.

Faktor Penting dalam Kemasan Produk

Pemilik bisnis perlu memperhatikan faktor-faktor penting dalam menjalankan fungsi pengemasan. Berikut ini beberapa faktor pengemasan berdasarkan buku Manajemen Pengemasan oleh Dr. Thomas S. Kaihatu:

Faktor Pengamanan

Kemasan produk yang baik dapat menjadi pengaman bagi produk itu sendiri. Sehingga menjadi lebih bersih dan tahan terhadap kerusakan yang disebabkan faktor luar misalnya cuaca.

Faktor Ekonomi

Kemasan dapat berpotensi meningkatkan penjualan perusahaan. Karena dengan kemasan yang unik dan menarik dapat memikat perhatian pelanggan sehingga memengaruhi keputusan belanja menjadi lebih banyak. Namun, perhitungan biaya kemasan harus teliti agar biaya yang dikeluarkan tidak melebihi potensi laba yang didapatkan.

Faktor Informasi dan Komunikasi

Informasi tentang produk yang ingin disampaikan brand ke pelanggan dapat juga termuat dalam kemasan. Penting untuk memperhatikan bahwa informasi tersebut mudah dilihat, dipahami, dan diingat. Kemasan juga dapat berfungsi untuk mengkomunikasikan suatu citra tertentu pada pelanggan.

Faktor Estetika

Faktor Estetika berperan penting karena dapat memengaruhi psikologis dan emosional calon pelanggan. Selain itu, estetika juga menjadi standar sebuah bisnis untuk menetapkan harga. Produk dengan kualitas tinggi dapat tercermin dari kualitas estetika kemasannya juga. Sehingga menambah pengalaman dan nilai tambah yang dirasakan pelanggan.

Faktor Identitas

Adanya produk kompetitor dalam pasar membuat kompetisi menjadi bagian yang tidak terlepaskan dalam bisnis. Kondisi tersebut mendorong pemilik bisnis untuk membuat pembeda dengan memberikan identitas, salah satunya melalui kemasan. Representasi visual yang bisa diperhatikan misalnya logo, warna, font tulisan, dan lain-lain.

Nah, sekian ulasan tentang kemasan produk yang dapat diperhatikan. Setelah mampu menarik pelanggan dari kemasan, pemilik bisnis juga perlu memberikan layanan pembayaran yang mudah dan aman. Instapay adalah solusi pembayaran terbaik melalui aplikasi mobile dengan berbagai metode pembayaran. Download Instapay di sini, Temen Insta.

Show CommentsClose Comments

Leave a comment