Perkembangan teknologi membuat jenis produk yang dibutuhkan pelanggan semakin bervariasi. Salah satu yang sedang diminati pelanggan adalah produk digital. Dengan memanfaatkan teknologi, kamu bisa menciptakan produkmu sendiri.

Bahkan, pada beberapa produk tertentu tidak memerlukan modal biaya untuk memulainya. Cukup dengan perangkat digital dan bisa dikerjakan di mana pun. Hal ini membuat produk digital memiliki berbagai keunggulan untuk ditekuni sebagai bisnis sampingan. Karena selain biaya produksi yang terjangkau, jenis produk yang bisa dikembangkan juga sangat beragam. Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini yuk, Temen Insta!

Mengenal Produk Digital

Dikutip dari Bigcommerce, produk digital adalah produk tidak berwujud yang dikirimkan secara elektronik, seperti musik, perangkat lunak, dan ebook. Intinya, apa pun yang dapat diunduh dan digunakan secara digital dapat dianggap sebagai produk digital.

Pada dasarnya, siapa pun yang memiliki perangkat digital bisa membuat produk jenis ini. Karena tidak mempunyai wujud fisik, produk digital dapat sampai ke pelanggan tanpa memerlukan biaya ongkir. Transaksi produk ini umumnya dilakukan melalui internet sehingga dapat dijangkau oleh pelanggan dari berbagai penjuru daerah atau bahkan multinasional.

Berbeda dari produk fisik yang dapat difoto secara langsung dan memiliki dimensi, produk digital dapat dipasarkan dengan memberikan mock-up atau contoh gambaran produk pada pelanggan.

Contoh Produk Digital

contoh-produk-digital

Nah, setelah mengenal gambaran umum mengenai produk digital, kini saatnya kamu mengetahui berbagai contohnya. Contoh produk berikut bisa dijadikan referensi untuk memilih jenis produk apa yang ingin ditawarkan ke pelanggan. Sesuaikan jenis produk dengan keahlian dan sumber daya yang kamu miliki.

Berikut ini beberapa contoh produk digital yang diminati pelanggan:

1. e-Book

Untuk kamu yang suka menulis, e-book bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ditawarkan ke calon pelanggan. Pada umumnya e-book bisa menjadi salah satu media yang digunakan untuk menarik leads. Data leads ini merupakan informasi calon pelanggan yang bisa diprospek pemilik bisnis.

Selain sebagai penarik leads untuk bisnis, e-book juga bisa menjadi platform edukasi. Seperti resep memasak, tutorial digital marketing, cerita pendek, dan lain sebagainya. Target pelanggannya adalah end-user atau pembaca, bukan bisnis lain seperti pada e-book untuk leads.

2. Foto atau Video

Foto atau video juga bisa dijual secara resmi di platform online, lho. Ada banyak platform digital yang bisa dimanfaatkan untuk menjual hasil jepretan foto atau video. Selain dibagikan dalam bentuk mentah atau raw, kamu bisa juga melakukan editing yang sesuai untuk meningkatkan nilai jual dari produk yang ditawarkan. Misalnya dengan mengaplikasikan color grading.

3. Musik

Salah satu produk digital yang paling beragam jenisnya adalah musik. Misalnya dengan membuat cover lagu dan menguploadnya ke Youtube. Atau bisa juga membuat musik sendiri dan dibagikan ke Spotify. Selain itu, kamu juga bisa menawarkan jingle, instrumental, background bumper, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang hobi musik, inilah peluang untuk memperoleh pendapatan tambahan melalui hobi yang kamu miliki. Pastikan produk musik yang ditawarkan bersifat original dan tidak menyalahi hak cipta musisi lain.

4. Website

Jasa yang ditawarkan untuk website bisa berupa script coding, flow UI/UX, hingga isi konten website tersebut (visual dan tulisan). Kamu bisa mulai menawarkan produk sesuai keterampilan yang dimiliki. Selain itu, bisa juga berkolaborasi dengan rekan yang mempunyai keterampilan lain yang berkaitan dengan website sehingga bisa saling melengkapi untuk membuat paket pembuatan website dari awal hingga akhir.

5. Artikel

Salah satu inspirasi produk yang bisa ditawarkan oleh penulis adalah artikel. Produk ini adalah bentuk yang lebih sederhana dari e-book karena panjang tulisan yang lebih pendek. Untuk menambah nilai jual, kamu bisa menambahkan prinsip SEO dalam artikel yang ditawarkan. Artikel ini bisa digunakan untuk blog sebagai salah satu metode pemasaran bisnis.

Baca: Bedah 10 Media Promosi Online yang Potensial untuk Berbagai Jenis Bisnis

 

6. Desain Grafis

Desain grafis dibutuhkan di berbagai sektor mengingat tingginya penetrasi digital saat ini. Kamu bisa menawarkan jasa desain grafis untuk konten media sosial, website, hingga logo untuk sebuah komunitas, bisnis, atau bahkan perorangan. Desain yang baik merupakan bagian dari branding untuk menonjolkan nilai-nilai yang dimiliki sebuah bisnis atau individu.

7. Kursus Online

Semenjak pandemi, pembelajaran online menjadi lebih dikenal masyarakat. Kursus online adalah salah satu pilihan yang tepat untuk ditawarkan jika kamu memiliki keahlian tertentu dan ingin membagikannya ke orang lain. Selain menawarkan kelas kursus secara mandiri, kamu bisa bergabung dengan lembaga kursus online sebagai tutor atau pembicara.

Tahukah kamu kalau produk digital bisa dibagikan dengan lebih mudah menggunakan e-catalog? Pemilik bisnis bisa membuat e-catalog dengan mudah menggunakan aplikasi Instapay. E-catalog tersebut sudah terhubung dengan berbagai channel pembayaran yang mendukung kelancaran transaksi.

Cek di sini untuk membaca lebih lanjut tentang e-catalog Instapay. Semoga ulasan tentang produk digital ini membantu ya, Temen Insta.

Show CommentsClose Comments

Leave a comment