Ada banyak cara yang dapat dilakukan para pelaku usaha untuk membuat bisnis lebih berkembang. Salah satunya dengan mengetahui respons konsumen melalui survei kepuasan pelanggan.

Survei kepuasan pelanggan adalah jenis survei yang dilakukan untuk memahami tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan maupun jasa serta produk dari bisnis yang kita jalankan.

Melalui survei ini pun para pebisnis dapat mengetahui terkait jasa atau produk yang ditawarkan kepada konsumen sudah memenuhi harapan mereka atau belum.

Manfaat Survei Kepuasan Pelanggan

Bisnis berpotensi lebih maju dan berkembang jika melakukan survei kepuasan pelanggan. Mengapa demikian? Sebab, dengan ini Anda dapat mengetahui suara hati para pelanggan selama menggunakan jasa atau produk bisnis Anda.

Pun Anda dapat membuat inovasi baru berdasarkan hasil survei tersebut yang bisa saja belum dimiliki oleh kompetitor sehingga bisnis Anda lebih unggul.

Berikut ini beberapa manfaat survei kepuasan pelanggan yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis.

1. Memahami Pelanggan

Melalui survei ini, Anda dapat memahami profil pelanggan dalam bertransaksi. Contohnya, seberapa sering mereka memakai jasa bisnis Anda, seberapa sering dan banyak mereka melakukan pembelian produk, alasan yang mendasari mereka memilih produk atau jasa bisnis Anda, masalah apa yang ingin mereka perbaiki, dan lainnya.

Dengan mengajukan pertanyaan survei yang tepat, Anda dapat memperoleh wawasan yang mendalam tentang pelanggan dengan lebih cepat.

Baca juga: Tips Meningkatkan Kepuasan Pelanggan untuk Bisnis Online

2. Identifikasi Tren Pembelian

Tren pembelian memang sering berubah, tetapi tren ini dapat diprediksi dan dapat bertahan cukup lama untuk Anda manfaatkan.
Dengan mengajukan pertanyaan survei yang tepat, Anda dapat mengetahui tren pembelian dan memanfaatkannya semaksimal mungkin untuk diterapkan pada bisnis Anda.

3. Menghemat Pengeluaran

Pengeluaran biaya untuk memperoleh pelanggan baru biasanya mencapai 6-7 kali lebih mahal, dibandingkan mempertahankan pelanggan yang sudah ada sekarang. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kepuasan pelanggan.

Oleh karena itu, daripada menghabiskan banyak biaya untuk mendapatkan konsumen baru, yang belum tentu akan setia kepada bisnis Anda, lebih baik mengeluarkan sebagian kecil biaya untuk meningkatkan proses dan sistem yang ada untuk mempertahankan pelanggan saat ini.

Tentu saja ini akan sangat membantu dalam menghemat pengeluaran dan meningkatkan pendapatan bisnis.

4. Menentukan Aspek yang Perlu Diperbaiki

Beruntung jika pelanggan memiliki kepuasan yang sangat tinggi terhadap bisnis Anda. Namun, jika pelanggan merasa ada aspek yang perlu diperbaiki, biasanya mereka tak ragu untuk mengatakannya.

Jika pelanggan merasa kurang puas dengan bisnis Anda, hal itu bisa saja akan berdampak buruk pada penjualan di masa depan.

Maka dari itu, melakukan survei memberi kesempatan bagi para pelaku binsis untuk menunjukkan kepada pelanggan bahwa memiliki keinginan yang kuat untuk meningkatkan bisnis yang dijalankan.

5. Mengurangi Komentar Negatif dari Mulut ke Mulut

Menurut penelitian McKinsey, pelanggan yang tidak puas akan menceritakan pengalamannya kepada 9-15 orang. Tentu tidak ingin, dong, hal ini terjadi pada bisnis Anda?

Komentar negatif dapat berdampak langsung pada pendapatan bisnis dan manajemen reputasi merek, sehingga pada akhirnya akan membuat bisnis merugi.

Oleh karena itu, lakukanlah survei kepuasan pelanggan agar dapat mengetahui aspek-aspek yang kurang memuaskan pelanggan, dan segera memperbaikinya.

6. Potensi Pelanggan Setia

Pelanggan yang puas kemungkinan besar akan membeli produk atau memakai jasa bisnis Anda lagi secara berulang. Salah satu cara mudah untuk mengetahui hal ini yaitu dengan melakukan survei.

Minta mereka untuk menilai tingkat kepuasan dalam skala 1 sampai 10, lihatlah siapa saja dan seberapa banyak yang dengan senang hati akan setia pada bisnis Anda di masa depan.

7. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Salah satu hal terpenting dalam mengembangkan basis pelanggan yang kuat yaitu membina loyalitas. Para pelaku bisnis tentu ingin pelanggan menyukai merek Anda, dapat menikmati interaksi dengan perusahaan Anda, dan menyukai produk atau layanan yang mereka beli dari perusahaan Anda.

Dengan survei kepuasan pelanggan, Anda dapat menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dengan pengalaman mereka dan mengoptimalkannya untuk memberikan pengalaman sesuai harapan mereka.

Tips Membuat Survei Kepuasan Pelanggan

Setelah mengetahui beragam manfaat survei kepuasan pelanggan, kini saatnya Anda membuat survei. Kira-kira bagaimana, ya, caranya?
Tidak sulit, kok, untuk membuat survei kepuasan pelanggan, Anda hanya perlu memperhatikan beberapa tips ini.

1. Membuat Pertanyaan yang Sesuai

Rancang pertanyaan sesuai dengan tujuan dari survei yang Anda bikin. Apakah hanya untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan, atau ingin pula mendapatkan saran perbaikan dari pelanggan?

Pertanyaan harus jelas, relevan dengan tujuan survei, dan spesifik. Jika Anda ingin mendapatkan jawaban lengkap dari responden, Anda dapat menggunakan jenis pertanyaan terbuka. Namun, jika hanya butuh opsi jawaban tetap, cukup memakai pertanyaan tertutup.

2. Gunakan Skala Penilaian

Skala penilaian 1-5 atau 1-10 dapat dipakai saat melakukan survei untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap aspek-aspek yang dinilai.

Pastikan skala tersebut mudah dipahami. Biasanya, angka paling kecil atau angka 1 untuk nilai paling tidak puas, sementara angka 10 untuk nilai sangat memuaskan.

3. Pilih Responden Sesuai Sasaran

Kepada siapa Anda akan menyebar survei ini? Apakah untuk konsumen secara umum atau pelanggan setia bisnis Anda?
Tentukan segmentasi kelompok pelanggan yang akan dipilih menjadi responden sesuai dengan kebutuhan atau tujuan survei Anda.

4. Buat Survei secara Ringkas

Hindari membuat survei yang terlalu panjang, apalagi rumit dipahami. Sebab, biasanya para responden lebih mungkin berpartisipasi jika survei yang mereka isi tidak perlu memakan banyak waktu.

5. Berikan Intensif

Intensif menjadi salah satu kuncian agar pelanggan ingin berpartisipasi dalam survei yang Anda jalankan. Contoh intensif yang dapat diberikan yaitu berupa potongan diskon saat membeli produk atau menggunakan jasa bisnis Anda.

6. Pilih Platform Survei Terpercaya

Saat ini telah tersedia beragam platform survei online yang dapat Anda manfaatkan untuk mempermudah dalam membuat bahkan menyebar survei kepuasan pelanggan. Adapun contoh layanan survei online yang terpercayatepercaya yaitu Poplite by Populix.

Membuat survei dengan Poplite by Populix sangatlah mudah, Anda pun bisa mendapatkan tanggapan dari responden yang sesuai dengan kebutuhan survei secara cepat. Tenang saja, para responden telah lolos proses screening sehingga dapat dipastikan berkualitas.

Anda telah tahu beragam manfaat dan langkah-langkah membuat survei kepuasan pelanggan. Kini saatnya Anda membuat survei sendiri agar bisnis semakin berkembang.

Artikel ini hasil kerja sama Instapay dan Populix