Kata orang, ada banyak jalan menuju Roma. Namun, bukankah lebih baik kalau kita memilih jalan efektif dan cepat sampai tujuan? Begitu juga dengan bisnis, dengan menganalisis secara seksama kita bisa memiliki peta dan strategi bisnis yang lebih baik, lho, Temen Insta. Yuk, pahami analisis SWOT dalam artikel berikut agar bisnis makin lancar!

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah sebuah teknik strategi dengan membandingkan sebuah bisnis dengan kompetitornya. SWOT sendiri merupakan singkatan dari strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Nah, 4 faktor ini nantinya akan dikaji dalam analisis SWOT.

Albert Humphrey, seorang konsultan bisnis dan manajemen Amerika, pertama kali memperkenalkan analisis SWOT saat ia memimpin sebuah riset di Universitas Stanford pada sekitar tahun 1960-an. Hingga saat ini, metode SWOT masih populer digunakan karena kemudahan aplikasi dan manfaat yang diperoleh.

Penerapan dan Contoh

Penting untuk memahami masing-masing faktor dalam analisis SWOT sehingga mampu memberikan hasil yang akurat. Selain itu, akan lebih baik jika analisis ini bisa dikerjakan secara berkelompok untuk mengurangi bias pribadi dan memperkaya sudut pandang yang digunakan. Mari pahami masing-masing faktornya bersama!

Strengths (Kekuatan)

Sama seperti namanya, faktor ini membahas tentang sesuatu yang dilakukan dengan sangat baik oleh sebuah bisnis sehingga menjadi kekuatannya. Hal ini bisa berupa hal fisik maupun non fisik yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Contohnya: respon terhadap permintaan pelanggan hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit.

Weaknesses (Kelemahan)

Faktor kelemahan mencakup setiap bagian dari bisnis yang menghambat tercapainya tujuan yang ditentukan. Selain itu, faktor ini juga bisa dimaknai sebagai celah yang perlu ditingkatkan untuk jangka pendek maupun jangka panjang, misal: lokasi bisnis berada di tempat yang kurang strategis.

Opportunities (Peluang)

Dalam analisis SWOT, peluang adalah semua hal yang bisa dilakukan untuk memajukan bisnis. Kemajuan ini bisa berupa peningkatan penjualan, pertumbuhan brand awareness, mencapai visi misi perusahaan, dll. Salah satu contoh peluang adalah sektor yang ditekuni sedang mengalami kenaikan peminat.

Threats (Ancaman)

Faktor terakhir dalam analisis ini adalah ancaman, yaitu mencakup segala hal yang berisiko mengancam keberhasilan bisnis yang ditekuni. Faktor ini muncul dari luar bisnis. Misalnya: perubahan peraturan undang-undang, pemasok bahan baku berkurang, munculnya pesaing baru, dll.

Manfaat Analisis SWOT

Analisis SWOT tetap dipakai hingga hari ini tentu bukan tanpa alasan. Metode ini memberikan rangkaian manfaat yang bisa membantu bisnis lebih terarah. Berikut manfaat yang ditawarkan:

  • Mendapatkan pemahaman yang jelas mengenai bisnis secara keseluruhan.
  • Mengidentifikasi peluang untuk membedakan bisnis dari kompetitor.
  • Membantu menentukan prioritas.
  • Mengetahui potensi pasar dan perubahan tren.
  • Mengantisipasi hambatan bisnis dari lingkungan internal maupun eksternal
  • Mampu menonjolkan kekuatan bisnis sehingga unggul dalam persaingan.

Demikianlah ulasan mengenai analisis SWOT yang bisa membantu membangun bisnis sistematis. Salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan strengths atau kekuatan bisnis adalah memberikan transaksi yang mudah dan aman untuk pelanggan. 

Dapatkan kemudahan transaksi hanya dengan satu aplikasi menggunakan Instapay, Temen Insta. Download Instapay Sekarang!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment