Dalam dunia bisnis, menolak perubahan adalah awal dari kegagalan. Seorang pebisnis harus adaptif dengan pertumbuhan teknologi dan zaman yang terus berkembang. Salah satunya dalam bidang pemasaran. Digital marketing kini menjadi primadona untuk meningkatkan kesadaran brand dan penjualan. Lalu, arti dari digital marketing itu sendiri apa sih, Temen Insta?

Secara sederhana, digital marketing adalah suatu aktivitas promosi. Baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa menggunakan media digital. Dibandingkan dengan marketing tradisional, pemasaran digital merupakan sebuah inovasi baru yang efektif untuk mendekati pelanggan dan memahami bagaimana mereka berperilaku.

Kenapa Perlu Digital Marketing?

Seorang ahli pemasaran bernama Sanjay Dholakia mengemukakan bahwa aktivitas digital adalah pusat dunia pemasaran saat ini. Dulu, digital marketing hanyalah “salah satu hal yang dilakukan”, tapi sekarang menjadi “HAL PENTING yang dilakukan” oleh sebuah bisnis. Lantas mengapa digital marketing menjadi sangat diperlukan?

Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Aktivitas marketing menggunakan platform digital memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dibandingkan marketing tradisional karena bisa meraih calon pelanggan yang potensial dan cocok dengan tujuan bisnis. Digital marketing juga bisa menjangkau segmentasi pasar sesuai dengan jenis aktivitas marketing yang dijalankan.

Menghemat Biaya Marketing

Adanya digital marketing bisa menghemat biaya karena bisa melacak, mengukur, dan menganalisis data dari aktivitas pemasaran dengan lebih akurat dibandingkan dengan aktivitas marketing tradisional. Data ini bisa digunakan juga untuk menjadi pedoman dan rekomendasi dalam menjalankan campaign atau promosi selanjutnya.

Meningkatkan Daya Saing

Dulu, pemilik bisnis kecil akan jauh lebih susah bersaing dengan bisnis yang sudah besar dan berdiri lama karena ruang gerak yang terbatas. Platform digital menjadi panggung yang pas untuk memperkenalkan produk dan nilai unik dari setiap bisnis meskipun masih dalam tahap rintisan dan skalanya kecil.

Media Digital Marketing

Tidak hanya tentang kreativitas, jenis media yang digunakan juga akan berpengaruh terhadap strategi dan jenis konten yang digunakan. Berikut adalah jenis media yang umum digunakan dalam pemasaran digital:

Website Marketing

Membuat website bisnis yang tepat guna dan terstruktur bisa menunjukkan profesionalitas sebuah bisnis. Sebagai salah satu pusat media pemasaran digital, sebaiknya website yang dibuat bisa mewakili brand, produk, dan visi misi bisnis tersebut. Selain itu, bisa juga mengembangkan blog dalam website untuk menarik pengguna baru menggunakan kata kunci yang sesuai dengan prinsip search engine optimization (SEO).

Social Media Marketing

Media sosial sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Memproduksi konten yang menarik dan sesuai dengan perkembangan tren adalah langkah tepat untuk menjangkau audiens yang sesuai dengan target pasar bisnismu. Media sosial juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk meningkatkan brand awareness.

Pay Per Click (PPC) Advertising

Memasang iklan di media digital membantu untuk menjangkau target pelanggan dengan lebih cepat dan akurat karena bisa mengatur sendiri demografi, kegemaran, dan lokasi pengguna yang diinginkan. Ada banyak jenis PPC misalnya, Google Ads, Facebook Ads, Twitter Ads, dll. Seperti namanya, pebisnis yang memasang PPC hanya perlu membayar ketika iklan diklik oleh pengguna.

Email Marketing

Sebuah survei yang dilakukan DMA menunjukkan bahwa lebih dari 90{e183f015b98e86ec2d681f157c8c2a25f62fae36b40f0965375d6a0f4b5dd3c4} konsumen memeriksa email mereka setiap hari. Jika mampu memberikan konten email yang tepat, media ini bisa menjadi lahan yang potensial untuk meningkatkan penjualan. Media ini juga bisa memberikan kesan personal karena ditujukan langsung untuk masing-masing pelanggan dan penerima email adalah mereka yang memang memiliki ketertarikan dengan brand tersebut.

Demikian ulasan tentang digital marketing yang kian penting untuk dilakukan. Namun, tidak hanya strategi pemasaran yang perlu go digital. Sediakan juga sistem transaksi digital agar bisnis tidak ketinggalan zaman.

Aplikasi Instapay memungkinkan transaksi dilakukan secara online dan hanya melalui ponsel. Pelanggan dapat membayar tagihan melalui link yang bisa diakses dari mana saja. Buat akun sekarang untuk menikmati kemudahan jualan ya, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment