Halo, Temen Insta! Senang sekali webinar series SABI kembali lagi bulan ini, topik yang dibahas adalah copywriting. Webinar copywriting yang berlangsung pada 15 Desember 2022 ini masih berkolaborasi dengan Cakap dan diikuti oleh lebih dari 100 orang peserta dari ruang zoom dan sebagian lagi dari aplikasi Cakap. Simak rangkuman keseruan dalam webinar SABI Vol. 02 di artikel berikut yuk!

Mengenal Brand dan Target Pasar

webinar-copywriting-di-instapay

Webinar copywriting kali ini mengawali sesi pemaparan materi dengan mengenalkan tentang brand dan target pasar. Amelia Talida selaku pembicara menyampaikan bahwa sebelum mulai menerapkan teknik copywriting, sangat penting untuk mengenali brand kamu dan siapa target pasar yang dituju. Ada beberapa pertanyaan sederhana yang bisa dijawab untuk mengenali brand sebelum menulis, seperti:

  • Apa saja value dari brand kamu?
  • Bagaimana detail produk yang dijual?
  • Apa unique selling point yang ingin ditonjolkan?

Dengan menjawab beberapa pertanyaan tersebut, harapannya penulis bisa memahami lebih dalam tentang brand dan mempunyai identitas saat menulis. Selanjutnya, penting juga untuk mengenali target pasar agar mempunyai cara komunikasi yang tepat, baik dari pilihan kata, jenis campaign, maupun media yang dipilih. Konsep yang bisa digunakan untuk membantu memahami target pasar adalah dengan menentukan audiens persona dan empathy map. Selain itu, brand tone of voice juga perlu disiapkan agar mampu mengekspresikan persona dan core value dari sebuah brand melalui kata-kata untuk berkomunikasi dengan audiens.

Tentang Copywriting

Setelah memahami brand dan target pasar, kini saatnya untuk membedah tentang copywriting itu sendiri. Jadi, copywriting adalah sebuah teknik membujuk pelanggan melalui tulisan untuk melakukan suatu aksi sesuai dengan tujuan sebuah brand. Misalnya untuk membeli produk, subscribe layanan, download aplikasi, dll. Sementara copy adalah tulisan yang menggunakan teknik copywriting.

Amelia menjelaskan beberapa perbedaan copywriting dan content writing yang penting diketahui pemilik bisnis sebelum mulai menulis, di antaranya adalah:

perbedaan-copywriting-dan-content-writing

Kemudian, peserta diajak untuk mengetahui bagian-bagian dalam sebuah copy. Bagian pertama adalah headline sebagai penarik perhatian, dilanjutkan dengan subheading yang merupakan penjelas dari headline, selanjutnya body copy yang memaparkan value proposition, dan ditutup dengan Call to Action (CTA) untuk mengajak audiens melakukan sebuah aksi. Bagian-bagian tersebut merupakan struktur umum yang ada dalam copy dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Terdapat beberapa teknik umum yang bisa diaplikasikan saat menulis sebuah copy, yaitu AIDA, PAS, dan FAB. Berikut penjelasan dari masing-masing teknik:

teknik-copywriting

Copywriting untuk Catalog Produk

Sesi materi terakhir dalam webinar copywriting ini adalah membahas tentang copywriting yang cocok untuk catalog produk, khususnya e-catalog. Tanpa disadari banyak pemilik usaha yang masih mengabaikan platform satu ini, padahal e-catalog adalah media terakhir yang dilihat pelanggan sebelum membeli.

Salah satu bagian dalam e-catalog yang bisa dimasukkan copywriting adalah deskripsi produk. Pelanggan punya kebutuhan untuk memahami produk sebelum membeli. Apalagi saat belanja secara online, calon pelanggan tidak bisa menyentuh produk secara langsung sehingga wajib membaca katalog dengan teliti. Memanfaatkan kolom deskripsi produk adalah langkah cerdas untuk memberikan informasi yang jelas dan persuasif kepada pelanggan. Misalnya dengan menjelaskan komposisi atau material dengan rinci, mencantumkan benefit yang meyakinkan, dan memberikan cara penyimpanan produk dan petunjuk penggunaan.

Untuk mempermudah pembuatan e-catalog, Instapay memberikan solusi konkret dan efektif melalui Instapay Catalog. Pemilik bisnis cukup mendownload aplikasi Instapay kemudian membuat e-catalog sesuai kebutuhan yang telah dilengkapi dengan rincian produk, opsi pengiriman, dan berbagai metode pembayaran. E-catalog ini dapat dibagikan dengan mudah dalam bentuk link sehingga pelanggan tidak perlu install aplikasi Instapay terlebih dahulu untuk bisa berbelanja.

Tujuan akhir dari webinar copywriting ini adalah untuk membantu pemilik bisnis menguasai skill penting copywriting agar bisa memikat pelanggan melalui tulisan. Pemanfaatan media digital untuk promosi bisnis juga menjadi langkah efektif yang diperkenalkan pada pemilik bisnis agar tetap relevan dengan perkembangan pasar.

Saksikan video lengkap tentang webinar SABI Vol. 02 di bawah ini ya, Temen Insta!

 

 

 

 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment