Meskipun sudah digunakan sejak lama, tapi sebagian masyarakat masih belum memahami manfaat kartu kredit dengan seksama. Jika diamati lebih dalam, kartu ini sebenarnya memiliki banyak keunggulan yang ditawarkan untuk pelanggan, lho. Yuk simak artikel lengkap berikut agar tahu lebih dalam, Temen Insta!

Sekilas Tentang Kartu Kredit

Menurut Bank Indonesia, kartu kredit atau credit card adalah sebuah Alat Pembayaran Menggunakan Kartu (APMK) yang bisa digunakan untuk membayar kewajiban yang timbul dari suatu kegiatan ekonomi. Skema transaksinya adalah pembayaran dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit kartu kemudian pemegang kartu wajib membayar sesuai waktu yang disepakati ke penerbit kartu.

Pada umumnya, kartu kredit memiliki limit transaksi sesuai dengan profil masing-masing pemegang kartu. Besarnya limit biasanya tidak melebihi pendapatan yang diperoleh setiap bulan. Sehingga transaksi bisa disesuaikan dengan kemampuan pelanggan.

Manfaat Kartu Kredit

Antusiasme masyarakat untuk menggunakan kartu kredit perlahan mulai tumbuh seiring dengan meningkatnya pembayaran nontunai. Kondisi tersebut diperkuat dengan adanya peningkatan transaksi kartu jenis ini sebesar 10,39% pada Desember 2021 (Katadata, 2022). Berikut ini adalah rangkaian manfaat yang bisa didapatkan jika menggunakan credit card:

1. Mempermudah Pembayaran Tagihan Bulanan

Beberapa tagihan wajib yang dilakukan setiap bulan seperti tagihan internet, air dan llistrik dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan kartu kredit. Pemegang kartu dapat mendaftarkan tagihan-tagihan tersebut agar bisa dibayar secara otomatis setiap bulannya dengan tepat waktu. Hal ini juga membantu untuk menghindari telat bayar tagihan karena lupa atau tidak sempat membayar satu per satu.

2. Membantu Kebutuhan Darurat

Untuk pelanggan yang memerlukan barang cepat tapi terkendala biaya, kartu kredit adalah solusi yang tepat. Misalnya jika segera memerlukan gadget untuk memenuhi pekerjaan atau membeli barang khusus dengan stok terbatas.

Dari segi pemilik bisnis, mekanisme pembayaran ini juga berpotensi meningkatkan penjualan. Karena bisa membantu kemampuan pembelian pelanggan yang dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit kartu.

3. Memfasilitasi Transaksi Luar Negeri

Dalam dunia yang sudah terkoneksi seperti saat ini, potensi untuk melakukan transaksi manca negara juga semakin terbuka lebar. Kartu berlogo Visa dan Mastercard sudah bisa diterima di banyak negara sehingga mampu memfasilitasi masyarakat Indonesia di luar negeri yang ingin berbelanja.

Hal yang sama juga berlaku untuk warga internasional yang datang ke Indonesia. Contoh kasusnya adalah turis asing yang ingin menyewa vila di Bali. Pemilik vila bisa dengan mudah menerima pembayaran dengan kartu kredit ini.

Jika tidak memiliki waktu untuk mengurus dokumen rumit ke bank dan membeli mesin EDC dengan harga mahal, pemilik bisnis bisa memilih Instapay sebagai solusi mudah dan aman untuk pembayaran online kartu kredit yang bisa diperoleh hanya dengan membuat akun di aplikasi ponsel. Baca selengkapnya di sini, ya.

4. Mengatur Keuangan Lebih Praktis

Setiap transaksi menggunakan kartu ini akan tercatan dengan rapi dan rinci sehingga bisa membantu pemegang kartu untuk melacak setiap pengeluaran dengan lebih praktis. Selain itu, pada umumnya tersedia opsi pembayaran kartu dengan cara mencicil yang membantu untuk merencanakan keuangan pribadi/bisnis dan menjaga jumlah cashflow.

5. Menyediakan Promo Menarik

Sudah bukan menjadi hal yang baru jika credit card menawarkan banyak promo yang menarik minat pelanggan. Misalnya harga khusus atau diskon dan poin yang bisa ditukarkan dengan voucher belanja di beberapa tenant yang telah bekerja sama dengan penerbit kartu.

Demikian ulasan mengenai manfaat kartu kredit yang ditawarkan untuk pelanggan. Jika digunakan dengan seksama, kartu ini berpotensi menjadi pilihan pembayaran dalam berbagai jenis transaksi bisnis. Terima kasih sudah membaca ulasan ini, Temen Insta.

 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment