Masyarakat sudah semakin jarang menggunakan uang tunai dalam transaksi sehari-hari. Sebagai gantinya mereka memilih pembayaran nontunai, salah satunya e-wallet atau dompet elektronik. Banyak pemilik bisnis pun berusaha menyesuaikan pergeseran preferensi masyarakat dengan menyediakan pembayaran dompet elektronik baik untuk toko tatap muka atau jualan online. Baca informasi dalam artikel ini agar mengenal e-wallet dan manfaatnya yuk, Temen Insta!

Apa Itu E-Wallet?

Dilansir dari Bank Indonesia, e-wallet adalah layanan elektronik untuk menyimpan data instrumen pembayaran, antara lain alat pembayaran dengan menggunakan kartu dan/atau uang elektronik, yang dapat menampung dana untuk melakukan pembayaran. Teknologi ini pada umumnya berupa aplikasi yang bisa diakses dari ponsel.

E-wallet bisa digunakan untuk berbagai tujuan transaksi, misalnya untuk pembayaran transaksi belanja dan pembayaran tagihan. Kemudian, dana yang ada dalam dompet eletronik juga bisa ditambah dengan penyetoran tunai, transfer, atau auto debet rekening simpanan. Istilah penambahan dana tersebut disebut juga dengan top up dana.

Dompet digital sendiri disediakan oleh Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang harus mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk bisa menjalankan layanan tersebut. Selain itu, pemerintah juga telah mengeluarkan peraturan untuk menjaga regulasinya, yaitu dimuat adalam Peraturan Bank indonesia No.18/40/PBI/2016 dan Surat Edaran Bank Indonesia No.18/41/DKSP tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran.

Perkembangan E-Wallet di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, pembayaran dengan dompet elektronik semakin diminati masyarakat Indonesia. Transaksi dengan alat pembayaran online satu ini semakin naik setiap tahun, Bank Indonesia mencatat transaksinya mencapai Rp35 T pada 2021. Tidak berhenti di situ, e-wallet juga menjadi metode yang paling diminati untuk transaksi belanja online.

Jenis e-wallet pun semakin beragam untuk memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat saat ingin transaksi. Menurut Daily Social, OVO adalah dompet elektronik yang paling banyak digunakan di dalam negeri pada 2021. Sedangkan untuk mengejar promo, Shopeepay lah yang menjadi pilihan pertama masyarakat Indonesia.

Manfaat E-Wallet untuk Bisnis

Setelah memahami pengertian dan perkembangan dompet elektronik di Indonesia. Kamu mungkin akan bertanya tentang apa saja manfaat yang bisa diperoleh untuk bisnis jika menerapkan jenis pembayaran ini saat transaksi dengan pelanggan. Nah, berikut ini adalah daftar manfaatnya:

1. Pencatatan Otomatis

Dokumentasi adalah hal yang penting untuk bisnis tapi tidak bisa dipungkiri kalau akan memakan banyak waktu jika harus dilakukan manual. Dengan sistem digital seperti dompet elektronik ini, pemilik bisa memiliki database yang terstruktur karena tercatat otomatis tanpa input data satu per satu.

2. Mempermudah Proses Pembayaran

Pemilik bisnis tidak perlu lagi menyediakan stok uang kembalian jika pembayaran dilakukan secara online. Proses ini bisa mempermudah transaksi pembayaran tatap muka sehingga mengurangi risiko antrian pelanggan yang mengular. Pada umumnya akan digunakan kode QR saat akan membayar tagihan.

3. Efisiensi Waktu

Karena proses yang mudah tentunya akan menghemat waktu akibat proses transaksi berlangsung lebih cepat dan dokumentasi yang sudah berjalan secara otomatis. Dalam jangka panjang, manajemen waktu yang baik bisa berdampak signifikan untuk perkembangan bisnis menjadi lebih maju dari waktu ke waktu.

4. Menarik Lebih Banyak Pelanggan

Pembayaran yang mudah, cepat, dan aman tentunya bisa menjadi daya tarik yang ditawarkan ke pelanggan. Hal ini juga merupakan upaya untuk menyesuaikan dengan pergeseran preferensi pelanggan yang sebelumya menggunakan pembayaran tunai dengan uang kartal menjadi pembayaran digital. Pemilik bisnis bisa menangkap peluang ini untuk menarik lebih banyak pelanggan.

Demikian penjelasan mengenai e-wallet yang sebaiknya dipahami sebelum mulai mengaplikasikannya ke sistem pembayaran bisnis. Bagaimana? Sudah tertarik punya pembayaran digital? Instapay adalah solusi untuk membantu transaksi pembayaran digital menggunakan berbagai metode salah satunya dengan e-wallet. Cukup dengan aplikasi mobile tanpa perlu mengurus satu per satu ke penerbit pembayaran atau bank. Klik di sini untuk mengetahui lebih dalam ya, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment