KYC atau Know Your Customer adalah langkah pertama dalam customer relationship dengan sebuah perusahaan. Praktik ini sangat umum dilakukan khususnya dalam industri finansial untuk mengenali data pelanggan. Mari pahami KYC lebih dalam melalui artikel ini, Temen Insta!

Sekilas Tentang KYC

Dikutip dari electronicid.eu, KYC adalah sebuah metode yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk melakukan verifikasi identitas pelanggan atau pengguna mereka sesuai dengan persyaratan legal dan hukum yang berlaku.

Selain sebagai bentuk kewajiban untuk menaati aturan hukum, KYC juga bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan dana, korupsi, pencucian uang, dan tentunya memastikan keamanan transaksi pengguna secara keseluruhan.

Prinsip Kerja KYC Digital

Pada metode pengenalan pelanggan ini, perusahaan finansial akan menghimpun data pelanggan secara lengkap, baik untuk pelanggan perseorangan atau atas nama perusahaan. Namun dengan perkembangan teknologi, proses konvensional yang sebelumnya harus datang tatap muka kini bisa dilakukan online melalui perangkat digital.

Secara umum, dokumen yang dibutuhkan untuk verifikasi adalah KTP, NPWP, formulir digital, dan pernyataan untuk menyetujui syarat dan ketentuan yang diberikan oleh perusahaan finansial. Data yang terstruktur juga bisa membantu lembaga pemerintah yang berwenang untuk mengawasi jalannya transaksi. Sehingga, dapat memberikan rasa aman untuk pelanggan dan perusahaan penyedia layanan.

Manfaat KYC Digital

Nah setelah memahami tentang pengertian dan prinsip kerjanya, berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika menerapkan KYC secara digital:

Mencegah Pencucian Uang

Pencegahan dilakukan dengan memverifikasi apakah identitas dan dokumen pelanggan asli sesuai dengan standar yang berlaku. Contoh penyedia layanan validasi data pelanggan adalah Asli RI. Hal ini juga menghindari oknum yang ingin menyalahgunakan identitas orang lain. Pada beberapa kasus, perlu dilakukan video call atau kunjungan langsung untuk peninjauan lebih lanjut. Semua itu dilakukan untuk keamanan bersama.

Memudahkan Investigasi Kasus

Selain mencegah, pengenalan pelanggan yang baik dapat membantu melacak data dengan baik saat terjadi kasus tertentu. Sehingga, dapat membuat proses investigasi berlangsung lebih cepat dan efisien.

Menekan Risiko Operasional

Database pelanggan yang terorganisir dapat mengurangi risiko terjadinya kesalahan data dalam operasional perusahaan. Sistem digital membantu meningkatkan akurasi dokumentasi karena tidak perlu mencatat satu per satu dan membuka tumpukan dokumen kertas. File dapat diakses dengan lebih cepat oleh operator yang berwenang jika dibutuhkan.

Waktu dan Tempat yang Fleksibel

Sistem digital membantu pelanggan lebih mudah dalam mengunggah dokumen karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Hal ini juga bisa menjadi solusi bagi pelanggan yang tidak memiliki waktu luang untuk datang langsung ke perusahaan layanan finansial.

Demikian penjelasan mengenai KYC yang sangat penting dalam industri finansial. Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menyediakan layanan transaksi yang aman, Instapay tentunya telah menerapkan metode pengenalan pelanggan ini sesuai dengan aturan yang berlaku. Gunakan aplikasi Instapay sekarang yuk, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment