Sistem transfer uang di Indonesia telah berkembang pesat seiring berkembangnya teknologi. Dari yang dulunya hanya dikirimkan melalui pos hingga kini telah berlangsung secara online. Salah satu sistem transfer uang yang sedang populer adalah menggunakan virtual account. Layanan ini memungkinkan pembayaran tanpa perlu memasukkan nominal transaksi, lho. Nah untuk lebih memahami metode unik ini, simak sampai akhir ya, Temen Insta!

Pengertian Virtual Account

Seperti namanya, virtual account (VA) adalah sebuah akun rekening virtual/tidak nyata yang digunakan untuk menerima pembayaran. Akun ini berisi nomor identifikasi pelanggan yang dibuat oleh bank terkait atas permintaan perusahaan guna melangsungkan transaksi dengan pelanggan atau merchant mereka.

Pada setiap transaksi, pelanggan akan mendapatkan satu VA Number unik yang diatur sesuai kebutuhan perusahaan. Sehingga saat melakukan pembayaran, tidak perlu lagi menuliskan nomor rekening perusahaan yang dituju dan nominal tagihannya. Cukup menyelesaikan pembayarannya saja. Sistem ini juga memungkinkan konfirmasi pembayaran berlangsung otomatis tanpa perlu mengirimkan bukti transfer.

Instapay Indonesia telah bekerja sama dengan berbagai bank ternama di Indonesia. Sehingga cukup dengan daftar akun Instapay, bisnis kamu sudah bisa menerima pembayaran dengan metode virtual account dari beragam bank tanpa perlu mengurus satu per satu ke masing-masing bank tersebut. Mudah bukan? Download aplikasi Instapay yuk!

Keuntungan Virtual Account

Selain untuk memenuhi kebutuhan transaksi yang diminati pelanggan, virtual account juga menawarkan beberapa keuntungan yang dapat membantu bisnis tumbuh lebih cepat dan efisien. Berikut di antaranya:

Memudahkan Pembayaran Pelanggan

Pelanggan tidak perlu lagi mengetik ulang nomor rekening yang dituju dan nominal yang harus dibayarkan. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan atas pengalaman belanja mereka di sebuah bisnis.

Pencatatan Data Otomatis

Karena nomor identifikasi yang unik, memungkinkan untuk dilakukan konfitmasi data otomatis. Dengan menggunakan Instapay, kamu akan mendapatkan notifikasi real-time setiap ada pembayaran masuk. Selain itu, transaksi juga tercatat otomatis dan bisa diunduh langsung dari aplikasi kami.

Transaksi Lebih Aman

Mengumbar nomor rekening pribadi untuk menerima pembayaran membuka resiko untuk kejahatan siber. Namun, dengan adanya nomor akun virtual hal ini tidak perlu lagi terjadi. Selain itu, pebisnis juga terhindar dari kiriman bukti transfer palsu karena data transaksi tercatat otomatis.

Bisa Dilakukan Antar Bank

Instapay menyediakan pembayaran virtual account dari bank BCA, BNI, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, Bank Muamalat, dan Bank Permata. Namun, pelanggan juga dapat membayar virtual account bank lain menggunakan nomor VA dari bank yang tersedia dengan biaya tambahan transfer antar bank.

Demikian ulasan mengenai informasi dasar tentang virtual account yang perlu dipahami. Semoga artikel ini bisa membantu literasi pembayaran digital untuk bisnismu ya, Temen Insta. Temukan tulisan informatif lain tentang dunia bisnis dalam blog ini. Selamat membaca!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment