Tidak hanya menawarkan barang, bisnis juga bisa dimulai dengan menawarkan jasa. Salah satu contohnya adalah dengan membuka usaha cleaning service. Tidak harus membuka toko fisik, usaha jenis ini mengandalkan kepiawaian dalam membersihkan barang atau tempat tinggal pengguna. Tertarik untuk memulainya? Baca sampai akhir yuk, Temen Insta!

Sekilas Tentang Usaha Cleaning Service

Kebersihan tempat tinggal adalah hal vital yang perlu dijaga dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak semua orang mempunyai waktu dan tenaga yang cukup untuk melakukan hal ini. Karenanya, usaha cleaning service menjadi primadona khususnya untuk orang-orang dengan kesibukan tinggi dan tinggal di perkotaan.

Sebagai pemula bisnis, penting untuk memperhatikan jenis jasa kebersihan apa yang digunakan karena setiap material memerlukan alat dan zat pembersih yang berbeda-beda. Banyak dari zat pembersih tersebut yang berpotensi untuk menimbulkan iritasi kulit atau gangguan kesehatan lain. Oleh karena itu, perhatikan juga alat pelindung yang diperlukan seperti masker, sarung tangan, dan kaca mata.

Strategi Jitu yang Diterapkan

Sebelum memulai langkah konkret, kamu bisa mempertimbangkan strategi berikut untuk membantu kelancaran bisnis ke depan:

Memilih Target Konsumen yang Jelas

Langkah ini penting dilakukan untuk bisa mengenali kebutuhan dari target konsumen. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menggali informasi dengan detail di internet dan mewawancarai orang-orang terdekat. Target konsumen juga bisa memengaruhi kisaran harga yang ditawarkan.

Menyediakan Layanan yang Sesuai

Setelah mengetahui target konsumen, sesuaikan jenis layanan dengan kebutuhan konsumen dan kemampuan yang bisa ditawarkan dari bisnis kamu. Dengan jenis layanan tepat guna, akan lebih mudah menarik pelanggan dan mampu memberikan performa layanan yang optimal. Perhatikan juga hal sederhana seperti ketepatan waktu dan keramahan komunikasi sebagai bagian dari totalitas layanan.

Menggunakan Sistem Digital

Teknologi terus berkembang, kebiasaan pelanggan pun ikut menyesuaikan. Platform dan sistem digital menjadi solusi untuk mendapatkan calon pelanggan dengan lebih luas. Selain itu, sistem otomatis berbasis digital juga bisa membantu transaksi dan dokumentasi bisnis menjadi lebih mudah dan terstruktur.

Contoh Usaha Cleaning Service

Salah satu usaha cleaning service sukses yang sudah membuka cabang hingga ke berbagai kota adalah Daddysuperclean. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Daddysuperclean menyediakan berbagai layanan terbaik seperti hydrovacuum, wet service, dan disinfektan.

Selain menjaga kualitas layanan untuk bisa menjadi pilihan pelanggan, Daddysuperclean juga melengkapi pemasaran dengan memanfaatkan sistem online. Contohnya dengan membuat website dan Instagram sehingga mampu menjangkau lebih banyak pelanggan.

Transaksinya juga sudah menyediakan opsi pembayaran digital dengan menjadi bagian dari merchant Instapay. Pemilik usaha bisa memberikan pembayaran digital yang mudah tanpa kontak cukup dengan mendownload aplikasi. Jangan ragu untuk konsultasi dengan kami di help@instapay.id. Selamat berbisnis, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment