Perilaku belanja masyarakat modern berubah dengan cepat seiring berjalannya waktu. Sistem jual beli yang ada pun turut menyesuaikan dengan menyediakan banyak opsi. Salah satu yang sedang naik daun adalah sistem Cash on Delivery atau COD. Sebagai perintis bisnis sudah sewajarnya untuk terus mempelajari tren belanja yang ada dan berinovasi. Simak artikel berikut agar memahami sistem unik yang satu ini ya, Temen Insta!

Mengenal COD

Bagi beberapa orang mungkin Cash on Delivery terdengar rumit. Namun, sistem COD pada dasarnya hampir sama dengan transaksi jual beli konvensional. Perbedaannya terletak pada pemesanan barang yang berlangsung online, kemudian penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi. 

Lokasi dan waktu bertemunya kedua belah pihak untuk melakukan transaksi bervariasi sesuai dengan kesepakatan. Data menunjukkan bahwa alasan terbesar kenapa pelanggan memilih sistem ini adalah untuk memastikan barang yang akan mereka beli dengan melihatnya langsung. Sehingga pembayaran dilakukan setelah pelanggan merasa cocok dengan produk tersebut.

Beberapa barang yang umum diperjual belikan adalah sepatu, pakaian, perlengkapan elektronik, dan barang antik. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk produk-produk lain dijual dengan sistem ini. Sementara tempat pemasaran yang efektif untuk dicoba adalah media sosial dan forum komunitas.

Tips Transaksi COD untuk Pemula Bisnis

Berikut adalah beberapa tips Cash on Delivery yang layak untuk dicoba bagi kamu yang baru dalam dunia bisnis:

1. Pilih Lokasi Ramai

Tidak ada salahnya untuk menghindari tindak kekerasan atau kejahatan dengan memilih tempat ramai dan mudah dijangkau banyak orang. Namun, pastikan juga bahwa lokasi tersebut tetap kondusif untuk melakukan proses transaksi. Selain untuk keselamatan diri sendiri, langkah ini juga memberikan kesan yang baik bagi pelanggan.

2. Gunakan Pembayaran Aman

Di tengah pandemi seperti sekarang, uang tunai bukanlah media terbaik untuk melakukan transaksi karena rawan penyebaran virus. Sebagai pionir online invoicing di Indonesia, Instapay menyediakan invoicing dan pembayaran yang mudah melalui fitur Bayar di Tempat. Jadi, kamu tetap bisa bertransaksi online meskipun sedang tatap muka, hanya dari ponsel. Pahami lebih lanjut dengan Download Instapay, ya!

3. Jaga Komunikasi dengan Pelanggan

Karena bertemu secara langsung, penting untuk menjaga penampilan, nada bicara, dan pilihan kata saat berinteraksi dengan pelanggan. Selain itu, pastikan untuk datang tepat waktu. Komunikasi yang baik menjadi salah satu faktor penting kepuasan pelanggan, sehingga mereka menjadi loyal dan bersedia untuk membeli produk atau layananmu lagi.

Itulah ulasan dan tips menarik yang bisa dicoba dalam menerapkan COD. Dengan adanya perkembangan teknologi, pebisnis bisa memperluas pasar melalui sistem ini. Selamat mencoba. Semoga bisnismu makin sukses ya, Temen Insta!

Show CommentsClose Comments

Leave a comment