Halo, Temen Insta! Instapay Catalog adalah sebuah fitur untuk membuat online catalog yang menyediakan daftar produk, metode pembayaran, hingga opsi pengiriman dan bisa dibagikan dalam bentuk link. Simak bagaimana cara membuatnya di artikel berikut, ya!

Cara Membuat Catalog Baru

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat toko terlebih dahulu. Satu toko sama dengan satu catalog.

Pengguna dapat membuat lebih dari satu catalog sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, khusus untuk koleksi lebaran, koleksi cuci gudang, dsb. Berikut cara membuatnya:

1. Klik Toko Saya

instapay home screen

Pada homescreen aplikasi Instapay, klik ikon Toko Saya pada bagian kiri atas.

2. Klik Buka Toko Baru

e catalog untuk bisnis

Setelah itu, pengguna akan diarahkan ke layar Toko Saya. Klik Buat Toko baru untuk mulai membuat toko.

3. Pilih Jenis Toko

instapay-kategori-catalog

Tersedia 2 jenis toko, yaitu Instastore dan Instaservice. Perbedaannya adalah Instastore memiliki opsi pengiriman dengan kurir yang cocok untuk toko online yang mempunyai produk barang. Misalnya toko fashion, F&B, elektronik, dll.

Sedangkan Instaservice ditujukan untuk perusahaan berbasis jasa dan tidak dilengkapi dengan opsi pengiriman. Misalnya bisnis villa, travel, dan layanan digital. Pilihlah jenis catalog sesuai bisnismu, ya.

4. Masukkan Informasi Toko

Membuat catalog baru

Tulis nama toko pada kolom yang tersedia, lalu centang opsi pengiriman jika ingin menyediakan layanan ini dan pilih kurir mana saja yang ingin disediakan untuk pelanggan. Opsi pengiriman tidak tersedia di Instaservice, ya.

Catatan: untuk menggunakan opsi pengiriman, pengguna WAJIB mengisi alamat toko pada kolom Data Personal. Caranya: klik Lainnya pada pojok kanan bawah homescreen aplikasi, lalu klik Data Personal. Kemudian klik Ubah profil dan masukkan alamat pada kolom yang tersedia.

5. Tambahkan Produk

 

informasi produk di katalog

Tambahkan foto, informasi, dan rincian produk pada masing-masing kolom. Pengguna bisa mengunggah (upload) hingga 5 foto produk.

Centang Sediakan diskon jika ingin memberikan harga khusus. Ada 2 pilihan diskon: fix untuk potongan harga pasti misalnya Rp10.000 dan percent untuk diskon dalam persen misalnya 15{e183f015b98e86ec2d681f157c8c2a25f62fae36b40f0965375d6a0f4b5dd3c4}. 

Tampilan di atas adalah kolom rincian pada Instastore. Sedangkan rincian produk pada Instaservice hanya berupa kolom deskripsi dan tidak tersedia unit, berat, dan dimensi produk.

Setelah mengisi semua data yang diperlukan, klik tombol Buka Toko untuk melanjutkan ke proses berikutnya.

6. Bagikan Link ke Pelanggan

online catalog link

Selesai! Jika sudah pada tahap ini, pengguna bisa langsung membagikan link catalog produk ke pelanggan dengan klik Salin atau Bagikan ke WhatsApp.

Itulah langkah mudah membuat catalog untuk membantu jualan online untuk pemilik bisnis. Nah, selanjutnya pengguna juga dapat mengatur dan mengubah sendiri catalog sesuai kebutuhan bisnis, baca panduan lengkap mengelola catalog di sini. Selamat berbisnis online, Temen Insta!

 

Show CommentsClose Comments

Leave a comment