Media sosial masih menjadi salah satu platform paling populer untuk memasarkan produk, salah satunya menggunakan Instagram. Jualan di Instagram pada dasarnya cukup efektif, tapi pemilik usaha tentunya harus senantiasa memperbarui strateginya dari waktu ke waktu agar tetap update dan sesuai dengan pasar.

Nah, di tahun ini kamu juga bisa jualan di instagram dengan mengadaptasi berbagai cara yang relatif mudah tapi tetap efektif yang telah dirangkum dalam artikel ini. Penasaran apa saja caranya? Baca sampai akhir yuk, Temen Insta!

Jualan di Instagram dengan Efektif

konten-instagram

Jualan di Instagram, tentunya menuntut pemilik usaha untuk terus memutar otak agar tetap diminati audiens dan sesuai dengan algoritma yang ada. Nah, sebagai tambahan referensi bisnismu di media sosial. Kamu bisa menerapkan berbagai cara berikut untuk membuat jualan kamu di Instagram menjadi laris manis di tahun ini. Berikut di antaranya:

1. Pastikan Mempunyai Profil Akun Bisnis

Agar jualan kamu terlihat profesional dan lebih dipercaya pelanggan, gunakanlah profil akun bisnis. Manfaatkan juga bio profil untuk menampilkan informasi penting dari jualanmu. Misalnya, nama toko, deskripsi toko, lokasi, dan jam operasional.

Saat menuliskan deskripsi toko pada profil, kamu juga menggunakan keyword atau kata kunci yang memudahkan bisnismu ditemukan pelanggan. Misalnya laundry Jakarta, bed cover custom, freelance designer, dan lain sebagainya.

2. Terapkan Content Marketing

Content marketing memungkinkan kamu untuk membuat konten yang menarik sesuai dengan target audiens yang dibutuhkan. Perhatikan detail konten untuk memastikan pesan konten bisa tersampaikan ke pelanggan.

Konten yang dibuat tidak melulu harus tentang product knowledge atau pengetahuan produk. Bisa juga dengan menggunakan konsep sederhana seperti komedi dan entertainment untuk menarik lebih banyak audiens yang relate atau sehati dengan konten yang dibuat.

Baca juga: Mengenal Content Marketing dan Contoh Penerapannya dalam Bisnis

3. Perbanyak Reels Content

Audiens masa kini cenderung menyukai konten dalam format video pendek. Dalam konteks Instagram, video pendek ini dikenal dengan reels. Kamu bisa beradaptasi dengan algoritma Instagram dengan membuat reels untuk menjangkau lebih banyak audiens.

4. Hubungkan dengan Katalog Produk

Pengalaman dan alur berbelanja adalah proses yang sangat krusial saat jualan di Instagram. Oleh karena itu, setelah menarik pelanggan melalui konten Instagram, kamu bisa langsung menghubungkan mereka ke katalog produk yang ditawarkan.

Untuk mempermudah proses pembuatan katalog, kamu bisa menggunakan fitur toko online dari Instapay. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat katalog produk yang sudah terhubung dengan keranjang belanja, pilihan pembayaran, dan opsi pengiriman. Menarik, bukan? Pelajari Selengkapnya >>>

5. Tingkatkan Engagement dengan Stories

instagram-story

Salah satu cara paling efektif untuk menjalin hubungan baik dengan pelanggan adalah dengan mengajak mereka berinteraksi. Instagram stories adalah fitur yang tepat untuk hal ini. Kamu bisa membuat postingan stories seolah sedang mengobrol dengan audiens.

Misalnya dengan membuat Q&A, membuat kuis interaktif, membuat polling, hingga countdown sebuah event. Manfaatkan sticker yang tersedia di Instagram sehingga audiens bisa klik sesuai dengan konteks postingan stories yang dibagikan. Hal ini tentunya akan membuat audiens merasa lebih dekat atau engage dengan akun jualanmu.

6. Gunakan Hashtag

Apakah kamu salah satu yang melakukan pencairan lewat hashtag? Nah, hal yang sama bisa kita terapkan di postingan akun untuk jualan di Instagram. Dengan menambahkan hashtag, audiens yang tertarik dengan topik tertentu akan lebih mudah menemukan postinganmu. Misalnya #kulinerjakarta, #rekomendasivillabali, dan lain sebagainya.

7. Manfaatkan Instagram Ads

Selain menggunakan cara organik untuk jualan di Instagram. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur Instagram Ads untuk mempercepat pertumbuhan akunmu. Karena hasilnya yang cukup signifikan, fitur ini tentunya berbayar. Kamu bisa memilih target audiens dan kustomisasi lainnya agar ads yang sudah dibayarkan bisa berjalan sesuai dengan tujuan bisnismu.

8. Kolaborasi dengan Brand Lain

Kolaborasi dengan brand lain bisa menjadi pilihan yang tepat untuk memperluas audiens. Pastikan untuk membuat kolaborasi dengan brand yang mempunyai value selaras dengan brand milikmu. Kolaborasi tersebut bisa berupa bundle produk, promo kolaborasi, hingga produk varian khusus.

9. Buat Kuis Atau Giveaway

Cara lain yang juga bisa kamu pilih adalah membuat kuis atau giveaway untuk audiens. Pastikan syarat dan ketentuan dibuat dengan teliti sehingga tidak ada penipuan atau kecurangan dari peserta. Kamu juga perlu waspada dengan giveaway hunter dan usahakan pemenang berasal dari peserta dengan profil akun asli.

10. Adakan Virtual Event

Cara unik selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengadakan virtual event misalnya webinar atau live Instagram. Kamu bisa mengangkat tema yang masih bersinggungan dengan bisnis yang dijalankan. Materi yang dibuat hendaknya informatif dan mampu memberikan manfaat bagi peserta. Kamudian, kamu bisa menyisipkan sedikit product knowledge untuk mengenalkan produk jualanmu ke pelanggan.

Itulah penjelasan mengenai berbagai cara yang bisa kamu lakukan saat jualan di Instagram agar jualan semakin laris manis di tahun ini. Semoga tulisan ini mampu memberikan manfaat untuk bisnismu ya, Temen Insta. Temukan artikel informatif lainnya di blog Instapay >>>

Show CommentsClose Comments

Leave a comment