Di era saat ini, mungkin semua orang memilih untuk membeli barang melalui marketplace, selain tidak perlu datang langsung ke toko pastinya bisa mempersingkat waktu mereka. Maka itu, sebagai pelaku usaha, mau tidak mau harus beradaptasi. Salah satunya dengan berjualan online, marketplace maupun website.

Memiliki toko online tentunya bukan suatu hal yang mudah, apalagi jika kamu berjualan tidak hanya di satu marketplace saja. Sebab, akan menguras waktu dan tenaga jika semuanya mesti kamu kelola secara manual. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada yang namanya platform omnichannel yang dapat membantumu dalam mengelola seluruh operasional bisnis lewat satu sistem.

Nah, supaya kamu nggak salah memilih sistem jualan online, ada baiknya kamu tahu dulu fitur apa saja yang wajib ada di platform omnichannel. Di artikel ini kita akan membahas fitur penting dari sistem toko online, jadi simak sampai selesai ya.

1. Terintegrasi ke Seluruh Channel Penjualan

Fitur pertama yang wajib ada di software omnichannel adalah sudah terintegrasi ke seluruh channel penjualan online dan offline. Tujuannya untuk memudahkan dalam kelola operasional bisnis sehingga lebih efisien dan efektif. Mulai dari upload produk, proses pesanan, pengiriman barang, manajemen persedian barang, promosi harga, hingga laporan penjualan.

Sebab, jika semuanya masih dilakukan secara manual akan menghambat proses bisnis, terlebih lagi bisa menguras waktu dan tenaga kamu. Khususnya buat kamu yang berjualan hampir di seluruh platform jualan online, seperti marketplace, social commerce, POS sampai website toko online.

2. Adanya Fitur Upload Produk Massal

Bagi kamu yang mempunyai toko online seperti di marketplace, terkadang juga mengalami kesulitan kalau mesti mengupload produk secara manual, udah gitu proses untuk upload produk juga cukup panjang, belum lagi ketentuan setiap marketplace berbeda-beda. Oleh karena itu, software omnichannel harus mempunya fitur upload produk massal agar memudahkanmu dalam memetakan setiap kategori sekaligus menyesuaikannya dengan sistem kategori di marketplace.

3. Tersedia Fitur Sinkronisasi Stok Barang Otomatis

Sebagai seorang seller, tentunya persoalan stok barang juga menjadi salah satu kendala yang sering dihadapi. Maka itu, sebuah sistem omnichannel juga mesti menyediakan fitur pengelolaan stok barang supaya mudah untuk dikontrol dan diawasi agar tidak berpengaruh terhadap operasional bisnis apalagi saat ada penjualan.

Masih ada pula seller yang kesulitan dalam menyinkronkan stok barang apalagi kalau mereka memiliki banyak toko online di marketplace sehingga mereka mesti mengawasi stok di masing-masing marketplace dan harus sesuai dengan data fisik yang ada di gudang secara real-time dan selalu up to date.

Karena status stok barang saat melakukan penyesuaian data stok barang serta penerimaan stok barang dari pemasok untuk meminimalisir kesalahan input data. Kemudian stok barang bertambah secara otomatis ke dalam sistem, lalu berikutnya sistem tersebut akan mengirim data stok terbaru ke setiap channel penjualan.

Baca juga: Pahami Sistem Pembayaran Nontunai dan Contoh Alat Pembayarannya

4. Stok Cadangan

Buat kamu yang sering mengalami kehabisan produk secara tiba-tiba atau product out of stock, kalau sudah seperti itu tentunya kamu dapat mengecewakan pelanggan, bukan?

Tandanya kamu butuh fitur omnichannel satu ini, yaitu stok cadangan atau stock adjusment. Dengan fitur ini, kamu bisa melakukan pengamanan persediaan stok barang ketika kamu sedang mengadakan event promosi di marketplace. Kamu dapat membuat batasan stok yang dijual sehingga tokomu tidak menjual produk melebihi kuota yang ditentukan.

5. Kemudahan Dalam Memproses Pesanan

Pernah merasa ribet, karena harus memproses orderan secara manual? Dimana, kamu mesti membuka setiap toko di marketplace satu per satu untuk memproses seluruh pesanan yang masuk pada toko di berbagai marketplace.

Kalau hanya satu toko tentunya tidak masalah, tapi gimana kalau kamu punya banyak toko? Pastinya bakalan menguras waktu kamu. Berbeda lagi jika kamu menggunakan sistem integrasi marketplace, kamu udah bisa memproses seluruh pesanan lewat satu dashboard aja.

Maka dari itu, sebelum kamu menerapkan sistem omnichannel, pilih platform yang menyediakan kemudahan proses semua pesanan dari berbagai marketplace maupun social commerce ya.Mulai dari konfirmasi pesanan, cetak label pengiriman sampai tahap selesainya pesanan juga hanya lewat dashboard sistem manajemen toko online.

6. Adanya Fitur Warehouse Management System

Jika kamu mempunyai gudang sendiri, baik yang berukuran kecil ataupun besar maka yang mesti kamu lakukan saat mencari platform omnichannel adalah tersedia fitur WMS (iWarehouse Management System) untuk membantumu dalam pengelolaan gudang.

Dan pastinya harus dilengkapi banyak fitur lainnya, seperti proses picking, packing, sampai pengiriman barang ke customer. Biasanya karyawan gudang akan kesulitan dalam pengambilan barang, dimana mereka harus mencari lokasi rak yang akhirnya malah menguras waktu dan tenaga. Berbeda kalau kamu menggunakan WMS yang dapat membantu memudahkan dalam pengambilan barang, karena sudah adanya barcode rak dan sku untuk penyimpanan dan pengambilan barang yang akurat.

Baca juga: Mengenal Branding dan Manfaatnya untuk Perkembangan Bisnis

7. Terhubung Dengan Fitur Chat Commerce

Umumnya, pelanggan akan bertanya maupun komplain itu melalui chat marketplace tapi mau nggak mau kamu menanggapinya cukup lama, karena mesti membalasnya satu per satu dari bawah. Nah, salah satu fitur yang cukup diperhatikan ketika memilih sistem omnichannel adalah terhubung dengan chat commerce.

Bagi kamu yang belum tahu, penggunaan chat commerce dapat memudahkanmu dalam membalas chat konsumen hanya melalui satu dashboard. Jadi, kamu bisa tahu semua pesan yang masuk dari berbagai marketplace maupun social commerce.

Apalagi saat ini, aplikasi balas chat pelanggan sudah bisa digunakan melalui smartphone sehingga kamu sebagai seller bisa menjawab pesan pelanggan sekaligus mempromosikan produkmu secara mudah.

 

Kesimpulan

Setelah kamu tahu bagaimana memilih sistem toko online beserta fitur-fitur pentingnya, apakah kamu masih merasa ragu untuk menggunakannya pada bisnis?

Dengan penggunaan sistem ini dapat memudahkan bisnismu, seperti sinkronisasi stok barang, integrasi marketplace, pengontrolan stok barang, dan seluruh channel penjualan lainnya. Platform omnichannel yang menyediakan semua fitur tersebut, yaitu Jubelio Omnichannel.

Jubelio menawarkan berbagai kemudahan untuk pebisnis dalam mengelola operasional bisnis mereka, baik yang mempunyai bisnis online dan bisnis offline. Selain itu, Jubelio juga miliki produk lain diantaranya Jubelio POS yang bisa kamu gunakan untuk toko fisik, kemudian buat kamu yang ingin memiliki website toko online dapat memakai Jubelio Store, dan tentunya Jubelio Chat sebagai aplikasi chat commerce. Cek Jubelio selengkapnya

 

artikel ini hasil kerja sama Instapay dan Jubelio

Show CommentsClose Comments

Leave a comment